Rugi Hingga Rp5 Miliar, Ini Kronologi Irwansyah Ditipu Adik Sendiri

Sabtu, 8 Januari 2022 | 19:00:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Rugi Hingga Rp5 Miliar, Ini Kronologi Irwansyah Ditipu Adik Sendiri

Irwansyah dan sang adik, Hafiz Fatur. (Special)

Ladiestory.id - Irwansyah terancam kehilangan rumah mewah dan aset-aset berharganya. Dirinya dikabarkan mengalami kasus penipuan yang diduga dilakukan oleh adik kandungnya sendiri, Hafiz Fatur. Tak main-masin, kerugian yang diderita akibat ulah sang adik ini mencapai Rp5 Miliar.

Kerugian sebanyak ini terjadi lantaran Hafiz Fatur diduga mengajukan pinjaman di bank atas nama Irwansyah. Hal ini dilakukan tanpa sepengetahuan Irwansyah sama sekali. Merasa kecolongan, bahkan sang adik diketahui sudah melakukan perbuatan buruknya ini sejak 2018 lalu. Lantas bagaimana kronologi penipuan yang menimpa Irwansyah ini?

Kronologi Irwansyah Ditipu Adiknya Sendiri

Kasus penipuan senilai Rp5 Miliar yang menimpa Irwansyah dan Zaskia Sungkar ini tidak terjadi secara tiba-tiba. Oleh kuasa hukum Irwansyah, Zakir Rasyidin akhirnya mengungkapkan bagaimana kronologi kasus ini bisa menimpa kliennya.

Zakir menceritakan bahwa kejadian bermula ketika suatu hari Zaskia Sungkar mendapatkan surat peringatan tagihan dari bank. Dalam surat tersebut memuat pernyataan bahwa Irwansyah belum melakukan kewajiban membayar cicilan dari pinjaman dana yang dilakukan.

Irwansyah dan sang istri, Zaskia Sungkar (Instagram.com/@irwansyah_15)

Sontak hal ini membuat Irwansyah dan Zaskia Sungkar merasa terkejut. Pasalnya Irwansyah merasa sama sekali tidak melakukan pinjaman dana dari bank yang bersangkutan.

“Saudara Irwan ini kaget pada saat ada salah satu bank mengirim surat tagihan. Yang mengatakan bahwa Irwan sudah tidak membayar cicilan terkait dengan adanya peminjaman uang di bank tersebut,” tutur Zakir, selaku kuasa hukum Irwansyah.

Setelah itu Irwansyah pun melihat data transaksi yang selama ini dilakukan pada bank tersebut. Muncul dugaan jika hal ini dilakukan oleh Hafiz Fatur, yang merupakan adik kandung Irwansyah sendiri. Hafiz diduga sudah memalsukan tanda tangan Irwansyah untuk mendapatkan pinjaman uang dari bank. Tak tanggung-tanggung jumlah nominal pinjaman berkisar antara Rp1 Miliar hingga Rp2 Miliar.

Tak cukup sampai di situ, Hafiz juga diduga sudah memalsukan sejumlah dokumen untuk mendapatkan jumlah pinjaman dana yang fantastis  tersebut. Dokumen tersebut berupa surat tanah hingga aset lain seperti mobil milik Irwansyah dan istrinya, Zaskia Sungkar. Semuanya itu dilakukan secara rapi oleh Hafiz sejak 2018 tanpa sepengetahuan pemilik aslinya.

Zakir Rasyidin mengungkapkan jika kliennya tidak pernah bertemu dengan pihak bank sama sekali. Hingga akhirnya datangnya surat tagihan tersebut membuat dirinya mau tidak mau harus crosscheck ke pihak bank yang bersangkutan. Setelah itu, ditemukan banyak surat-surat yang diduga dilakukan oleh Hafiz dengan memalsukan tanda tangan Irwansyah dan Zaskia Sungkar.

Surat-surat tersebut berupa perjanjian kredit dan surat pelepasan hak dari bank yang digunakan oleh Irwansyah dan istrinya. Saat melakukan konfirmasi ke pihak bank yang bersangkutan pun ditemukan fakta bahwa mereka juga tidak pernah bertemu dengan Irwansyah sama sekali. Justru Hafiz Fatur lah yang diketahui oleh petugas bank sering datang ke sana.

Akibat kasus yang menimpa kliennya ini, pada November 2021 Zakir selaku kuasa hukum Irwansyah melaporkan Hafiz Fatur ke Polres Jakarta Selatan dengan dugaan pemalsuan dokumen terkait peminjaman dana di bank. Pihak Irwansyah juga membuat somasi kepada pihak bank nyang bersangkutan, serta melaporkan hal ini ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Mengenai dokumen seperti sertifikat rumah yang disalahgunakan oleh Hafiz, hal ini diduga diambil secara diam-diam oleh adik kandung Irwansyah tersebut. Hal ini lantaran Irwansyah menitipkan sertifikat rumah kepada kedua orang tuanya ketika mereka masih hidup. Sebelum ini pun, Zaskia Sungkar juga sudah melaporkan kasus kehilangan surat-surat berharga miliknya yang kini terkuak ada andil dari Hafiz Fatur.

Hingga kini kasus penipuan yang menimpa Irwansyah ini masih dalam proses hukum. Sedangkan untuk Hafiz Fatur kini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

s