Sering Dikatakan Kaum Milenilal, Inilah Arti Kata Anjir dan Anjay

Jumat, 19 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Sering Dikatakan Kaum Milenilal, Inilah Arti Kata Anjir Dan Anjay

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Anjay dan anjir merupakan salah satu ungkapan atau kata yang sangat familier di kalangan anak muda saat ini. Kata Anjir banyak diungkapkan anak muda di tahun 2020, baik di media sosial, dunia game, atau pun dalam kehidupan sehari-sehari.

Kata-kata ini bahkan sering digunakan oleh para konten creator sebagai bahan bahasan dalam konten yang mereka buat.

Apa Arti Anjir?

Foto: Ladiestory.id

Jika diperiksa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata anjay memang tidak ditemukan apa artinya namun kita akan menemukan kata anjir yang artinya 1. Terusan, saluran (air), 2. Pohon.

Namun, pada dasarnya kata anjir yang dipakai orang dalam bahasa sehari-hari bukanlah bermaksud mengatakan saluran (air) ataupun pohon, tapi sama sebagaimana maknanya anjay.

Kata anjay maupun anjir merupakan ujaran yang memiliki makna yang sama, dalam hal ini kedua kata tersebut bisa diartikan sebagai ekspresi kekesalan ataupun pujian kepada seseorang (lawan bicara).

Namun tetap saja bahwa makna sesungguhnya dari kedua kata tersebut mengacu kepada seekor binatang, yakni anj*ng. Kata ini biasa digunakan untuk ungkapan rasa kekesalan.

Tapi tidak jarang orang yang juga menggunakan kata anjay dan anjir sebagai bentuk ungkapan kagum atas sesuatu yang ia suka dan sesuatu yang ia dengar.

Tidak hanya kata anjay dan anjir, namun masih banyak istilah kata lain yang dapat dipelesetkan dari arti yang sama yaitu (anj*ng) dengan istilah lain seperti anjim, njir, anjis, anying.

Pemakaian kata tersebut banyak diucapkan oleh anak-anak remaja milenial pada umumnya, dan dari istilah-istilah kata tersebut artinya tetap satu yaitu anjing. Namun jika kata-kata ini diujarkan kepada orang yang tidak terbiasa menggunakan kat-kata tersebut.

Kemungkinan besar dia akan beranggapan bahwa orang yang menggunakan kata anjay atau anjir telah mengatainya dengan sebutan anj*ng. Atau dia akan beranggapan bahwa lawan bicaranya itu adalah seseorang yang kasar ataupun tidak memiliki sopan santun dalam berbicara.

Perbedaan Anjay dan Anjir

Foto: Ladiestory.id

Pada umumnya ada sedikit perbedaan arti anjay dengan anjir, di mana anjay biasanya diucapkan dalam bentuk mengungkapkan kekaguman dan anjir digunakan untuk mengungkapkap rasa kaget ataupun terkejut.

Namun, jika dibandingkan dengan konteks yang telah dibahas, kedua kata ini mungkin kurang baik. Apabila istilah kata-kata tersebut digolongkan jadi kebiasaan dalam budaya yang akan diturunkan dan dipelajari oleh generasi mendatang.

Contoh Penggunaan Kata Anjir 

Ketika Bastian melihat teman laki-lakinya menggandeng cewek cantik, saat itu si Bastian pun berkata. "Anjiiir, tu cewek cantik banget." Jadi si Bastian merasa 'wah' ketika melihat cewek yang digandeng temannya itu. Nah ini merupakan penggunakan kata anjir sebagai suatu ekspresi pujian.

Namun berbeda lagi jika kata tersebut digunakan untuk menggungkapkan rasa kekesalan. Seperti contoh bila Babas sedang jalan dan tersandung, bisa jadi dia sontak mengatakan "Anjir!"

Inilah arti dari kata anjir atau anjay yang sering diucapkan kaum milenial. Apakah kalian sering menggunakan kata ini untuk menggungkapkan ekspresi kalian?