Sering Digunakan Artis, Ini Manfaat Pilis untuk Ibu Setelah Melahirkan

Minggu, 6 Maret 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sering Digunakan Artis, Ini Manfaat Pilis Untuk Ibu Setelah Melahirkan

Pilis (Special)

Ladiestory.id - Kelahiran Aurel Hermansyah mengundang perhatian netizen Indonesia. Tak hanya kelahiran mewah, namun mama muda ini menggunakan ramuan tradisional usai melahirkan anaknya, Ameena Hanna Nur Atta. 

Hal ini diketahui dari video yang diunggah pada channel Youtube AH. Di video tersebut, ibu kelahiran 1998 itu menggunakan pilis pada dahinya. 

Tak hanya Aurel Hermansyah, beberapa artis juga menggunakan pilis usai melahirkan. Sebut saja Paula Verhoeven, Citra Kirana, Syahnaz Sadiqa, hingga Sarwendah. 

Obat tradisional ini memiliki bentuk seperti kue yang ditempelkan pada dahi. Rupanya pilis sudah menjadi obat tradisional turun temurun yang digunakan pada ibu usai melahirkan. 

Meski zaman sudah modern, namun pilis masih banyak digunakan, bahkan dari kalangan artis. Yuk ketahui lebih lagi mengenai pilis dan manfaatnya.

Apa itu Pilis?

Pilis (Special)

Pilis merupakan jamu atau ramuan tradisional yang kerap digunakan untuk ibu usai melahirkan. Biasanya pilis digunakan pada dahi seperti mengompres selama 40 hari setelah melahirkan. 

Pada dasarnya pilis merupakan racikan dari beberapa bahan alami. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pilis merupakan obat tradisional (berwarna hitam) yang dipaliskan atau dilekatkan di dahi dan pelipis.

Seorang ibu yang melahirkan pasti memiliki kondisi tubuh yang kurang sehat. Sebab mereka mempertaruhkan nyawa untuk melahirkan.

Sering kali para ibu merasa lemas usai melahirkan. Beberapa bagian tubuh juga merasa sakit dan pegal. 

Tak hanya itu, namun kebanyakan para ibu usai melahirkan mengalami pandangan kabur, mata kunang-kunang, hingga pusing. Sedangkan mereka juga harus beradaptasi dengan kehidupan yang baru. 

Bertambahnya satu anggota keluarga membuat waktu istirahat sang ibu berkurang. Namun, memang tidak bisa dipungkiri, kondisi tubuh sang ibu belum kembali seperti sedia kala. 

Nah, kompres pilis ini sering dijadikan alternatif untuk memulihkan kesehatan bagi para ibu usai melahirkan. 

Manfaat dan Kegunaan Pilis

Pilis (Special)
Seperti yang sudah dituliskan, bahwa pilis bermanfaat bagi kesehatan ibu usai melahirkan. Seperti memberikan stamina, terutama meredakan sakit kepala yang rata-rata dikeluhkan ibu usai melahirkan. 

Tak hanya itu, pilis memiliki aroma yang mampu membuat ibu merasa tenang. Tentunya aroma ini dapat meredakan stress dan penat bagi ibu yang disibukan dengan mengurus anggota baru di keluarga. 

Mengompres pilis akan memberikan sensasi cooling sehingga membantu memperlancar peredaran darah. Meski begitu, pilis bukanlah obat utama untuk meredakan sakit kepala ya, namun sebagai pilihan alternatif. 

Cara Menggunakan Pilis

Pilis (Special)

Kamu bisa membuat pilis sendiri dengan mencampurkan beberapa bahan menjadi sebuah ramuan pilis. Gunakan kencur, kunyit, kenanga, mint, jintan hitam dan putih, pala, cengkeh, bawang putih, daun turu, asam muda, kemukus, ganti yang dihancurkan bersamaan hingga halus. Lalu beri air hangat pada ramuan tersebut. 

Jika Moms kesulitan dan tidak ada waktu untuk membuat ramuan tersebut, pilis sudah dijual secara instan. Kamu dapat membeli obat tradisional ini di beberapa toko. 

Biasanya pilis dijual dalam bentuk bubuk dan kapsul. Jika dalam bentuk kapsul, keluarkan isinya lalu Moms tinggal mencampurkannya dengan air hangat. 

Moms dapat menggunakan pilis ini hingga 40 hari setelah melahirkan ya. Kompres pilis setelah mandi pagi dan sore. 

Obat tradisional ini sudah memiliki izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga aman untuk digunakan. Pilis didefinisikan sebagai obat padat tradisional yang tercatat dalam BPOM No. 32 Tahun 2019. 

Tak hanya itu, namun pilis ini juga sudah tercatat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 8 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan SPA.

Jika Moms ingin mencoba kompres pilis tapi ragu, sebaiknya konsultasikan terhadap dokter kandungan.