Si Ekstrovert yang Paling Introvert, Ketahui 6 Fakta Menarik dari Kepribadian ENFP

Sabtu, 25 Juni 2022 | 10:30:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Si Ekstrovert Yang Paling Introvert, Ketahui 6 Fakta Menarik Dari Kepribadian Enfp

Ilustrasi pertemanan yang langgeng. (thinkstock)

Ladiestory.id - Dikenal sebagai kepribadian ekstrovert yang paling introvert, ENFP merupakan salah satu dari 16 kepribadian MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator. Diketahui jika ENFP adalah kependekan dari Extraverted (E), Intuitive (N), Feeling (F), serta Perceiving (P).

Menurut laman Thoughtcatalog, seseorang dengan kepribadian ENFP dapat dikatakan sebagai kepribadian "ekstrovert yang paling introvert" dikarenakan fungsi dopamin yang dimiliki oleh tubuh. Intuisi ekstrovert mereka sering "menyamar" sebagai fungsi introvert yang hanya dapat muncul saat seorang ENFP sedang sendirian, ataupun ketika berada di sekitar orang lain.

Meskipun ENFP diklasifikasikan menjadi sosok ekstrovert karena orientasi mereka yang mengarah ke luar, kepribadian ENFP juga memerlukan proses untuk merasakan perasaan mereka dengan adanya banyak waktu "introvert". Karena hal tersebut, ENFP dipandang sebagai kepribadian yang memiliki fakta-fakta menarik seperti di bawah ini.

Memiliki Semangat yang Tinggi

Ilustrasi tubuh berenergi. (Special)

Penuh dengan semangat merupakan fakta menarik pertama yang dimiliki oleh seorang ENFP. Hal tersebut biasa mereka lakukan ketika bersama dengan orang lain ataupun sendirian. Selain itu, kepribadian yang penuh semangat, ceria, dan antusias yang tinggi merupakan ciri khas dari ENFP.

Mengutip 16personalities, kepribadian jiwa bebas sejati memang merupakan bagian dari ENFP. Membuat segala sesuatu menjadi menyenangkan adalah keahlian mereka. Sosok yang memiliki karakter mandiri, penuh empati, dan bersemangat ini hanya ada sekitar 7 persen dari populasi dunia.

Seseorang yang Kerap "Tancap Gas"

Ilustrasi hidup sehat. (Special)

Ketika melakukan hal baru yang belum pernah mereka alami, orang-orang dengan kepribadian ENFP acap kali "tancap gas". Mereka dapat langsung mencoba hal-hal baru tersebut dan mengerjakannya. Setelah itu, mereka akan merefleksikan diri mengenai perasaan mereka dengan mengambil jeda beberapa waktu.

Orang yang Sangat Kreatif

Ilustrasi berpikir. (Special)

Seseorang yang sangat kreatif biasanya identik dengan kepribadian ENFP. Sebagai sosok yang kreatif, mereka akan menantang diri dengan hal-hal cemerlang yang tidak bisa dibayangkan.

John Hackston selaku Head of Thought Leadership dari Perusahaan The Myers-Briggs mengatakan, bahwa kepribadian ENFP adalah seorang pemikir kreatif dengan kapasitas yang luar biasa untuk berkreasi dan mampu berpikir secara abstrak, meski hal-hal detail kerap kali tidak mereka tangkap dengan baik.

Suka Memberi Saran yang Memberdayakan

Jenis Teman yang Harus Kamu Miliki (Special)

Sosok ENFP akan memberikan sebuah saran yang memberdayakan saat ada orang yang memerlukan solusi darinya. Ia akan memberikan banyak saran setelah mendengarkan permasalahan seseorang dan memprosesnya.

Dengan maksud supaya seseorang yang memiliki masalah tersebut memiliki kontrol terhadap masalah yang mereka hadapi, saran yang diberikan oleh seorang ENFP selalu memberdayakan. Oleh sebab itu, bercerita ke sosok ENFP ketika Kamu membutuhkan saran atas masalah yang menimpamu adalah hal yang tepat.

Mudah Terbuka dengan Orang Lain

Jenis Teman yang Harus Kamu Miliki (Special)

Seorang ENFP akan selalu menjadi sosok yang mudah berbaur terhadap orang-orang disekitarnya, begitu pula dengan orang-orang yang baru mereka temui. Sosok yang terbuka dan juga hangat ini didukung oleh kepribadian mereka memang hangat dan penuh dengan antusiasme ketika bersosialisasi. Dengan adanya sifat tersebut, mereka dapat memiliki koneksi yang luas dengan banyak orang kelak.

Suka Mengeksplorasi Hal-hal Baru

Foto: Ladiestory.id

Tidak hanya berjiwa kreatif saja, orang dengan kepribadian ENFP dikenal sebagai sosok yang sangat suka mengeksplorasi hal-hal baru. Seperti yang sudah ditulis di atas, tantangan merupakan hal yang menarik untuk seorang ENFP. Hal tersebut pada akhirnya membuat mereka dapat menemukan tantangan tersebut dengan cara mengeksplor hal-hal baru.