Tak Hanya Kim Garam, 5 Idol Kpop Wanita Ini Tersandung Kasus Bullying

Selasa, 26 Juli 2022 | 10:15:00

Ghina Nafisah

Penulis : Ghina Nafisah

Tak Hanya Kim Garam, 5 Idol Kpop Wanita Ini Tersandung Kasus Bullying

Kim Garam LE SSERAFIM. (Special)

Ladiestory.id - Akhir-akhir ini, kabar tentang bullying di negara Korea Selatan marak diberitakan. Isu bullying di Korea Selatan sendiri merupakan hal yang sering terjadi, tak terkecuali dari para artis hingga idol Kpop Korea.

Ada kabar dari idol Kpop wanita bernama Kim Garam dari girl group Le Sserafim yang belum lama ini melangsungkan debutnya pada bulan Mei. Kim Garam sendiri sudah resmi hengkang dari group tersebut pada tanggal 20 Juli 2022 kemarin, setelah isu bullying yang menyangkut dirinya tersebut.

Ternyata tak hanya Kim Garam saja sebagai idol Kpop wanita yang tersandung kasus bullying. Ada beberapa idol wanita lain yang juga pernah tersandung kasus serupa. Berikut kami rangkum untuk kamu.

Jimin (AOA)

Shin Jimin eks AOA. (Spesial)

Idol pertama ada Jimin dari girl group AOA. Wanita bernama lengkap Shin Ji-Min ini dulunya adalah seorang leader (ketua) dan juga rapper dalam grup AOA yang aktif dari tahun 2012 hingga 2020. Karirnya harus berakhir pada tahun 2020 akibat kasus bullying-nya dengan salah satu member AOA juga yang bernama Mina.

Kasus tersebut bermula saat Mina, salah satu member AOA memposting foto hitam dengan caption yang panjang di akun Instagramnya. Dilansir dari media Korea Soompi, caption yang ditulis Mina adalah curhatan dirinya dulu saat dibully oleh salah satu member grupnya, yaitu Jimin.

Setelah namanya tersebar luas, Jimin pun selalu diliputi oleh haters dan pembicaraan media. Akhirnya pada tahun 2020, Jimin memutuskan keluar dari AOA. Keberadaan dirinya pun langsung hilang ditelan bumi, karena ia tidak pernah terlihat lagi semenjak kasus bullying menimpanya.

Kini, Jimin sudah aktif kembali di media sosialnya dan juga dalam bermusik. Seperti yang terlihat di akun Instagramnya, Jimin sudah membuat musik kembali yang ia upload ke dalam situs musik Soundcloud.

Naeun (APRIL)

Idol Kpop Wanita yang Tersandung Kasus Bullying. (Soompi)

Kedua, ada Lee Na-Eeun dari grup APRIL. Awal mula ia tersandung kasus bullying pada 2021 karena pengakuan adik dari salah satu member APRIL bernama Hyunjoo. Adiknya tersebut memposting sebuah kalimat panjang berisikan curhatan tentang kakaknya Hyunjoo yang di-bully oleh para member APRIL,  termasuk Naeun.

Selain kasus Hyunjoo, terdapat pengakuan lain, yaitu dari seseorang yang mengaku sebagai teman waktu SMA Hyunjoo, Ia juga mengatakan hal serupa terhadap Naeun. Karena kasus bullying tersebut, banyak projek film dan iklan yang dibintangi Naeun dibatalkan hingga diketahui pernah hiatus dari dunia hiburan.

Soojin (G)I-DLE

Idol Kpop Wanita yang Tersandung Kasus Bullying. (Soompi)

Idol selanjutnya, yaitu member (G)I-DLE bernama Seo Soojin yang pada tahun 2021 kemarin resmi hengkang dari grupnya tersebut. Awal mula kasusnya itu karena pengakuan seseorang yang mengaku kalau adiknya di-bully oleh Soojin saat SMA hingga tersebarnya foto Soojin merokok dan memalak.

Hal tersebut pun ditanggapi oleh Soojin. Ia mengaku kalau waktu SMA pernah merokok dan meminum alkohol. Setelah kasus dan pernyataan tersebut, ia pun memutuskan hiatus dari grup. Setelah lama hiatus, akhirnya pihak agensi mengumumkan kalau Soojin resmi keluar dari grup (G)I-DLE.

Sohye (I.O.I)

Idol Kpop Wanita yang Tersandung Kasus Bullying. (Soompi)

Kemudian ada dari Kim Sohye dari grup I.O.I atau yang dikenal dengan Produce 101. Sohye terkena kasus bullying pada tahun 2021 karena pengakuan dari seseorang yang mengaku teman SMP-nya.

Setelah itu, agensi juga menemukan bukti kalau Sohye pernah melakukan tindak kekerasan sewaktu SMP dengan siswa sekolah lain dalam catatan kekerasan sekolah. Karena hal ini, Sohye akhirnya telah meminta maaf kepada pelaku.

Chorong (APink)

Idol Kpop Wanita yang Tersandung Kasus Bullying. (Soompi)

Terakhir, ada dari member APink, yakni Chorong. Pada tahun 2021, Chorong tersandung kasus bullying karena pengakuan teman SMA-nya. Belum lama setelah itu, beredar foto Chorong yang pernah minum alkohol dibawah umur.

Setelah berita tersebut tersebar, Chorong memposting di Instagramnya yang mengakui kalau ia pernah minum alkohol dan meminta maaf. Ia mengaku kalau tidak pernah mem-bully sewaktu sekolah. Agensi pun menambahkan kalau kasus bullying Chorong hanya tuduhan dan rumor palsu.