Tak Hanya Potong Ujung Rambut, Ini 5 Bahan Alami Atasi Rambut Bercabang

Minggu, 26 Juni 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tak Hanya Potong Ujung Rambut, Ini 5 Bahan Alami Atasi Rambut Bercabang

Ilustrasi rambut rusak. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu permasalahan rambut yang kerap dialami adalah rambut bercabang. Keadaan rambut bercabang biasanya sangat rampuh, kering, dan ujung rambut terlihat terbelah menjadi dua. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti cuaca hingga penggunaan hair dryer maupun catok.

Banyak perempuan mengatasi rambut bercabang dengan memotong ujung rambut. Namun, hal ini membuat beberapa perempuan enggan karena tidak telaten. Jika begitu, ada solusi lain untuk mengatasi rambut bercabang, yakni menggunakan beberapa bahan alami di bawah ini untuk diaplikasikan pada rambut.

Telur

Ilustrasi olahan telur (Special)

Telur bukan hanya menjadi bahan makanan pokok saja. Namun, telur juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rambut bercabang secara alami. Hal ini dikarenakan rambut terdiri dari 70 persen protein keratin. Sementara telur memiliki protein yang mampu membentuk kembali setiap rambut yang rusak.

Tak hanya itu, namun protein di dalam telur mampu mengisi bagian rambut yang rapuh. Bahkan, telur bisa menjadikan rambut lebih halus. Terlebih, bagi Kamu yang sering mencatok atau pun mengeringkan rambut menggunakan hairdryer. Kerap kali rambut akan mudah rusak dan mudah kusut.

Namun, dengan telur, Kamu mampu menjaga kesehatan rambut. Bahkan, menjaga rambut tetap indah dan anti kusut. Biasanya, telur yang mengandung asam lemak ini akan dijadikan masker rambut. Kamu hanya perlu menggunakan kuning telurnya saja. Lalu, campurkan dengan minyak zaitun sebanyak 3 sendok. Atau pun Kamu bisa mengganti minyak zaitun dengan 1 sendok teh madu.

Kemudian, aplikasin adonan tersebut ke rambut dalam keadaan basah. Tunggu selama 30 menit, barulah dibilas menggunakan sampo untuk menghilangkan bau.

Alpukat

Ilustrasi buah alpukat. (Special)

Bahan alami selanjutnya yang dapat menghilangkan rambut bercabang adalah alpukat. Ya, pasalnya, buah berwarna hijau ini memiliki kandungan yang mampu menjaga kesehatan rambut, seperti asam lemak, asam folat, protein, magnesium. Tak hanya itu, berbagai vitamin seperti vitamin A, D, dan E pun terkandung dalam buah alpukat.

Sehingga, tak heran jika buah yang kerap kali dihubungkan dengan penambah berat badan ini bisa mengatasi rambut bercabang. Berbagai kandungan tersebut juga mampu membuat rambut menjadi lembap. Bahkan, buah alpukat ini juga bisa menstimulasi pertumbuhan rambut. Selain itu, menggunakan alpukat untuk rambut mampu membantu rambut menjadi lebih halus.

Caranya pun mudah, yakni dengan menghaluskan buah alpukat terlebih dahulu. Lalu mencampurkannya dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan minyak kelapa. Aduk hingga adonan tersebut menjadi kental atau creamy. Barulah adonan tersebut diaplikasikan pada rambut. Dengan catatan, jangan aplikasikan adonan tersebut di daerah akar rambut.

Tunggu selama 30 menit, barulah dibilas dengan sampo agar sisa alpukat hilang dari rambut. Agar hasil maksimal, Kamu bisa melakukannya seminggu sekali.

Pepaya

Foto: Ladiestory.id

Bahan alami selanjutnya untuk mengatasi rambut bercabang adalah pepaya. Pasalnya, pepaya memiliki kandungan asam folat yang mampu meningkatkan aliran darah pada kulit kepala. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan vitamin A. Diketahui kandungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan produksi minyak di kepala.

Caranya pun mudah, Kamu perlu menghaluskan pepaya yang nantinya dicampur dengan yogurt. Aduk adonan ini hingga berbentuk seperti pasta. Barulah adonan tersebut diaplikasikan ke rambut. Lantas tunggu hingga 45 menit sebelum dibilas dengan air dan sampo.

Madu

Foto: Ladiestory.id

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya untuk tubuh, namun madu juga bisa menjadi salah satu bahan untuk perawatan kesehatan kulit. Bahkan, madu juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk merawat rambut. Salah satunya yaitu mengatasi permasalahan rambut bercabang.

Hal ini dikarenakan madu memiliki banyak kandungan seperti mineral, vitamin, dan kaya akan antioksidan. Sehingga, madu dapat melindungi rambut dari radikal bebas. Lalu, madu juga memiliki kandungan humektan. Kandungan ini sangat baik digunakan bagi pemilik rambut kering. Pasalnya, pemilik rambut kering akan sering mengalami rambut bercabang.

Caranya mudah, Kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok madu di dalam 4 cangkir air hangat. Sebelum diaplikasikan, sebaiknya Kamu keramas terlebih dahulu. Setelah itu, bilas rambut yang sedang dicuci menggunakan campuran madu dan air hangat. Lalu biarkanlah beberapa menit saja sebelum dibilas dengan air bersih.

Lidah Buaya

Foto: Kupastuntas

Lidah buaya bukan lagi menjadi rahasia umum untuk berbagai masalah kecantikan, baik kulit maupun rambut. Termasuk mampu mengatasi permasalahan kulit rambut bercabang. Tak hanya mengatasi rambut bercabang. Lidah buaya juga memberikan manfaat melembapkan rambut yang kering.

Bahkan, lidah buaya mampu mengatasi rambut yang rusak hingga menstimulasi pertumbuhan rambut, sehinga terhindar dari rambut rontok. Caranya pun mudah, Kamu hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya langsung ke rambut. Lalu pijat-pijat sebentar sebelum dibilas dengan air.

s