Tak Hanya Indah, Ini Fakta Menarik Precious Stone yang Perlu Diketahui

Selasa, 18 Oktober 2022 | 09:00:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Tak Hanya Indah, Ini Fakta Menarik Precious Stone Yang Perlu Diketahui

Ilustrasi Perhiasan dengan Precious Stone. (Pinterest)

Daftar isi

The Palace - Precious stone atau batu permata menjadi salah satu bahan baku dalam pembuatan perhiasan sejak berabad-abad tahun yang lalu. Hal ini tak mengherankan, mengingat precious stone memiliki keindahan yang membuat siapa pun akan terpana. Bahkan, setiap batu permata tersebut, diketahui juga memiliki makna yang cukup mendalam.

Kamu bisa menemukan berbagai keindahan precious stone tersebut, melalui “Precious Stone Festival” yang dihadirkan oleh Central Mega Kencana (CMK), sebagai produsen terbesar dan berkualitas tinggi di Indonesia. 

Dengan adanya “Precious Stone Festival” ini, CMK ingin memberikan edukasi kepada pelanggan, dan memperkenalkan kembali desain-desain precious stone, antara lain blue sapphire (safir biru), ruby (rubi), dan emerald (zamrud).

Ketiga precious stone ini begitu populer dan diminati sejak berabad-abad tahun yang lalu hingga saat ini, sehingga kerap menjadi inspirasi dalam pembuatan perhiasan.

Tak hanya indah, berikut fakta menarik di balik precious stone yang perlu kamu ketahui:

Blue Sapphire 

Ilustrasi Perhiasan dari Blue Sapphire. (Special)

Safir menjadi salah satu batu permata yang cukup diminati. Salah satu perhiasan yang cukup fenomenal menggunakan batu safir adalah cincin pertunangan dari Lady Diana, sebelum menikah dengan Pangeran Charles.

Cincin pertunangan itulah yang kemudian digunakan oleh putra sulung Lady Diana, yakni Pangeran William, untuk melamar Kate Middleton.

Penamaan safir sendiri berasal dari kata sapheiros (bahasa Yunani), yang berarti ‘batu biru yang bersinar’. Hal ini lantaran safir memiliki warna biru mendekati hitam, dan terlihat bersinar.

Safir biru menjadi simbol keagungan, kejujuran, ketulusan, dan kesetiaan. Karena makna yang amat signifikan inilah, safir biru dikaitkan dengan bangsawan, dan menjadi lambang cinta selama beberapa abad. 

Anting-Anting dari Riviera Collection. (Special)

CMK juga turut menghadirkan exclusive diamond jewelry menggunakan precious stone dari blue sapphire melalui Riviera collection. Riviera memiliki arti ‘sungai’. Dari tetesan air yang jatuh ke sungai inilah, kemudian menjadi inspirasi dalam Riviera collection

Tetesan air yang jatuh ke sungai melambangkan kesucian, kemurnian, dan sebuah awal yang baru. Selain itu, merupakan lambang dari sebuah cinta tanpa batas.

Dalam Riviera collection, blue sapphire yang digunakan berasal dari Sri Lanka dan Madagaskar. Adapun item perhiasan berlian wanita yang dihadirkan, mulai dari cincin, gelang, liontin, dan anting berlian wanita.  

Ruby

Ilustrasi Perhiasan dari Batu Permata Ruby. (Special)

 

Batu permata selanjutnya yang tak kalah memikat adalah ruby (rubi). Perbedaan ruby dengan batu permata lainnya seperti safir, adalah dari warnanya. Ruby memiliki warna merah merona yang berkilau dengan sempurna, sedangkan safir memiliki warna biru. 

Penamaan ruby sendiri berasal dari kata “ruber” dalam bahasa Latin yang memiliki arti red, atau ‘merah’. Dalam bahasa Sansekerta kuno, penamaan ruby dikenal dengan ratnaraj, yang artinya ‘raja dari segala batu permata’.

Ruby menjadi lambang untuk cinta, gairah (semangat), keberanian, serta kepercayaan diri. Ruby menjadi batu kelahiran bulan Juni.

Sehingga memberikan perhiasan dengan berhiaskan ruby sangat tepat bagi mereka yang berulang tahun atau melakukan anniversary pada bulan Juni. Warna merah dari ruby juga diasosiasikan sebagai keberanian, pengabdian, integritas, dan kebahagiaan.

Cincin dari Flamma Collection. (Special)

Memiliki makna yang cukup kuat, CMK pun turut menghadirkan ragam exclusive diamond jewelry yang berhiaskan batu permata ruby melalui Flamma premium collection. Flamma memiliki arti ‘nyala api’, yang kemudian dapat diartikan sebagai bersinar, menyala, dan berkobar. Hal inilah yang kemudian menjadi inspirasi, hingga terlahirlah perhiasan berlian wanita dalam Flamma collection

Salah satu yang membuat Flamma collection cukup istimewa selain penggunaan precious stone berupa ruby, yaitu pemilihan grading color yang memakan waktu 3 bulan. Selain itu, pengerjaannya sendiri juga memakan waktu hingga 1.200 jam.

Ruby yang digunakan pun didatangkan dari Burma dan Mozambique. Karena hal inilah, perhiasan dalam Flamma collection sangat tepat sebagai hadiah istimewa untuk momen berharga. 

Adapun item perhiasan yang dihadirkan dalam Flamma collection antara lain: kalung, anting-anting, gelang, cincin, dan liontin berlian terbaru. Semua item perhiasan berlian tersebut sudah dihiasi dengan ruby yang berkilau, dan memancarkan pesonanya. 

Emerald

Emerald atau zamrud menjadi batu permata kesekian yang juga tak kalah berharga. Batu permata yang satu ini memiliki warna hijau. Sesuai dengan penamaannya sendiri yang diketahui berasal dari kata esmeralde dalam bahasa Prancis, yang artinya ‘batu hijau’. 

Emerald sangat cocok digunakan dalam sebuah perhiasan, lantaran warna hijaunya yang sangat indah dan mampu menawan mata. Batu ini menjadi simbol untuk cinta, kelahiran, kesuburan, dan keabadian. 

Cincin dari Royale Collection. (Special)

CMK menghadirkan koleksi perhiasan berlian wanita dengan memadukannya bersama emerald dan precious stone lainnya dalam Royale collection. Sesuai dengan namanya, penamaan untuk koleksi perhiasan dari CMK kali ini terinspirasi dari kemegahan atau kemewahan yang dimiliki oleh precious stone. Untuk batu permata emerald yang digunakan oleh CMK, didapatkan dari Colombia dan Zambia.

Royale collection terdiri dari gelang, liontin, anting-anting, dan cincin berlian wanita. Masing-masing item perhiasan yang ditawarkan sudah berhiaskan precious stone yang membuatnya semakin memukau; mulai dari emerald, sapphire, dan ruby

Jika sebelumnya kamu baru mengetahui Riviera collection, Flamma collection, dan Royale collection, nantinya dalam “Precious Stone Festival” akan diperkenalkan lebih banyak lagi koleksi perhiasan dari batu permata lainnya. Sebut saja mulai dari Imperial collection, Elba collection, Noble collection, dan CNY collection.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai koleksi perhiasan berlian dengan #PreciousStone dari The Palace, kamu bisa mengunjungi website atau media sosial di Instagram maupun TikTok. 

Kamu juga bisa melihat berbagai koleksi perhiasan lainnya dari #ThePalaceJeweler yang #Therlengkap, #Therjamin, dan #Therjangkau dengan mengunjungi gerai-gerainya yang ada di kotamu. Pastikan kamu mendapatkan koleksi perhiasan impianmu di The Palace sebagai #NationalJeweler terbaik ya, Ladies!