Sebelum Memasang, Ketahui Arti dan Bahaya Eyelash Extension

Senin, 13 September 2021 | 13:56:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Sebelum Memasang, Ketahui Arti dan Bahaya Eyelash Extension

Foto: Soompi

Mata dapat memancarkan kecantikan secara tersendiri. Oleh sebab itu, banyak wanita yang merias mata setidaknya menggunakan maskara atau bulu mata palsu.

Namun untuk beberapa kaum hawa yang gemar menggunakan bulu mata palsu akan lelah jika setiap hari harus memasang dan melepasnya. Untuk sebab itu, mereka akan lebih memilih eyelash extension.

Apa itu Eyelash Extension?

Eyelash Extension
Foto: Ladiestory.id

Eyelash extension merupakan proses penyambungan bulu mata buatan pada bulu mata asli satu persatu dengan bantuan lem khusus extension agar bulu mata tampak lebih panjang, tebal, dan lentik.

Berbeda dari bulu mata palsu yang umumnya bersifat sekali pakai lalu setelahnya harus dibuang. Sebab eyelash extension bisa bertahan selama 1 sampai 3 bulan. Namun, direkomendasikan untuk melakukan sesi touch up setiap 3-4 minggu sekali.

Proses pemasangan eyelash extension ini biasanya memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Dengan melalui beberapa langkah seperti di bawah ini:

  1. Dokter akan membersihkan kedua mata dengan lembut
  2. Untuk menghindari bulu mata alami bawah menempel ke bulu mata atas secara tidak sengaja, dokter akan menempelkan bulu mata bawah ke kulit dengan selotip bedah
  3. Bulu mata alami akan diisolasi, biasanya dengan penjepit atau alat lain
  4. Bulu mata buatan akan ditempelkan di bagian atas bulu mata yang terisolasi dengan lem
  5. Proses ini akan diulangi untuk seluruh kelopak mata
  6. Selama proses eyelash extension, Anda harus memejamkan mata.

Bahaya Eyelash Extension

Meskipun eyelash extention membuat mata terlihat semakin menarik, tapi prosedur kecantikan ini juga memiliki bahaya yang mengintai. Sebelum memutuskan untuk memasang eyelash extention ada baiknya ketahui empat bahayanya.

1. Iritasi

Eyelash Extension
Foto: Ladiestory.id

Bahaya eyelash extension yang pertama adalah reaksi iritasi. Jika kamu memutuskan untuk eyelash extension, maka akan timbul efek samping sekitar 3 hari setelah perawatan dilakukan.

Kemungkinan kamu akan mengalami rasa gatal, mata merah, ruam, nyeri, iritasi pada kelopak mata, hingga bengkak.

Nah, beberapa efek samping dari eyelash extension ini muncul akibat penggunaan lem perekat yang mengandung formaldehida atau bahan kimia lain yang membahayakan atau berisiko mengiritasi area mata.

Selain itu, iritasi dapat muncul akibat reaksi terhadap zat pelarut yang digunakan untuk melepas bulu mata extension. Hingga penggunaan selotip bedah yang dipakai untuk menutup kelopak mata selama prosedur dilakukan.

2. Bulu Mata Rontok

Eyelash Extension
Foto: Ladiestory.id

Mendapatkan bulu mata yang indah dengan eyelash extension, namun harus menerima jika bulu mata asli akan rontok. Sebab, penggunaan extension bulu mata yang terlalu lama dapat memberikan ketegangan kepada bulu mata alami.

Akhirnya karena berat dari bulu mata palsu memberikan tekanan pada bulu mata asli dan bulu mata asli pun alhasil mudah rontok.

Tidak semua perempuan memiliki akar bulu mata yang kuat. Lama-kelamaan eyelash extension yang rontok akan menyebabkan juga kerontokan bulu mata permanen.

Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan istilah traction alopecia. Dengan eyelash extension, bulu matamu memang terlihat tebal padahal bulu mata aslimu sebenarnya sedang menipis.

3. Alergi

Eyelash Extension
Foto: Ladiestory.id

Jika beberapa jam setelah eyelash mengalami mata memerah, gatal, berair, hingga bengkak, bisa jadi ciri dari alergi. Memang ini tidak timbul ke setiap perempuan. Tapi jika reaksi alergi ini suah muncul, kamu harus segera melepaskan bulu mata sambung dengan bantuan ahli.

4. Mata Terluka

Bahaya pemakaian eyelash extension selanjutnya adalah mata terluka. Sebenarnya bahaya ini akan timbul diawali dengan iritasi kemudian akhirnya menjadi infeksi.

Sebab lem yang menempel langsung ke bulu mata asli sangat berpotensi menimbulkan infeksi pada mata. Selain itu, lem ataupun bulu mata palsu akan rentan untuk terpapar keberadaan bakteri dan virus.

Bahaya yang perlu diwaspadai juga ada pada kemungkinan terkontaminasinya bulu mata palsu dari bakteri dan virus yang menempel. Jika ternyata bulu mata yang akan disambungkan tidak higienis, bagian depan mata dapat mengalami peradangan, atau yang dalam dunia medis dikenal dengan konjungtivitis.

Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi apabila matamu mengalami konjungtivis akibat perawatan eyelash extension yang tidak aman adalah kualitas penglihatan matamu sendiri.

Pastinya hal ini yang sangat berbahaya dan mengerikan apabila kemampuan melihatmu lambat laun berkurang akibat pemakaian eyelash extension yang salah.

Inilah arti eyelash extension dan bahayanya. Jika bukan suatu kebutuhan, sebaiknya tidak perlu memasang eyelash extension. Namun jika kamu tetap ingin menggunakannya, perlu perawatan lebih agar bulu mata asli tidak rusak serta eyelash extension bisa awet.