Strategi Voila.id Hadirkan Convenience Shopping Offline dan Online

Minggu, 12 Juni 2022 | 17:30:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Strategi Voila.id Hadirkan Convenience Shopping Offline Dan Online

Ilustrasi belanja online

Ladiestory.id - Di tengah ekonomi yang menantang selama dua tahun terakhir, tren belanja online khususnya untuk barang-barang luxury dan branded masih terus berlangsung. Hal ini mengingat terjadi pembatasan perjalanan keluar negeri yang menjadi destinasi belanja kalangan masyarakat Indonesia peminat barang tersebut.

Melihat hal tersebut, Paul Cahyadi mendirikan Voila.id pada 2020 untuk memudahkan para pencinta fashion mendapatkan koleksi brand high end berkualitas tinggi dengan orisinalitas produk yang terjamin tanpa harus keluar rumah.

Dua tahun berdiri, Voila telah berekspansi hingga dua toko offline, yakni di Jakarta, yang bertempat di daerah Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, dan Surabaya yang bertempat di daerah Bukit Darmo Golf.

Selain toko offline, sebelumnya Voila telah memiliki toko online dalam bentuk website di Voila.id dan juga mobile apps, yang memanfaatkan platform teknologi payment gateway Midtrans untuk memfasilitasi pembayaran pelanggan secara mudah dan terpercaya. 

“Outlet Voila kebetulan tidak di mall, sehingga mengatur operasional juga lebih enak dengan tetap mengikuti aturan pandemi. Akan tetapi, masa-masa seperti ini, online seperti ini yang membantu. Kenapa fokus di online juga, soalnya sejak pandemi pertama banyak orang tidak bisa pergi kemana-mana, yang biasanya kalau liburan mereka suka keluar negeri untuk shopping. Untuk dari itu Voila membantu kenyamanan untuk orang orang berbelanja di Indonesia. Saat ini kami punya lebih dari seratus brand dimana mudah sekali untuk pelanggan kami datang ke Voila dan belanja, terutama adanya Midtrans juga sebagai partner payment gateway kita, sehingga konsumer jadi lebih gampang untuk checkout.," ujar Head of Marketing and Communication VOILA, Zoey Rasjid, dalam rilis yang Ladiestory.id terima beberapa waktu lalu.

Meskipun sempat dibayangi penurunan transaksi barang-barang luxury ditengah tantangan ekonomi selama pandemi, Voila terus tumbuh karena kombinasi strategi offline dan juga online store.

“Selama dua tahun terakhir pandemi, baik offline dan juga online store selalu buka, Alhamdulillah selalu ada saja transaksi terus juga gitu, dan kita juga terus memperkenalkan brand-brand baru kami, soalnya ada brand-brand baru yang di Indonesia sendiri tidak ada standalone store-nya. Jadi salah satu alasan kenapa pelanggan memilih Voila, karena mereka hanya menemukan barang tersebut 100% authentic di Indonesia melalui Voila. Terkait penggunaan payment gateway, kita harus choose the right partner untuk kemajuan kita. Dengan kita sudah berteman sejak dari pertama dengan Midtrans, itu banyak sekali membantu untuk transaksi transaksi kita, terutama di online, sangat membantu," jelas Zoey.

Selain menyediakan opsi pembayaran terlengkap, penggunaan Midtrans sebagai payment gateway terdepan di Indonesia dan bagian dari GoTo Financial juga hadirkan rasa percaya bagi pelanggan Voila.

Zoey menambahkan pentingnya kemudahan dalam bertransaksi mengingat tren belanja branded terus berlangsung walaupun ditengah pandemi.

For some reason, masyarakat Indonesia suka aksesoris seperti tas dan sepatu dibandingkan baju. Tren dari dulu sampai sekarang tas banyak sekali peminatnya, dimana ada salah satu pelanggan yang bilang beberapa brand tas dapat dijadikan investasi atau resell (dijual kembali), mengingat ketika mereka membeli barang tersebut, harga sudah langsung naik. Berkaca dari pandemi, masyarakat Indonesia kini lebih mengapresiasi suatu brand dan sesuatu yang mereka beli. Pelan-pelan mereka berpikir bahwa ini tidak cuma harga, namun its about appreciation dari sebuah produk dan juga sebuah investasi," ujarnya.

s