Rexona Hijab Natural Gelar “Rayakan Gerakmu Fest”, Ajak Hijabers Indonesia Bergerak

Minggu, 5 Februari 2023 | 19:30:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Rexona Hijab Natural Gelar “Rayakan Gerakmu Fest”, Ajak Hijabers Indonesia Bergerak

Memperingati momen World Hijab Day 2023, Rexona Hijab Natural meluncurkan kampanye #RayakanGerakmu. (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

Ladiestory.id - Memperingati momen World Hijab Day 2023, Rexona Hijab Natural meluncurkan kampanye #RayakanGerakmu yang bertujuan menginspirasi dan mendorong seluruh hijabers Indonesia untuk terus aktif bergerak demi kebaikan diri sendiri dan sesama.

Peluncuran kampanye ini dilakukan melalui “Rayakan Gerakmu Fest”, gelaran kelas pound fit yang secara serempak dipersembahkan di tiga kota hingga berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada Minggu (5/2/2023).

Memperingati momen World Hijab Day 2023, Rexona Hijab Natural meluncurkan kampanye #RayakanGerakmu. (Special)

 

Melibatkan lebih dari 1.000 peserta dan sederetan hijabers inspiratif, kegiatan ini mengawali komitmen Rexona Hijab Natural untuk mentransformasi gerak aktif hijabers menjadi berbagai bentuk pemberdayaan komunitas UMKM penyandang disabilitas.    

Memperingati momen World Hijab Day 2023, Rexona Hijab Natural meluncurkan kampanye #RayakanGerakmu. (Special)

 

Mengangkat tema “Progression, Not Oppression”, World Hijab Day 2023 menyoroti pentingnya awareness warga dunia untuk memberikan hak dan kesempatan yang setara bagi perempuan berhijab untuk terus bergerak secara progresif, yaitu bergerak ke arah kemajuan. 

Pertumbuhan jumlah hijabers di Indonesia terus meningkat. Dibanding 2018, jumlah rumah tangga di Indonesia yang memiliki anggota keluarga yang mengenakan hijab meningkat sebanyak 20% hingga kini hampir mencapai hampir setengahnya.

Memperingati momen World Hijab Day 2023, Rexona Hijab Natural meluncurkan kampanye #RayakanGerakmu. (Special)

 

Indah SJ, M.Psi. selaku Psikolog menjelaskan, bergerak maju merupakan salah satu bentuk pengaktualisasian diri, yang menurut teori Maslow adalah puncak dari kebutuhan hidup manusia setelah kebutuhan lainnya terpenuhi.

"Di era modern, aktualisasi diri telah mengalami revolusi dari sebuah kebutuhan menjadi suatu gaya hidup. Setiap orang terus berproses menjadi ‘versi terbaik dari diri sendiri’, tidak terkecuali di tengah para hijabers. Saat kini pengembangan diri perempuan yang sudah sangat terbuka, berhijab tidak menjadi halangan bagi mereka untuk terus bergerak memaksimalkan potensi diri dalam mencapai berbagai bentuk kebaikan," ungkapnya.

Agar dapat terus bergerak, para hijabers membutuhkan boost of confidence, yang salah satunya bisa terbentuk melalui interaksi dengan lingkungan. Saat seorang hijaber merasa nyaman dan yakin dengan penampilannya (contoh: tampil rapi, modis, fresh dan wangi), maka rasa percaya diri untuk beraktivitas dan berinteraksi dengan orang banyak akan terbentuk dengan sendirinya.

Rexona memahami tantangan yang dihadapi para hijabers dimana baju yang tertutup dan berlapis seringkali menjadi kendala untuk leluasa bergerak, karena keringat yang berlebih dan rasa gerah.

Memperingati momen World Hijab Day 2023, Rexona Hijab Natural meluncurkan kampanye #RayakanGerakmu. (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

Berkolaborasi dengan Unilever Muslim Centre of Excellence atau MCOE, Rexona menemukan bahwa hijabers masa kini membutuhkan produk deodoran yang bekerja lebih efektif, mengandung bahan natural, tidak mengiritasi kulit, tidak lengket dan cepat kering, serta mampu memberikan sensasi dingin yang segar untuk melawan gerah.

Tidak hanya melalui inovasi, kampanye #RayakanGerakmu juga menggandeng sederetan hijabers yang telah berhasil “menembus batas” dalam berekspresi dan berkarya, di antaranya dua sosok Rexona Gerak Champions yaitu Angkie Yudistia – Sociopreneur sekaligus Author, dan Ayudia Chaerani – Pegiat gaya hidup aktif dan entrepreneur

Ayudia Chaerani yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa dirinya memilih untuk selalu aktif bergerak bukan semata-mata karena mau hidup sehat, tapi juga sebagai bentuk syukur.

Ayudia dalam kegiatan Rayakan Gerakmu Fest di GBK Senayan, Jakarta, Minggu (5/2/2023). (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

"Aku bergerak untuk bahagia. Aku percaya bahwa bergerak itu baik untuk kesehatan mentalku. Di saat mood-ku baik, aku jadi lebih siap dan makin semangat untuk menjalani semua kegiatanku. Dengan mood yang baik pula, aku percaya ini akan membawa vibes yang baik untuk orang-orang di sekitarku, termasuk keluargaku. Saat melihat mereka bahagia, itu juga jadi kebahagiaan yang luar biasa buatku," ungkapnya.

Bekerja sama dengan Rocca Space, peluncuran kampanye ini dilakukan di acara “Rayakan Gerakmu Fest”, gelaran kelas pound fit yang diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta.

Aktivitas masif yang dilakukan serempak di tiga kota (Jakarta, Bandung, Yogyakarta) dan berpusat di Istora Senayan ini berhasil memecahkan rekor MURI untuk “Pound Fit Secara Hybrid Dengan Peserta Terbanyak”. Selain itu, Rexona Hijab Natural juga mengajak lebih banyak lagi peserta untuk bergabung secara virtual melalui Zoom dan platform Vidio.com. 

Dengan berpartisipasi, seluruh peserta telah menjadi pionir yang ikut mendukung upaya jangka panjang Rexona Hijab Natural dalam memberdayakan komunitas UMKM penyandang disabilitas di bawah platform sosial “Productive Plus” agar mereka bisa mendapatkan kesempatan yang setara untuk dapat terus bergerak maju.

Sebanyak 50 anggota komunitas “Productive Plus” dan 150 anggota “Hijabers Community” juga ikut terlibat di dalam kegiatan pemecahan rekor ini, mencerminkan inklusivitas dalam bergerak bersama bagi kebaikan diri maupun sesama.