Tak Lekang Oleh Waktu, Ini 7 Tempat Makan Legendaris di Jakarta

Rabu, 3 Agustus 2022 | 22:00:00

Tak Lekang Oleh Waktu, Ini 7 Tempat Makan Legendaris Di Jakarta

Tempat makan legendaris di Jakarta. (Special)

Ladiestory.id - Meskipun banyak tempat makan baru yang bermunculan di Jakarta setiap bulannya, hanya beberapa yang bisa bertahan dalam beberapa dekade. 

Untuk bisa bertahan, kualitas rasa dan pelayanan serta kekhasan dan keunikan sajian tentunya menjadi faktor utama. Di Jakarta ada beberapa tempat makan yang mendapat julukan ‘Legendaris’, lantaran sukses bertahan lebih dari tiga dekade.

Bahkan masih ada tempat makan yang berdiri sejak jaman kolonial. Tentunya, tempat makan ini tidak kalah popularitasnya dengan tempat makan modern. Pun, tempat makan legendaris ini seringkali menjadi wisata sejarah dan mengenang masa lampau.

Berikut ini 7 tempat makan legendaris yang ada di Jakarta yang masih terjaga citarasanya hingga saat ini.

Kopi Es Tak Kie (Sejak 1927)

Kopi Es Tak Kie. (Special)

 

Kedai kopi dengan suasana klasik ini sudah berdiri sejak 1927. Kamu bisa melihat dari papan nama dan hiasan dinding yang masih ada sejak zaman dahulu. Jenis kopi yang ditawarkan memang kurang variatif, namun rasanya tidak akan kamu temukan di tempat lain. Salah satu menu wajib yang harus kamu cicipi adalah es kopi susu yang bisa dinikmati dengan harga Rp3.000. Terletak di Gang Gloria, Glodok, Jalan Pintu Besar Selatan, Jakarta Barat dan buka dari Senin-Kamis, mulai pukul 06.30-14.00 WIB dan Jumat-Minggu pukul 06.30-12.30 WIB.

Ragusa Es Italia (Sejak 1932)

Ragusa Es Italia. (Special)

 

Suasana tempo dulu langsung terasa begitu kamu memasuki tempat ini. Mulai dari eksterior dan interior ruangan dan juga perabotan yang dimiliki. Kamu juga bisa melihat pendiri Ragusa di tahun 1932, yaitu Luigia dan Vicenzo Ragusa serta anggota keluarga yang lain, seperti Pasquale dan Fransisco.

Terkenal dengan berbagai es krim spagetthi, kamu bisa menikmati berbagai jenis es krim yang unik dengan harga mulai dari Rp15 ribuan. Ragusa menawarkan es krim spagetthi dengan rasa yang bikin penasaran. Lokasinya terletak di Jalan Veteran, Jakarta Pusat dan buka setiap hari dari pukul 10.00-19.00 WIB.

Soto Betawi H. Ma’ruf (sejak 1940)

Soto Betawi H. Ma’ruf. (Special)

 

Soto Betawi H. Ma’ruf bin Said ini layak masuk dalam daftar tempat makan legendaris di Jakarta. Sebelumnya sang pendiri kuliner sempat berkeliling menjajakan dagangannya dengan pikulannya hingga akhirnya bisa memiliki popularitas dan nama besar seperti sekarang ini. Soto ini memiliki warna kuah yang lebih gelap, isinya yang banyak, antara tulang muda dan tulang rawan. Siapapun yang menikmatinya akan dibuat terkesan oleh rasa. Soto ini bisa kamu nikmati dengan harga Rp38 ribuan per porsi. Terletak di Pramuka Nomor 64, Jakarta Timur, dan buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

Restoran Trio (sejak 1947)

Restoran Trio. (Special)

 

Di Restoran Trio, kamu memang tidak menemukan spot instagramable. Tapi soal kuliner dengan kualitas rasa yang istimewa dan melegenda, kamu di tempat yang tepat.

Tempat makan legendaris di Jakarta ini merupakan restoran yang menyajikan Chinese food dengan cita rasa Kanton. Ada lebih dari 200 menu makanan yang ditawarkan dengan 42 makanan yang direkomendasikan secara khusus untuk pelanggan, seperti ayam nanking, sup burung walet dan gohiong. 

Kamu bisa menikmati aneka menu khas Tiongkok dengan harga kisaran Rp50-Rp100 ribuan. Terletak di Jalan RP. Soeroso, Jakarta Pusat. Dan buka setiap hari mulai pukul 10.00-14.00 WIB dan 17.00-21.30 WIB.

Bakmi Gang Kelinci (sejak 1957)

Bakmi Gang Kelinci. (Special)

 

Tidak hanya identik dengan lagu legendaris yang dinyanyikan Lilis Suryani, di Gang Kelinci juga terdapat bakmi legendaris. Bakmi Gang Kelinci yang sudah berdiri sejak 1957 ini sangat populer di Jakarta. Hampir setiap hari tempat ini ramai oleh pengunjung.

Terletak di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Bakmi Gang Kelinci menyajikan berbagai menu berbahan dasar mi. Tersedia pula dimsum yang enak. Kamu bisa menikmati menu bakmi dengan harga Rp 25 ribuan per porsi. Buka setiap hari mulai pukul 7.00 hingga 21.00.

Rumah Makan Sepakat (sejak 1969)

Rumah Makan Sepakat. (Special)

 

Jika kamu ingin menikmati kuliner khas Minang di Jakarta, Rumah Makan Sepakat bisa jadi solusi yang tepat. Kamu bisa menemukan beragam makanan khas Minang yang terkenal dengan citarasa gurih, pedas dan bersantan. Menu spesial yang bisa kamu pesan di sini adalah gulai gajebo. Kamu bisa menikmati gulai dengan isian daging sapi, yang diambil pada bagian punuknya. Lemak tebal yang menempel di bagian daging dimasak asam padeh, tanpa santan dan hanya menggunakan air kelapa. Kamu bisa menikmati menu-menu di Rumah Makan Sepakat dengan harga mulai dari Rp23 ribuan. Terletak di Jalan Melawai, Jakarta Selatan, dengan jam operasional setiap hari pukul mulai 10.00-18.00 WIB.

Laksa Betawi Asirot (sejak 1978)

Laksa Betawi Asirot. (Special)

 

Laksa Betawi Asirot terkenal dengan rasa rempah yang kuat memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Gabungan bumbu khas Indonesia seperti lengkuas, jahe, kunyit, biji pala, jinten, lada, serai, kemiri, daun jeruk, daun salam, ketumbar serta rebon memberikan cita rasa yang khas. Apalagi tambahan santan memunculkan sensasi gurih yang mengesankan.

Dengan isian laksa, seperti tahu, telur hingga daging semur, yang dihidangkan bersama ketupat, daun kucai, tauge dan bawang goreng menjadikan kuliner yang terletak di Jalan Asirot, Jakarta Selatan ini menjadi melegenda. Buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 21.00, dan dengan harga Rp20 ribuan per porsi kamu sudah bisa menikmati Laksa yang lezat ini.

s