Tak Ada Gunanya Membenci Hidup, Coba Lakukan 5 Aktivitas Ini untuk Tingkatkan Semangatmu

Senin, 30 Desember 2019 | 13:10:13

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Tak Ada Gunanya Membenci Hidup, Coba Lakukan 5 Aktivitas Ini Untuk Tingkatkan Semangatmu

Terkadang, segala rintangan dan ujian dalam hidup sering kali membuat kita resah dan lelah. Lantas, kita pun berpikir untuk lebih baik mengisolasi diri dari riuhnya dunia yang kebanyakan diisi oleh orang-orang yang tak memahami diri kita seutuhnya. Lalu, kita terlalu mempercayai asumsi-asumsi yang kita ciptakan sendiri itu dan menganggap semua orang negatif, yang padahal belum tentu benar. Ketika kita berupaya untuk tetap bertahan hidup meskipun tak bertemu teman-teman sesering dahulu, alih-alih bersembunyi, tak jarang jika kita juga turut mematikan aktivasi media sosial kita beberapa saat. Lalu, mengurung diri di kamar, enggan beranjak dari tempat tidur, dan yang paling parah adalah menjadi tidak nafsu makan. Padahal, semestinya kita bisa melakukan banyak hal yang lebih bermanfaat lho, Ladies, ketimbang hanya diam melulu. Karena itulah, lupakan segala harapan untuk kesempurnaan hidup. Sebab kita adalah manusia. Nah, berikut ini ada 5 aktivitas untuk tingkatkan semangatmu agar kamu tak lagi membenci hidup. Sila mencoba!

1. Tulis segala perasaanmu tentang hidup

Tulis segala perasaanmu tentang hidup
sumber: freepik.com

Daripada kamu membiarkan diri untuk tidak melakukan apa-apa, lebih baik ambil buku harianmu, atau secarik kertas, atau laptop kesayanganmu. Lalu, tulislah segala perasaanmu tentang hidup dan berceritalah dengan tulisan. Terkadang, kita begitu sulit untuk bercerita menggunakan suara, sebab merasa percuma bercerita kepada orang lain yang nyatanya jarang sekali bisa membantu. Jadi, menulislah. Berceritalah kepada dirimu sendiri melalui tulisan yang pada suatu saat nanti bisa kamu baca lagi. Siapa tahu, kamu bisa mendapat inspirasi ketika menulis. Misalnya saja, membuat cerita pendek tentang hal-hal yang pernah atau sedang kamu rasakan, namun dengan tokoh yang ceritanya adalah orang lain.

2. Lakukan self-care

Lakukan self-care
sumber: freepik.com

Membenamkan diri di kasur terlalu lama tak hanya buruk untuk kesehatan, tetapi juga bisa menimbulkan minyak di wajah yang menyebabkan jerawat, membuat tubuh membesar karena menimbun lemak, dan membuatmu melewatkan kejutan-kejutan seru yang menanti di luar kamar. Jadi, yuk, segera bangun dari tempat tidurmu, lakukan lagi skin care routine-mu, mandi yang bersih, hubungi teman dekat yang benar-benar kamu percaya, lalu bersenang-senanglah. Tubuhmu berhak mendapatkan kesenangan dari dirimu sendiri, ya, meskipun bukan dari orang lain. Maka dari itu, pergilah! Kamu bisa nonton film di bioskop, makan sushi di restoran favoritmu, juga memanjakan diri di salon.

3. Jauhi pemicu yang membuatmu membenci hidup

Jauhi pemicu yang membuatmu membenci hidup
sumber: freepik.com

Ketika kamu merasa benci terhadap kehidupan, pasti ada penyebab yang membuatmu menjadi sebegitu kesalnya terhadap hidup. Maka, jauhilah segala penyebab itu, Ladies. Misalnya saja, kamu menjadi benci hidupmu sendiri sebab kamu kerap membandingkan dirimu dengan teman-temanmu yang lebih sukses, dan keberhasilannya itu kamu saksikan setiap hari di media sosial. Jika itu yang menjadi penyebab kamu membenci hidupmu, lebih baik berhentilah menggunakan media sosial. Non-aktif-kan saja akun media sosialmu sementara dan fokuslah kepada dirimu sendiri. Setelah itu, jika kelak kamu sudah bisa mencintai kehidupanmu lagi dan kamu ingin kembali menyapa teman-temanmu di media sosial, ya, kembali lah.

4. Bantulah orang lain, bersedekahlah atau jadilah relawan

Bantulah orang lain, bersedekahlah atau jadilah relawan
sumber: freepik.com

Daripada semakin membenci hidup dan tidak berbuat apa-apa, lebih baik pergilah keluar rumah dan bantulah orang lain. Ketika kita mengisolasi diri, kita kerap berpikir, mengapa dalam situasi sulit tak ada orang yang datang untuk membantu kita. Nah, mungkin hal itu juga dipikirkan oleh orang lain yang ternyata membutuhkan bantuanmu, Ladies. Maka datanglah kepada mereka dan berikan bantuanmu kepadanya yang membutuhkan. Namun, jangan berharap mendapat balasan apa-apa dari tindakanmu ini. Meskipun, kita semua tahu, bahwa kebaikan akan selalu dibalas dengan kebaikan.

5. Beri makan kucing jalanan

Beri makan kucing jalanan
sumber: freepik.com

Jika pikiranmu sudah suntuk dan mentok tidak tahu harus berbuat apa, maka keluarlah dari rumah dan beri makan kucing jalanan yang kamu temui sepanjang jalan kamu melangkah. Sebelumnya, belilah dulu makanan kucing yang teksturnya kering dan bentuknya kecil-kecil. Nah, jika kamu bertemu kucing yang melintas di sampingmu, berikanlah makanan itu untuknya. Lalu, berikan juga kepada kucing yang sedang beristirahat di ujung jalan, dan kucing-kucing lainnya yang kamu temui. Biasanya, ketika kamu sudah memberi makan binatang dan ia tampak senang, akan ada rasa senang dan puas di dalam dirimu sendiri, Ladies. Tentu, hal ini lebih baik ketimbang hanya protes dan mengeluh tentang hidup.

Tenang saja, di dunia ini bukan cuma kamu saja kok yang merasa menderita. Sebab, ada banyak orang lain yang tentunya lebih menderita di banding kamu. Maka, bersyukurlah dan berbahagialah!