Selain Kedaluwarsa, Ini 5 Ciri Makeup Tak Layak Pakai 

Kamis, 4 Februari 2021 | 09:36:47

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Selain Kedaluwarsa, Ini 5 Ciri Makeup Tak Layak Pakai 

Sama dengan makanan, kosmetik juga memiliki masa kadaluarsa. Keberadaan tanggal kedaluwarsa ini penting untuk mengetahui apakah kosmetik masih boleh dan layak digunakan atau tidak. Masa kadaluarsa setiap makeup berbeda-beda. Ada yang beberapa bulan, ada yang hingga tahunan. 

Untuk itu, penting sekali memperhatikan tanggal kadaluarsa sebelum membeli dan mengaplikasikan makeup. Sebab, makeup kadaluarsa yang diaplikasikan ke wajah dapat membuat kulit iritasi, gatal-gatal, bahkan jerawat. 

Namun, kelayakan sebuah makeup tidak hanya dilihat dari masa kedaluwarsa. Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa produk makeup sudah tidak layak. Apa saja? Berikut ini lima ciri-ciri makeup tak layak pakai. 

Perubahan Tekstur 

Perubahan tekstur menjadi salah satu tanda makeup tak lagi layak digunakan. Beberapa produk kosmetik seperti foundation, primer, concealer, bedak, maskara, dan blush on kerap mengalami perubahan tekstur sebelum masa kedaluwarsa habis. 

Perubahan tekstur itu seperti makeup menjadi mengering, menggumpal, encer, atau lebih pekat. Hal ini bisa jadi merupakan tanda-tanda emulsion instability, yakni kandungan minyak dan air yang seharusnya menyatu menjadi terpisah.

Perubahan Warna 

Ciri-ciri makeup tak layak pakai selanjutnya adalah perubahan warna. Perubahan ini juga paling jelas terlihat. Perubahan warna makeup disebabkan oksidasi paparan sinar matahari atau suhu ruangan. Ada beberapa produk kecantikan yang sensitif terhadap paparan cahaya, terlebih bila kemasan terbuat dari plastik dan transparan. 

Biasanya produk makeup yang paling sering mengalami ini adalah foundation, concealer, primer, juga lipstik. Bila menemukan produk makeup telah berubah warna dari semula, segera singkirkan karena produk itu sudah tidak layak digunakan. 

Perubahan Aroma

Fragrance atau wewangian dalam kosmetik bisa menguap atau tidak lagi harum. Hal ini wajar terjadi. Namun, jika aromanya berubah menjadi tak sedap atau bau, itu artinya komposisi di dalamnya sudah rusak serta tidak layak lagi dipakai. 

Periksa produk makeup yang kamu miliki apakah aromanya menandakan masih layak atau tidak untuk digunakan. Misalnya, maskara. Meski masa kadaluarsanya masih lama, aroma maskara umumnya sudah berubah setelah dua sampai tiga bulan dibuka atau pemakaian. 

Muncul Jamur 

Perubahan cukup ekstrim selanjutnya adalah munculnya jamur. Ciri-ciri makeup tak layak pakai ini mudah sekali dikenali. Adanya serabut halus berwarna hitam atau abu-abu dalam produk makeup

Hal itu menandakan adanya bakteri dan jamur dalam makeup yang sudah berkembang biak. Segera buang produk makeup tersebut karena dapat merusak kulit seperti iritasi dan jerawat. 

Tak Lagi Berkhasiat 

Awal-awal pemakaian, produk makeup memberikan hasil yang bagus. Misalnya foundation mampu meng-coverage kekurangan wajah dengan sempurna dan melembabkan wajah. Namun, setelah beberapa lama, makeup tidak lagi berkhasiat. 

Noda hitam tak lagi tertutupi, wajah menjadi kusam, juga kering saat maupun setelah pemakaian. Padahal, tak kadaluarsa masih lama. Hal ini bisa jadi bukan karena mulai tidak cocok, melainkan formula makeup sudah tidak lagi berkhasiat.