Rekomendasi Serum untuk Wajah Sensitif dan Berjerawat

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:30:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Rekomendasi Serum Untuk Wajah Sensitif Dan Berjerawat

Ilustrasi perempuan menggunakan serum. (Ladiestory.id)

Ladiestory.id - Pemilik kulit sensitif umumnya mengalami kesulitan saat mencari produk skincare yang tepat. Ini disebabkan karena tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap sebuah kandungan skincare

Kandungan yang Direkomendasikan untuk Wajah Sensitif

Kamu perlu tahu kandungan bahan apa saja yang direkomendasikan untuk kulit sesitif dan berjerawat. Menurut penelitian, berikut adalah beberapa kandungan yang diperbolehkan untuk pemilik wajah sensitif dan berjerawat: 

Hyaluronic acid

Fungsi utama hyaluronic acid adalah untuk menghidrasi kulit dengan mengikat air di wajah dan mempertahankan kadar air tersebut. Kandungan hyaluronic acid sebenarnya sudah ada di tubuh kita secara alami. Namun, seiring bertambahnya usia, kadar hyaluronic acid bisa semakin berkurang. Pelembap dengan kandungan hyaluronic acid bisa dipilih oleh pemilik kulit sensitif karena efektivitasnya menghidrasi kulit dan minim risiko iritasi.

Azelaic acid

Azelaic acid atau asam azelat merupakan salah satu exfoliating agent yang berfungsi untuk mengurangi kemerahan di kulit, membersihkan pori, dan merawat kulit berjerawat. Sekilas, azelaic acid memiliki fungsi yang mirip dengan eksfoliator seperti AHA dan BHA. Namun, azelaic acid cenderung lebih ringan dan lembut sehingga aman digunakan oleh kulit sensitif.

Centella asiatica

Ilustrasi centella asiatica. (Special)

Tanaman yang populer disebut sebagai pegagan di Indonesia ini terkenal akan khasiatnya dalam merawat kulit. Centella asiatica kaya akan kandungan madecassoside dan flavonoid yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan paparan polusi. Centella asiatica juga dikenal dapat menenangkan kulit yang teriritasi, melembapkan kulit, dan melembutkan kulit karena ekstrak ini juga diperkaya dengan asam amino dan beta karoten. 

Mugwort

Ilustrasi tanaman mugrwort. (Ladiestory.id)

Kandungan mugwort adalah salah satu kandungan yang sedang tren di antara skincare enthusiast. Mugwort atau Artemisia vulgaris ini kaya akan vitamin E dan anti-inflammatory agent yang dapat menghidrasi, menutrisi kulit, dan meredakan kemerahan di kulit

Ceramide

Ceramide merupakan lipid atau jaringan lemak yang secara alami sudah ada di dalam kulit manusia. Namun, mirip dengan hyaluronic acid, semakin bertambahnya usia, semakin berkurang juga kadar ceramide dalam kulit seseorang. Kandungan ceramide dalam skincare berfungsi untuk memperkuat skin barrier, menahan kadar air di lapisan kulit, dan menenangkan kulit sensitif.

Bakuchiol 

Ingredients skincare yang lagi naik daun ini merupakan ekstrak dari tanaman Babchi atau Psoralea corylifolia. Bakuchiol dikenalkan sebagai alternatif retinol yang lebih gentle dan aman untuk pemilik kulit sensitif karena dapat menghaluskan tekstur kulit wajah. Agar hasilnya lebih optimal, sebaiknya bakuchiol diaplikasikan sebelum tidur untuk meregenerasi sel kulit.

Rekomendasi Serum untuk Merawat Kulit Wajah yang Sensitif

Setelah mengetahui kandungan apa saja yang cocok untuk wajah sesnsitif, Ladiestory.id juga merangkum beberapa produk serum yang baik untuk kulit sensitif dan berjerawat:.

1. Lancome Advanced Genifique Sensitive Serum

Lancome Advanced Genifique Sensitive Serum. (Special)

Serum keluaran Lancome ini diperkaya kandungan vitamin E dan ferulic acid murni, serta Centella asiatica. Kandungan tersebut dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas penyebab iritasi.

2. Mineral Botanica Ceramide Serum

Mineral Botanica Ceramide Serum. (Special)

Rekomendasi serum lokal untuk kulit sensitif adalah Mineral Botanica Ceramide Serum. Seperti namanya, serum ini memiliki kandungan Ceramide NP yang berfungsi untuk memperkuat skin barrier dan menghaluskan tekstur kulit. Produk ini pun mengandung Centella asiatica leaf extract yang dapat memberi efek smoothing pada kulit dan berperan sebagai antioksidan.

3. Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum

Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum. (Special)

Masih dari produk lokal, kali ini ada Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum yang direkomendasikan untuk merawat kulit sensitif. Serum ini mengandung ekstrak alami yang baik untuk kulit sensitif, seperti teh hijau, pepaya murni, dan lidah buaya sebagai vitamin dan antioksidan untuk menenangkan kulit dan melindungi kulit. Serum ini juga mengandung vitamin C yang berasal dari ekstrak kakadu plum yang dapat mencerahkan kulit.