Sejarah Candi Prambanan dan Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

Minggu, 21 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Sejarah Candi Prambanan Dan Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan

Foto: Wisataoke

Ladiestory.id - Candi Prambanan adalah salah satu candi peninggalan sejarah kerajaan Hindu Buddha. Banyak hal menarik yang bisa disaksikan di Candi Prambanan, kamu bisa berlibur sambil belajar tentang hal-hal yang bersejarah di candi ini. Mau tahu lebih jelas mengenai Candi Prambanan? Ikuti ulasannya di bawah ini.

Sejarah Candi Prambanan 

Candi Prambanan dibangun dengan tujuan sebagai tempat untuk memuliakan dewa Siwa. Candi ini sering disebut sebagai candi siwa. Pembangunan candi dimulai pada tahun 850 masehi. Lalu berlanjut hingga beberapa kali pergantian raja, mulai dari Raja Lokapala hingga Raja Balitung.

Di dalam candi terdapat arca siwa yang ditempatkan pada ruang utama candi. selain itu terdapat pula candi-candi kecil di sekitar Candi Prambanan. Sehingga candi ini sering disebut juga sebagai seribu candi.

Candi ini tidak difungsikan lagi sejak tahun 930 masehi. Karena dampak letusan gunung berapi yang mengakibatkan  gempa sehingga menyebabkan candi tersebut runtuh.

Foto: Gurupendidikan

Setelah runtuh dan hilangnya candi ini akhirnya candi ini ditemukan kembali oleh orang Belanda, saat itu Belanda menjajah indonesia pada tahun 1733. Kemudian pada tahun 1855 dilakukan pembongkaran dan pemulihan candi ini.

Renovasi tetap dilakukan hingga candi itu benar-benar bagus hingga akhirnya dilindungi oleh UNESCO dan menjadi salah satu tempat wisata populer di indonesia bahkan terkenal hingga mancanegara dan banyak pula turis asing yang mengunjunginya.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Candi Prambanan

Selain lebih mengenal sejarah bangsa Indonesia di Candi Prambanan, kamu juga bisa lakukan berbagai aktivitas seru dan menarik di sini, seperti:

1. Bersepeda

Foto: Trenasia

Kamu bisa berkeliling sekitar candi dengan menggunakan sepeda. Di sekitar candi ada yang menyewakan sepeda untuk bisa kamu gunakan untuk berkeliling candi. Biaya sewa sepeda hanya Rp20.000.

2. Berkeliling dengan Menggunakan Kereta

Selain menggunakan sepeda tersedia juga kereta yang dapat digunakan untuk keliling di wilayah candi. Kamu hanya membayar Rp10.000 sudah bisa berkeliling di wilayah candi.

3. Mengunjungi Museum

Selain candi utama di dekat Candi Prambanan terdapat juga museum yang di dalamnya terdapat macam-macam benda peninggalan sejarah.

4. Olahraga Memanah

Foto: Trenasia

Kamu bisa juga melakukan olahraga memanah. Di wilayah candi disediakan tempat khusus untuk olahraga memanah. Tarifnya hanya Rp12.000.untuk 12 kali lemparan panah.

5. Bermain di Taman

Candi Prambanan juga memiliki taman yang bisa digunakan untuk bermain. Terdapat macam-macam permainan di taman Prambanan ini. Selain permainan, pemandangannya juga sangat indah.

6. Memberi Makan Rusa

Di sekitaran candi juga terdapat rusa yang dilestarikan. Kamu bisa bermain dengan memberikan makan rusa. Untuk tarifnya hanya Rp2000. Kamu bisa merasakan sensasinya bagaimana memberikan rusa yang lucu.

7. Mengabadikan Momen dengan Berfoto

Berfoto adalah hal yang sangat wajib ketika kita berwisata ke candi ini karena tempatnya unik dan bagus, sehingga sangat cocok untuk kenang-kenangan atau sebagai update status di sosial media

8. Menonton Film Sejarah dan Film 4D

Kamu dapat menonton film seperti bioskop di prambanan. Film yang ditampilkan sudah 4D dengan layar yang sangat lebar lebih lebar dari bioskop. Tarif untuk menonton film ini biasanya Rp35.000 per orang.

Lokasi dan Harga Tiket Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di Jalan Raya Solo-Yogyakarta No.16, Desa Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk tiket masuknya, dewasa dikenakan biaya Rp50.000 dan anak-anak Rp25.000. 

Nah, apakah kamu tertarik mengunjungi Candi Prambanan? Tak ada salahnya memasukkan Candi Prambanan ke dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta.