Sedang Wasata Ke Jogja? Sempatkan Mampir ke 5 Pusat Tempat Oleh-oleh Ini

Kamis, 1 Juli 2021 | 13:40:50

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Sedang Wasata Ke Jogja? Sempatkan Mampir Ke 5  Pusat Tempat Oleh-Oleh Ini

Foto: Instagram/tjogjaseni

Apakah ada yang tidak kenal dengan kota Yogyakarta atau Jogja? Daerah istimewa ini adalah salah satu destinasi liburan favorit di Indonesia. Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan luar negeri pun senang jalan jalan di Jogja.

Destinasi di Yogyakarta tidak lengkap rasanya bila tidak menyempatkan diri utuk berbelanja. Di kota yang dikenal dengan sebutan Kota Gudeg ini, para wisatawan dapat membeli oleh-oleh berupa makanan, sepatu, baju hingga barang bekas yang masih layak pakai.

Pilihan yang ditawarkan bagi wisatawan sangat beragam, mulai dari oleh oleh Jogja murah hingga oleh oleh yang mahal. Kami akan memberikan rekomendasi tempat belanja oleh oleh khas Jogja untuk Anda.

  1. Bakpia Pathok 25

foto:instagram/bakpia25original
Foto: Instagram/bakpia25original

Bukan hal yang aneh lagi bila bakpia isi kacang hijau menjadi oleh-oleh setelah Anda berkeliling Jogja. Salah satu lokasi yang menjual bakpia di Jogja adalah Bakpia Pathok 25. Supaya Anda tidak penasaran dan dapat langsung menyaksikan proses pembuatannya, Anda tinggal datang ke Jalan AIP II KS Tubun Blok NG I No. 504, Kadipaten, Kraton, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bakpia Pathok 25 buka setiap hari dimulai dari pukul 8 pagi hingga 12 malam. Pada tempat ini, Anda dapat melihat bagaimana cara langsung pembuatan bakpia. Oleh-oleh makanan yang dijual pun bermacam macam, tidak hanya bakpia saja. Anda akan mendapatkan oleh-oleh seperti geplak, yangko, atau makanan tradisional lainnya.

  1. Dagadu Djokdja

foto:instagram/dagadudjokdja
Foto: Instagram/dagadudjokdja

Semacam Joger di Bali, Jogja pun juga memiliki toko pernak pernik yang menarik. Dagadu Djokdja telah lama berdiri dan memang hanya fokus menyediakan oleh-oleh khas.

Terdapat banyak barang yang dapat Anda pilih, seperti kaos, gantungan kunci, dan suvenir. Kaos bertuliskan kutipan atau kata-kata lucu semakin membuat oleh-oleh dari Dagadu terasa eksklusif.

Anda langsung saja datang ke Jalan Gedongkuning Selatan No.128, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta untuk memilih oleh-oleh.

  1. Pasar Klithikan

foto:instagram/natsir_dabey
Foto: Instagram/natsir_dabey

Tempat yang dikenal masyarakat Jogja sebagai tempat untuk membeli barang-barang unik nan antik adalah Pasar Klithikan. Lokasinya berada di Pakuncen, Wirobrajan. Selain Anda bisa mendapatkan barang-barang yang masih baru, Anda juga bisa mendapatkan barang bekas dengan harga murah. Tidak hanya barang antik saja, ada pula pakaian, ponsel, serta kebutuhan lainnya.

  1. Bakpia Kukus Tugu Jogja

foto:instagram/bakpiatugujogja
Foto: Instagram/bakpiatugujogja

Bila Anda bosan dengan bakpia biasa, Anda bisa mencoba membeli oleh-oleh Bakpia Kukus Tugu Jogja. Sesuatu yang membedakan dengan bakpia pathuk adalah teksturnya lebih lembut di bagian luar maupun dalam.

Bakpia kekinian ini sedang melonjak lonjaknya karena keunikannya. Satu kotak isi 10 harganya mulai dari Rp 25.000. Varian rasanya cukup banyak, ada kacang hijau, kacang merah, keju, dan cokelat.

  1. Cokelat Monggo

foto:instagram/jastipjogjarea
Foto: Instagram/jastipjogjarea

Oleh-oleh Jogja berupa cokelat yang khas dapat Anda bawa pulang. Cokelat Monggo sebenarnya merupakan cokelat asli yang berasal dari pulau di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Kualitasnya? Jangan ditanya.

Pasti dapat bersaing dengan cokelat mahal Belgia. Bahkan, bahan pembuatannya adalah dark cokelat premium yang mencapai 69 persen.

Rasa dari cokelat monggo ini dapat dibilang unik. Anda akan mendapatkan cokelat rasa susu, stroberi, mangga, durian, bahkan cabai merah.

Jangan hanya membeli sebatang cokelat saja bila Anda penasaran dengan semua rasanya. Langsung saja datang ke Kotagede sebagai lokasi pembuatan cokelat ini.

Ulasan di atas merupakan oleh-oleh khas Jogja yang mesti Anda bawa pulang untuk diberikan kepada teman temanmu maupun sanak saudara.