Sedang Proses Dapatkan Sertifikat Halal, Mie Gacoan Ingin Ubah Nama Menu

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 20:30:00

Selsa Nawang Wulan

Penulis : Selsa Nawang Wulan

Sedang Proses Dapatkan Sertifikat Halal, Mie Gacoan Ingin Ubah Nama Menu

Mie Gacoan. (Instagram.com/mie.gacoan)

Ladiestory.id - Beberapa waktu lalu sempat viral kabar bahwa Mie Gacoan belum mengantongi sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal ini lantaran nama menu-menu makanan mereka tidak sesuai dengan salah satu poin persyaratan dalam Sistem Jaminan Halal yang telah ditetapkan oleh LPPOM MUI.

Mie Gacoan menyampaikan jika mereka sedang dalam tahap persiapan sertifikasi halal untuk memenuhi 11 kriteria yang telah ditetapkan oleh MUI tersebut. Segi penamaan menu dari brand mie pedas inilah yang menjadi salah satu pemicu mengapa belum bisa mengantongi sertifikat halal dari MUI. 

Tampaknya pihak Mie Gacoan ingin melakukan perubahan pada nama-nama menu makanannya. Karena melalui salah satu posting-an di laman Instagramnya @mie.gacoan, mereka melibatkan langsung para Gacoanku (sebutan untuk pengikutnya) untuk memberikan ide nama baru untuk menu-menunya. Hal itu ia sampaikan bersamaan dengan klarifikasi mengenai kehalalan produknya. 

Mie Gacoan. (Instagram.com/mie.gacoan)

Warganet terlihat sangat antusias untuk berpartisipasi dalam pemberian nama baru untuk menu Mie Gacoan tersebut. Mereka berlomba-lomba menyarankan ide nama yang unik dan tentunya sesuai dengan karakter mie pedas itu. Seperti komentar salah satu pengguna Instagram yang dengan rinci memberikan ide menariknya.

“Mie iblis = Mie pdkt (krn manis). Mie setan = Mie ldr, rasanya asin krn berjauhan. Mie angel = mie bucin,” tulisnya. 

Banyak juga dari mereka yang akhirnya mengetahui penyebab pasti Mie Gacoan belum mendapatkan sertifikat halal. 

“Hanya karna nama menu iblis2an eh ga di kasih izin halal?? Bis gt yah?? Gpp, mie gacoan ttp di hati dunk, ttp enak. Yuk gueskan,” ucap salah satu akun. 

“Oh jadi cuma masalah nama aja yg bikin gak halal, gak ada efek buat yg beda server ygy, haahhaha,” tulis salah satu akun. 

“Alhamdulillah, terimakasih penjelasannya min, ternyata gacoan halal. Semoga prosesnya segera selesai. 😍,” komentar salah satu akun.

Dalam posting-an yang sama, pihak Mie Gacoan angkat bicara untuk meluruskan kabar yang telah beredar mengenai kehalalan produknya. Lantaran kabar tersebut sempat membuat publik khawatir akan kehalalan bahan baku mie pedas itu.

Mie Gacoan (instagram.com/mie.gacoan)

Mie Gacoan mengakui, bahwa saat ini mereka belum mengantongi sertifikat halal. Namun, mereka menjelaskan jika bahan baku yang digunakan oleh Mie Gacoan adalah 100 persen berasal dari bahan baku yang sudah bersertifikasi halal.

Untuk seluruh proses produksi, Mie Gacoan menggunakan fasilitas yang bebas dari kontaminasi najis, babi dan lainnya. Selain itu, mereka juga menjelaskan arti dari brand Mie Gacoan yang sebenarnya memiliki makna "jagoan" dalam bahasa Jawa.