Sekilas Berkenalan dengan Kota Parakan

Rabu, 12 Juni 2019 | 13:29:17

Mamacalf

Penulis : Mamacalf

Sekilas Berkenalan Dengan Kota Parakan

?

Pertama kali menginjakkan kaki di Kota ini saat saya akan dipertemukan dengan calon Ibu (baca Mertua) , sekitar tujuh tahun silam. Kala itu waktu tempuh? Jakarta - Parakan menggunakan Bis sekitar 12 jam perjalanan. Kini hanya 8 jam dengan adanya Infrastruktur jalan tol lintas utara Jawa.

?

?Parakan?, tak seperti ?Jogja? yang ketika orang menyebutnya maka otak langsung terkoneksi dengan? Keraton dan bakpia. Banyak orang tidak terbiasa mendengar nama Kota tersebut. Parakan adalah nama salah satu kecamatan di kabupaten Temanggung propinsi? Jawa Tengah.. Jika ditempuh dari Jogja ke parakan sekitar 2-3 jam perjalanan mobil sejauh kurang lebih 75 km melewati kota

?

Terletak diantara dua Gunung , Sindoro dan Sumbing membuat hawa kota ini sejuk,? apalagi airnya, wah seperti air dari kulkas, brrrrrr... Tak banyak, namun ada tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam sekitar? diantaranya, Bukit Posong , Danau buatan Mbung Kledung, Desa wisata Tlahab.

?

Selain pemandangan Alam, khas lainnya dari Parakan adalah jajanan di pasar Entho, pasar kaget yang berada di gang? jauh dari kata besar tapi ramai pengunjung apalagi musim libur. Rupa rupa panganan tersedia mulai dari sego gono, sego jagung, sego kluban, tempe gembus,aneka bacem, cendol hangat, kue- kue , sampai lauk siap santap dan aneka keripik .

?

Ada juga Pasar besar di Kota ini Pasar Legi namanya , bentuknya hampir seperti pasar modern dijakarta. Lantai bawah untuk pakaian dan barang dagangan kering sedang lantai atas untuk sayur mayur , ikan daging dan kelompoknya.? ? ? ?

?

Selain pasar Entho , kuliner lawas lainnya adalah warung makan Ibu Carik. Seperti warteg , warung makan ini juga menyediakan beragam lauk pauk. Diantaranya brongkos ayam,daging , pecel sayur, telur masak santan, aneka gorengan, ada empal , paru dan masakan lainnya khas masakan parakan. Bagi saya yang paling menggiurkan adalah kue bulat isi kacang hijau alias Onde-onde , yang disediakan di meja meja pelanggan. Tak seperti onde-onde pada umumnya yang satu ini berukuran? sebesar bola tenis, teksturnya renyah garing nom nom... langsung hap hap hihii...

?

Jika tersedia waktu libur yang lebih panjang, ada beberapa pilihan tempat wisata yang bisa ditempuh dalam waktu 2-3 jam dari Kota Parakan, seperti Dieng Plateu di Banjarnegara Wonosobo, Candi Borobudur di Magelang bahkan sampai ke Kota pelajar Jogja. Yuk kapan kapan mampir ke Parakan????.

?

?

?

?