7 Summit Indonesia yang Wajib Dicoba Untuk Ditaklukan!

Senin, 6 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

7 Summit Indonesia Yang Wajib Dicoba Untuk Ditaklukan!

Foto: potret24.com

Ladiestory.id - Mendaki gunung saat ini adalah salah salah satu sport toursim atau wisata berbasis olahraga yang banyak diminati. Mendaki gunung tertinggi yang ada di suatu wilayah tentu menjadi impian hampir semua pendaki gunung.

Summit Indonesia yang Wajib Dicoba Untuk Ditaklukan!

Buat kamu pecinta alam yang hobi naik gunung, Indonesia adalah tempat yang tepat. Kamu dapat menaklukkan 7 summit Indonesia atau yang sering disebut sebagai gunung tertinggi yang mewakili 7 pulau terbesar yang ada di Indonesia

1. Carstensz Pyramid atau Puncak Jaya Papua

Foto: Ladiestory.id

 

Puncak dari gunung tertinggi di Indonesia, Jayawijaya, ini adalah puncak tertinggi di antara deretan 7 summit Indonesia. Puncak Jaya juga dinobatkan sebagai salah satu dari World 7 Summits.

Tak hanya menantang karena ketinggiannya yang mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di Puncak Jaya ini, kita bisa merasakan salju di Indonesia yang merupakan negara tropis.

Salju di Puncak Jaya ini dikenal sebagai salju abadi, yang sayangnya mulai menipis akibat pemanasan global

2. Gunung Kerinci

Dengan ketinggian 3.805 mdpl, Gunung Kerinci menjadi atap Pulau Sumatera. Gunung yang terletak di perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi ini terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat yang juga menjadi taman nasional terbesar di Indonesia.

Gunung Kerinci telah ditetapkan sebagai World Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra. Gunung ini juga menjadi gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara.

TNKS merupakan habitat bagi Harimau Sumatera dengan jumlah populasi sekitar 160-167 ekor dan masuk dalam daftar hewan dilindungi. Bahkan, International Union for Conservation of Nature (IUCN) mengategorikan satwa ini dengan status kritis (critically endangered).

3. Gunung Rinjani

Foto: Ladiestory.id

 

7 summit Indonesia berikutnya adalah gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Tak hanya memiliki keindahan alamnya saja,

Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat ini menyimpan gunung berapi aktif tertinggi kedua di Indonesia dengan keindahan alamnya yang memukau.

Gunung Rinjani masuk ke dalam salah satu Seven Summit Indonesia. Jika kamu mengunjungi gunung ini, sepanjang jalur pendakian akan disuguhkan dengan padang savanna yang banyak ditumbuhi bunga edelweiss dan danau kaldera yang berada di puncaknya.

Gunung yang pernah dijadikan sebagai lokasi pembuatan film ini memiliki jalur pendakian terbaik di Asia Tenggara. Untuk mencapai puncaknya, kamu bisa melewati dua jalur pendakian, yaitu Sembalun dan Senaru.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan 7 summit Indonesia di pulau Jawa. Berlokasi di Jawa Timur, Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Salah satu keindahan yang diburu pendaki Gunung Semeru adalah bermalam di Ranu Kumbolo, kamu dapat mendirikan tenda di sini dan menyaksikan sunrise yang cahayanya indah menyinari danau.

Secara aturan Balai Besar Taman Nasional Bromo – Tengger – Semeru (BBTNBTS), sebenarnya secara resmi pendakian hanya diperbolehkan sampai Kalimati dan tidak dianjurkan untuk mendaki sampai puncak. Namun pendaki biasanya mendaki hingga ke puncak Semeru untuk menyaksikan keindahan dari tanah tertinggi Pulau Jawa ini.

Foto: Ladiestory.id

 

Tapi ingat, kamu harus tetap waspada dan jangan memaksakan diri mendaki ke puncak jika keadaan tidak memungkinkan, sebab jalur menuju puncak adalah medan pasir dengan tingkat kemiringan yang cukup curam.

 Selain itu, pendaki harus berhati-hati terhadap gas beracun yang dikeluarkan oleh kawah di puncak gunung Semeru. Maka dari itu biasanya pendaki dilarang berada di puncak Semeru setelah pukul 08.00 – 10.00 WIB sebab setelah itu angin bertiup dari arah kawah ke Puncak Mahameru.

5. Puncak Rantemario Gunung Latimojong

Gunung tertinggi di Pulau Sulawesi ini berada di Kabupaten Enrekang dengan ketinggian 3.378 mdpl. Menuju ke gunung ini lumayan jauh karena butuh perjalanan 10 jam dari Makassar, namun sesampainya di puncak kamu akan disambut dengan indahnya pemndangan dari puncak tertinggi di Sulawesi ini.

6. Gunung Bukit Raya

Gunung yang terletak di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah dan menjadi 7 summit Indonesia. Gunung ini menjulang setinggi 2.278 mdpl. Gunung Bukit Raya berada di bawah pengawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya.

Gunung yang bukan termasuk gunung berapi ini menjadi gunung yang jarang didaki dan termahal setelah Gunung Puncak Jaya di Papua. Sebab letaknya yang sangat terpencil dan memerlukan bermacam moda transportasi untuk tiba di titik pendakian.

Hutan Gunung Bukit Raya masih lestari dan terjaga. Terdapat lebih dari 800 jenis tumbuhan dari bermacam famili, salah satunya bunga Rhododendron yang menjadi tumbuhan endemik di kawasan ini.

selain itu, pacet, tawon dan binatang liar lainnya menjadi tantangan untuk mendaki gunung ini.

7. Gunung Slamet

Foto: Ladiestory.id

 

Gunung Slamet memiliki julukan sebagai atap Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 mdpl. Uniknya, gunung ini berada di perbatasan 5 kabupaten, yaitu Banyumas, Purbalingga, Tegal, Pemalang, dan Brebes

Meski berada di perbatasan, biasanya para pendaki menggunakan jalur Bambangan yang ada di Kabupaten Purbalingga untuk mencapai puncak gunung Slamet. Gunung berapi yang masih aktif ini memiliki kawah yang dapat menggeluarkan asap.

Jalur pendakian gunung Slamet yang didominasi bebatuan, pasir dan kerikil membuat jalur menjadi licin dan mudah longsor.

Selalu waspada jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Slamet, karena gunung tersebut bisa mengalami erupsi yang membahayakan para pendaki.

Inilah 7 summit Indonesia yang bisa kamu taklukan. Mau coba yang mana dulu nih?