Tidak Cukup Keramas, Ini 8 Tahap Hair Care Routine ala Korea

Selasa, 7 September 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Tidak Cukup Keramas, Ini 8 Tahap Hair Care Routine ala Korea

Foto: instagram.com/jessica.syj

Semua orang terutama kaum hawa pasti menginginkan rambut yang indah. Tak hanya itu, namun kesehatan dan kebersihan rambut menjadi hal yang utama. Berapa kali kalian mencuci rambut atau keramas?

Pada umumnya orang akan keramas pada 2-3 kali. Namun rupanya mencuci rambut saja tidak cukup untuk merawat rambut kamu. Sebab sampo  yang memiliki kandungan detergen lebih banyak daripada nutrisi. Inilah yang menyebabkan rambut akan kekurangan nutrisi.

Tahapan Hair Care Routine ala Korea

Terlebih jika seperti rambut-rambut wanita Korea yang terutai panjang, lembut, dan berkilau. Pastinya mereka tidak hanya melakukan satu atau dua tahap hair care routine saja. Penasaran dengan tahap hair care routine ala Korea?

1. Scalp Treatment

Tahap hair care routine pertama adalah scalp treatment atau perawatan kulit kepala. Ahli kecantikan asal Korea mengatakan dengan menjaga kulit kepala bersih, sehat dan tereksfoliasi, kita bisa membiarkan rambut sehat tumbuh di kulit kepala kita.

Nah, demi mendapatkan kulit kepala yang bersih dan sehat kamu bisa gunakan Scalp Scaler ini. Pada dasarnya scalp scaler digunakan pada pra-perawatan rambut berbasis asam salisilat yang akan mengelupas, mengangkat kulit mati  di kepala dan juga menghancurkan penumpukan minyak.

Tidak perlu melakukan tahap hair care routine ini setiap kali keramas. Cukup lakukan selama seminggu sekali. Dan scalp scaler ini digunakan sebelum keramas. Lalu ratakan dn diamkan selama 20 menit. Lalu kamu dapat melanjutkan ke tahap hair care routine selanjutnya.

2. Keramas Menggunakan Sampo

Hair Care Routine ala Korea
Foto: Ladiestory.id

Tahap hair care routine kedua adalah keramas seperti biasa. Jika ingin mendapatkan rambut yang sempurna, kamu perlu keramas sebanyak 3 hingga 4 kali dalam seminggu. Tentunya kamu harus mencari sampo yang memiliki kandungan keratin di dalamnya.

Sebab, kandungan keratin akan membuat rambut tidak mengembang dan lurus dengan sempurna. Hindari shampo berbahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate.

Namun, saat keramas pun memiliki aturan agar rambut dapat bersih secara maksimal. Dalam mengaplikasikan shampo, kamu dapat menggunakan sikat khusus setelah  untuk memaksimalkan pembersihan kulit kepala.

Selain itu, sikat tersebut juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Pegang sikat dan pijat kulit kepala dengan gerakan memutar. Jika dirasa sudah cukup, bilas hingga bersih.

3. Conditioner

Usai memijat kepala dengan sampo, conditioner menjadi perawatan rambut selanjutnya. Memang ada produk conditioner yang menggabungkan antara shampoo dan conditioner secara 2in1. Namun jika produk tersebut tidak cocok, justru akan menyebabkan rambut menjadi kering.

Namun, perlu diingat sebelum memakai condisioner, pastikan rambut kamu dalam keadaan lembap dan bukan basah. Lalu aplikasikan conditioner dari tengah hingga ujung bawah rambut. Dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.

4. Hair Mask

Hair Care Routine ala Korea
Foto: Ladiestory.id

Nah, hair care routine ini juga tidak perlu dipakai setiap kali seusai keramas. Kamu bisa mengaplikasikan hair mask satu kali dalam seminggu. Sebenarnya hair mask ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang lebih powerful dibanding conditioner. Namun bukan berarti conditioner bukan hair care routine yang bisa ditinggalkan ya.

Seusai keramas, kamu bisa mengaplikasikan perawatan rambut ini ke selurut rambut. Lalu diamkan selama 15 hingga 20 menit sebelum membilasnya dengan bersih. Menggunakan hair mask ini akan membuat rambutmu halus dan lembut.

5. Bilas dengan Cuka

Terdengar cukup ekstrim memang, namun inilah tahap hair care routine ala Korea. Sebab kulit rambut harus selalu dijaga keseimbangan pH nya.

Kulit kepala memiliki pH 3,5 yang bisa terbilang nyaris asam. Nah sedangkan keseimbangan pH kulit kepala terkadang bisa menjadi basa akibat penumpukan debu dan bakteri. Nah oleh karena itu, perlu untuk menyeimbangkan pH dengan membilas rambutmu dengan cuka, yakni cuka apel dengan pH 3.

Tentu, tidak perlu melakukan perawatan rambut ini setiap hari, cukup sekali dalam seminggu. Kamu dapat membilas air cuka setelah keramas. Kemudian, bilas lagi dengan air hangat sampai semuanya hilang.

Apabila bau cuka terlalu kuat, kamu bisa mencampurkan cuka dengan air sebelum dipakai.

6. Scalp Mask

Hair Care Routine ala Korea
Foto: Ladiestory.id

Hair care routine selanjutnya adalah scalp mask atau masker kulit kepala. Lagi-lagi, kamu bisa menggunakannya seminggu sekali saja. Mengapa scalp mask diperlukan? Sebab struktur kulit kepala memiliki cara kerja yang berbeda dengan rambut. Sehingga kamu juga memerlukan perawatan ekstra pada kulit kepala.

Caranya, setelah keramas, kamu bisa bila sisa shampoo yang ada. Kemudian aplikasikan produk scalp mask di kepalamu dan diamkan selama 15 menit. Tentu setelah itu dibilas hingga bersih.

7. Scalp Tonic

Tahap hair care routine selanjutnya dilakukan setelah keramas yakni menggunakan scalp tonic. Hair care routine ini merupakan tonic khusus kulit kepala yang berfungsi menyiapkan kulit kepalamu sebelum melalui proses styling.

8. Serum atau Essence rambut

Hair Care Routine ala Korea
Foto: Ladiestory.id

Layaknya kulit wajah, kulit kepala juga membutuhkan serum atau essence sebagai rangkaian hair care routine. Tujuan produk ini untuk menjaga rambut tetap lembut dan terhidrasi dari dalam.

Inilah 8 tahap hair care routine ala Korea yang bisa kamu contoh. Tentu saja kamu perlu mencari produk hair care routine yang cocok untukmu, agar tidak muncul permasalahan rambut lainnya. Kuncinya untuk mendapat rambut yang sempurna adalah rutin pada perawatan rambut yang dilakukan. Semangat, ya!

Berita Terkait