Sambut HUT RI, Campaign "Tiktok Shop For Your Fashion" Dukung Ekonomi Kreatif

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:00:00

Selsa Nawang Wulan

Penulis : Selsa Nawang Wulan

Sambut Hut Ri, Campaign "Tiktok Shop For Your Fashion" Dukung Ekonomi Kreatif

Tiktok Shop For Your Fashion. (Dok. Pribadi)

Ladiestory.id - Tiktok Shop turut dukung ekonomi kreatif, salah satunya adalah industri fashion. Salah satu bentuk dukungan atau kampanye dari tiktok shop itu adalah "Tiktok Shop For Your Fashion". Lewat acara ini, Tiktok Shop mengajak para UKM untuk lebih tumbuh dan maju bersama.

Acara "Tiktok Shop For Your Fashion" exhibition ini berlangsung mulai dari 11-21 Agustus 2022 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. "Tiktok Shop For Your Fashion" merupakan bagian dari campaign #SerunyaIndonesia dan diadakan untuk menyambut Hari Ulang Tahun RI ke-77. 

Tiktok Shop For Your Fashion. (Dok. Pribadi)

Pada acara yang mengusung tema fashion ini, Tiktok Shop menggandeng 12 brand fashion lokal tanah air. Desey Muharlina Bungsu selaku Fashion Category Lead Tiktok Shop Indonesia mengungkapkan alasan Tiktok Shop memilih kategori fashion untuk acara ini. 

“Kita melihat potensi dan permintaan dari masyarakat Indonesia. Jadi kalau berdasarkan riset yang sudah saya bikin sendiri dan baru publish bulan Mei kemarin, itu mengungkapkan bahwa beberapa produk yang paling dicari di masa menjelang endemi ini adalah produk fashion, apparel dan aksesorisnya seperti sepatu, tas dan jewelry,” buka Desey.

Kategori fashion juga mendapat antusias yang tinggi di kalangan masyarakat Indonesia. Sehingga, hal ini menjadi kategori terbesar di Tiktok Shop dan yang paling sering dicari. 

Di fashion exhibition sebagai salah satu rangkaian acara "Tiktok Shop For Your Fashion" ini memperlihatkan beberapa brand lokal yang sedang memamerkan produk-produknya. Brand-brand tersebut diantaranya yaitu Wakai, Mayoutfit, Little Things She Needs, Ansania, M231, Swepo, Aurum Lab, Jims Honey, Winod, Shining Bright, hingga Roughneck. Tampak berbagai penawaran-penawaran menarik pada setiap booth-nya, seperti games roulette, promo bundling dan potongan harga. 

“Kalau disini kita menawarkan promo yang lebih besar dibandingkan dengan store biasanya. Untuk pembelian disini kita ada promo sebesar 10 persen dan harga produknya mulai dari Rp59 Ribu,” ucap penjaga booth dari brand Little Things She Needs itu.

Tiktok Shop For Your Fashion. (Dok. Pribadi)

Di setiap booth juga terdapat qr code yang jika dibuka akan langsung masuk ke dalam profil Tiktok brand tersebut.

QR Code. (Dok. Pribadi)

 Tiktok Shop juga menyediakan mesin permainan capit “claw machine” yang dapat dimainkan, jika pengunjung berbelanja minimal Rp250 Ribu.

Claw Machine. (Dok. Pribadi)

Founder dari brand Swepo, Selvy Sapani, juga terlihat bergabung dalam acara ini. Selvy sempat membagikan pengalamannya semenjak bergabung dengan Tiktok Shop.

“Salah satu video kita ada yang trending banget, sampe satu hari orderannya tuh banyak banget sampai kita tutup toko untuk ngelarin semua orderan-orderan tersebut. Bahkan sampai gudang kita kosong dan udah gak tau mau jual apa,” jelas Selvy.

Ia menambahkan, bahwa Tiktok Shop sangat membantu membesarkan brand-nya sampai saat ini. 

Selain founder sekaligus seller fashion dari brand Swepo, terlihat pula Rayta Arsyila yang mana merupakan salah satu fashion creator di Tiktok. Ia membagikan pengalamannya yang telah bekerja sama dengan beberapa brand berkat Tiktok Shop dan fitur Pasar Kreator.

“Jadi di platform Tiktok Shop juga ada namanya pasar kreator. Disitu mungkin para brand bisa nge-reach kita. Semakin baik performa kita di short video, di live streaming, semakin sering video kita masuk FYP, semakin sering live streaming kita masuk FYP akan semakin naik nama kita di jajaran pasar kreator itu. Jadi lebih banyak juga brand yang mungkin nge-reach kita untuk bekerja sama,” ujarnya menjelaskan. 

Tiktok Shop merupakan sebuah inovatif e-commerce marketplace yang menyatukan brand (Seller online), pelanggan dan kreator dalam satu aplikasi. Tiktok Shop ingin memberi sebuah pengalaman berbelanja yang berbeda untuk para seller, pelanggan dan kreator.