'Run BTS' Break Jadi Tanda BTS Akan Wamil Bersama Tahun 2022?

Jumat, 5 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

'Run Bts' Break Jadi Tanda Bts Akan Wamil Bersama Tahun 2022?

Foto: Run BTS

Ladiestroy.id - Run BTS dikabarkan akan break selama 2 tahun. Run BTS sendiri merupakan salah satu program variety show boyband asal Korea Selatan, BTS. Nah, isu Run BTS akan break selama 2 tahun ini dikaitkan dengan keberangkatan Wamil member BTS. Apakah itu benar?

Apa Itu Wamil?

Sebelum mencari tahu kebenarannya, alangkah lebih baiknya memahami apa itu Wamil. Wamil sendiri merupakan kependekan dari Wajib Militer yang menjadi program pemerintah Korea Selatan yang sudah dijalankan sejak tahun 1957.

Program ini ditujukan bagi warna negara laki-laki Korea Selatan yang dalam kondisi sehat. Berusia 18 - 28 tahun wajib mengikuti pelatihan militer ini dalam kurun waktu tertentu.

Program ini diterapkan setelah perang antara Korea Selatan dengan Korea Utara. Bahkan sampai sekarang pun kedua negara ini masih sering terlibat konflik kecil. Sehingga pihak Korea Selatan mengadakan program wamil ini sebagai antisipasi konflik yang mungkin bisa terjadi lagi dengan Korea Utara.

Wamil atau wajib militer yang disebut disini dimaksudkan untuk melatih warga negaranya menjalani kepelatihan dasar militer agar siap membela negaranya. Tak hanya itu, namun program wamil ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme para warga negaranya.

Apakah BTS Akan Wamil Bersama Tahun 2022?

Foto: Run BTS

Kabar RUN BTS break dan BTS break 2 tahun sudah lama diperbincangkan sejak awal tahun 2021 ini. Pasalnya, ketujuh personel BTS diketahui belum menjalani wajib militer.

Belum lama ini, laporan analisis Leading Investment & Securites, Yoo Sung Man , BTS diperkirakan wamil pada tahun depan. Dalam laporannya, Yoo Sung Man mengungkapkan, BTS diprediksi menjalani wamil mulai pertengahan 2022.

Selain itu, dia juga mengungkapkan kemungkinan BTS bakal langsung Wamil bersama alias tujuh member sekaligus.

“Diperkirakan bahwa anggota BTS akan mendaftar Wajib Militer secara bersamaan sebelum pertengahan 2022. Mempertimbangkan pengaruh konten yang akan diproduksi sebelumnya sebelum Wajib Militer, periode tidak aktif yang sebenarnya adalah sekitar satu tahun," tulis Yoo Sung Man, dikutip Portal Kudus dari Soompi.

Pengecualian BTS Wamil Tuai Pro Kontra

Foto: soompi

Komisi Pertahanan Nasional Korea Selatan tengah mempertimbangkan apakah BTS akan menjalani wajib militer atau tidak.

'Undang-Undang Pembebasan Wajib Dinas Militer BTS sempat memicu kontroversi di tengah netizen Korea. Sejumlah netizen menilai BTS berhak dibebaskan dari wajib militer karena prestasinya.

BTS mendapat pengakuan global dan menerima sejumlah penghargaan internasional dari Billboard dan Grammy. Namun, tak sedikit netizen Korea menilai pengecualian tersebut tidak akan adil bagi aktor, atlet, maupun idol lain yang menjalani wamil.

Jin BTS merupakan personel tertua kelahiran 1992 yang seharusnya menjalani wajib militer pada 2020. Pemilik nama asli Kim Seokjin itu telah menginjak 28 tahun, batas akhir mengikuti wajib militer.

Saat menghadiri konferensi pers untuk perilisan album 'BE', Jin BTS mengatakan "dinas militer adalah kewajiban alami." Jin dan personel BTS lainnya akan mendaftar wajib militer suatu hari.

"Sebagai seorang pemuda di Korea, aku pikir wajib militer adalah kewajiban alami yang harus dilakukan, dan jika ada panggilan dari negara, aku akan selalu merespon," ungkap Jin BTS, seperti dilansir SBS News.

Apapun keputusannya nanti, sebagai fans BTS atau yang kerap disapa Army harus mendukung apapun yang dilakukan oleh mereka termasuk wamil.