Si Kecil Susah Tidur, 3 Alasan Ini Paling Sering Muncul

Jumat, 24 Mei 2019 | 22:29:54

Dita Sabariah

Penulis : Dita Sabariah

Si Kecil Susah Tidur, 3 Alasan Ini Paling Sering Muncul

Moms, buah hati Anda sering susah saat tidur? Seorang ahli psikolog anak yang bernama Roslina Verauli, Mpsi mengatakan bahwa anak yang mengalami susah tidur, karena memiliki perbedaan dalam pola dan proses tidur. Berdasarkan itu, timbullah suatu perbedaan di antaranya ada yang mudah tidur, butuh distimulasi berlebihan agar bisa tidur, dan ada pula yang sebentar-sebentar bangun kemudian gelisah. Nah, perbedaan tersebut itulah yang membuat buah hati sering susah tidur. Selain itu, susah tidur ini bisa disebabkan karena beberapa alasan sehingga menimbulkan masalah. Lantas, apa alasan yang menyebabkan si kecil ini susah tidur? Yuk, simak 3 ulasan berikut ini.

Tidak ada waktu tidur rutin

Menjadwalkan waktu tidurnya bisa membuat si kecil tahu bahwa ia harus istirahat sehingga jika waktunya tiba istirahat maka si kecil ?akan tidur. Nah, untuk itu kita bisa membuat rutinitas yang membuatnya mengerti bahwa ada saatnya harus tidur sehingga jika disuruh tidur tidak susah, misalnya tidur tiap jam 9 malam. Supaya si kecil tidak mengalami masalah susah tidur, pada saat usianya maksimal 4 tahun harus diajarkan rutinitas menjelang tidur sehingga tidurnya bisa teratur dan disiplin hingga dewasa.

Terlambat tidur

Moms, ada sebagian anak yang sering mengalami keterlambatan tidur. Masalah yang dialami oleh anak ini sering kali karena ia ingin masih ingin bermain atau mendengarkan cerita lebih banyak dari orang tuanya yang terbiasa mendongeng. Nah, jika hal ini terjadi pada buah hati kita, kita harus menemaninya hingga ia mengantuk dan tertidur. Suasana juga dapat dikondisikan agar ia bisa mengerti bahwa sekarang waktunya untuk tidur, misalnya mematikan lampu, mengecilkan volume suara, dll. Jika terlambat tidur, akan membuat anak mengantuk atau bangun siang keesokan harinya. Selain itu, untuk anak yang lebih dewasa, terlambat tidur juga tidak baik untuk kesehatan dan daya konsentrasinya saat menerima pelajaran.

Kurang tidur siang

Moms, jika si kecil terlalu asyik main hingga lupa tidur siang, biasanya yang sering terjadi pada saat tidur malamnya sering sulit. Nah, agar hal ini tidak terjadi pada si kecil maka biasakan rutin tidur di siang hari. Sedangkan waktu tidur siang yang dibutuhkan untuk si kecil ini sekitar dua sampai tiga jam. Nah, untuk itu ajarkan untuk selalu tidur siang pada si kecil agar ketika malam hari ?tidurnya tidak susah dan ia mudah terlelap.

Nah, itulah tadi 3 alasan yang paling sering muncul ketika anak susah tidur. Masih banyak alasan lainnya yang membuat susah tidur, tergantung pada situasi dan kondisi tiap anak. Semoga informasi tentang 3 alasan si kecil susah tidur bermanfaat ya.

?

Photo source: pixabay & koleksi pribadi