Selain Adakan Campaign Fashion, Tiktok Shop Juga Perkenalkan Shoppertainment

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:00:00

Selsa Nawang Wulan

Penulis : Selsa Nawang Wulan

Selain Adakan Campaign Fashion, Tiktok Shop Juga Perkenalkan Shoppertainment

Tiktok Shop For Your Fashion. (Fortuna)

Ladiestory.id - Vonny Ernita Susanto selaku Seller Incubation Lead, Tiktok Shop Indonesia dalam konferensi pers di Mall Kota Kasablanka, Jakarta untuk memperkenalkan keunggulan terbaru Tiktok Shop, yaitu Shoppertainment pada Kamis (11/8/2022) . Ia menjelaskan arti dari Shoppertainment.

“Tiktok Shop menghadirkan sosial commerce yang mana melalui entertainment di Indonesia, maka kita sebut dengan Shoppertainment. Shoppertainment itu adalah menggabungkan konsep antara kepuasan berbelanja itu sendiri dengan konten berbelanjanya,” jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, Vonny juga menjelaskan konsep Shoppertainment sebagai salah satu fitur khusus Tiktok Shop.

Shoppertainment menghadirkan sebuah konsep hiburan dimana pelanggan akan disuguhkan sebuah fitur konten melalui short video dan juga live streaming yang sebetulnya nantinya akan membawa customer itu bisa langsung berbelanja tanpa pindah aplikasi.” 

Tiktok Shop For Your Fashion. (Dok. Pribadi)

Ia berpendapat, bahwa dengan melihat konten hiburan, pelanggan bisa memutuskan untuk akhirnya berbelanja di platform Tiktok Shop.

“Tiktok Shop tidak pernah memaksakan pelanggan untuk membeli barang kita. Tapi dengan cara menonton hiburannya terlebih dahulu, dengan entertainmentnya yang kita suguhkan terlebih dahulu, itu membuat pelanggan akhirnya tertarik untuk bisa berbelanja di tempat kita,” ungkap Vonny. 

Tiktok Shop menawarkan pengalaman berbelanja yang berbeda untuk para sellers, pelanggan dan creators.

“Keunggulan Tiktok Shop sebagai one stop user shopping experience, dimana ketika kita melihat sebuah entertainment atau sebuah konten yang menarik itu bisa langsung menggiring atau membawa kita dalam sebuah experience belanja dalam satu platform tanpa harus meninggalkan aplikasi tersebut,” tambahnya.

Melihat kondisi dan berangkat dari pengalaman masyarakat yang  gemar berbelanja online, namun tidak ingin membuang waktu karena harus berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Tiktok Shop ingin mengurangi problem customer tersebut, dengan hanya mendownload aplikasi Tiktok para customer dapat terintegrasi oleh hiburan dan juga e-commercenya.

Jadi customer tidak perlu meninggalkan satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Hal ini tentunya memberikan kenyamanan bagi para costumer dan memudahkan customer untuk berbelanja online.

Tiktok Shop sarankan UKM lokal manfaatkan Shoppertainment, para pelaku UKM dapat menerapkan konsep ini untuk menumbuhkan penjualan atau bisnis mereka. Tiktok Shop juga mendorong para UKM agar lebih inovatif dan kreatif dalam hal membuat konten melalui short video dan live streaming. Menggunakan dua fitur ini, para UKM juga bisa dapat penjualan dari toko mereka. 

Selain Shoppertainment, ketahui fitur Tiktok Shop lainnya yuk!

Short video

Seller dan kreator dapat membuat kontennya sendiri yang nantinya sudah langsung tersedia keranjang belanja yang dapat di klik pada video tersebut. Seperti yang diketahui bahwa Tiktok shop memiliki ciri khas keranjang berwarna kuning.

Live streaming

Saat ini sangat populer karena dinilai para seller bisa lebih engaged dengan calon customer-nya. Mereka juga dapat membeli langsung produk yang sedang dijual oleh seller secara realtime dengan berbagai penawaran menarik seperti voucher gratis ongkir hingga potongan harga yang cukup besar. Live streaming dinilai dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dibandingkan short video. 

Showcase

Upload produk melalui fitur showcase agar nantinya dapat memunculkan keranjang kuning pada video yang diunggah. Dengan fitur ini, para calon customer dapat mengunjungi dan melihat-lihat dengan jelas produk yang dijual.