Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | TRAVEL | TAMAN NASIONAL BUNAKEN: LOKASI, HARGA TIKET, FASILITAS

Taman Nasional Bunaken: Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas

LS Travel
Penulis: LS Travel
Kamis, 03 Juni 2021 | 07:02:35
Durasi baca: 4 menit, 58 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Taman Nasional Bunaken: Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas

Foto: Unsplash/Crispin Jones

Taman Nasional Bunaken adalah objek wisata yang paling populer di kota Manado, Sulawesi Utara. Taman ini merupakan taman nasional laut pertama di Indonesia yang diresmikan pada tahun 1991, luas taman laut ini adalah 89.065 ha.

Jalur perairan laut taman ini termasuk dalam wilayah Segitiga Emas yang menghubungkan laut Papua, Filipina, dan Indonesia. Taman ini memiliki biodiversitas laut yang tertinggi di dunia dan membuatnya menjadi kawasan laut favorit para wisatawan. 

Kekayaan biota laut Taman Nasional Bunaken dengan banyaknya terumbu karang menjadi daya tarik utama yang membuat taman ini sangat populer.

Baca juga: Taman Nasional Ujung Kulon: Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Bunaken

Untuk bisa masuk ke taman ini Anda harus membayar sejumlah uang. Ada dua jenis tiket masuk Taman Nasional Bunaken yang bisa Anda pilih, yaitu tiket per sekali masuk dan tiket satu tahun. Tiket 1 tahun ini cocok untuk Anda yang sering berkunjung ke tempat ini.

Wisatawan yang membeli tiket 1 tahu akan mendapat lencana sebagai pengganti tiketnya. Tiket masuk bisa Anda beli di Taman Nasional Bunaken. Anda juga bisa membelinya di counter tiket desa Liang atau Siladen. 

HTM Taman Nasional Bunaen per orang:

  • Tiket masuk wisatawan domestik = Rp5.000
  • Tiket masuk wisatawan Mancanegara = Rp150.000

Jam Buka Taman Nasional Bunaken

Adapun jam operasional atau jam buka dari tempat wisata Taman Nasional Laut Bunaken ini adalah setiap hari selama 24 jam. Jadi Anda bisa mengunjungi tempat ini kapanpun Anda mau.

Baca juga: Sempat Cinta Lokasi, Kisah 10 Pasang Seleb Ini Berakhir di Pelaminan


Daya Tarik Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Laut Bunaken terkenal akan keindahannya dan sangat populer di kalangan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di taman nasional ini, nah berikut adalah beberapa daya tarik dan aktivitas yang bisa Anda lakukan:

  1. Wahana Banana Boat

Bagi Anda yang suka dengan olahraga air, maka Anda bisa mencoba wahana banana boat yang ada di Taman Nasional Bunaken. Wahana air yang satu ini cukup menantang adrenaline dan bisa Anda lakukan bersama teman ataupun keluarga.

Kapasitas maksimal dari wahana banana boat ini adalah lima orang. Anda tidak perlu khawatir jika jatuh, karena ketika menaiki wahana ini Anda akan dilengkapi dengan life jacket selama permainan berlangsung.

  1. Menyelam

Pesona laut di taman nasional ini sangatlah indah, nah bagi Anda yang ingin melihat keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken, Anda bisa menyelam. Namun Anda disarankan datang pada bulan Mei – Agustus karena arus air pada bulan tersebut cukup tenang dan hangat.

Kawasan ini memiliki puluhan titik selam dengan kedalaman yang bervariasi. Di kawasan ini ada 13 jenis dinding karang raksasa yang menjulang tinggi dan melengkung. Pemandangan dalam laut di kawasan ini sangat mempesona dengan keunikan terowongan-terowongan bawah lautnya.

Baca juga: 7 Lokasi yang Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga

  1. Snorkeling

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Taman Nasional Bunaken adalah snorkeling. Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa ada puluhan titik indah yang bisa Anda nikmati pesona bawah lautnya dengan menyelam. 

Nah semua tempat tersebut bisa Anda kunjungi, terutama bagi Anda yang sangat menyukai snorkeling. Titik-titik tersebut memiliki ribuan jenis spesies ikan dan terumbu karang yang indah. Anda juga bisa melihat berbagai variasi rumput laut di dalamnya.

  1. Wisata Edukasi dan Konservasi

Selain sebagai tempat wisata, Taman Nasional Bunaken juga menjadi kawasan konservasi penting secara global. Ekosistem terumbu karang yang ada di taman ini sangat penting untuk mendukung kelestarian organisme laut yang ada. 

Terumbu karang berfungsi melindungi biota laut dari aktivitas arus dan gelombang. Taman Nasional Bunaken berfungsi sebagai tempat pelestarian keanekaragaman hayati laut dan pesisirnya. Selain itu, taman ini juga berfungsi sebagai pendukung mata pencaharian masyarakat sekitar.

  1. Bermain di Pantai

Selain menikmati keindahan laut di Taman Nasional Bunaken, Anda juga bisa bermain di pesisir pantai Taman Nasional Bunaken. Anda bisa menikmati panorama indah di tepi pantai sambil bersantai.

Baca juga: Wujudkan Liburan Impian dengan Berburu Hotel dan Tiket Pesawat Murah

Anda juga bisa menyusuri garis pantai dan bermain bersama teman atau keluarga, tentunya hal ini akan membuat liburan Anda menjadi lebih menarik.

  1. Kuliner dan Oleh-Oleh

Taman Nasional Bunaken mempunyai tempat kuliner dengan berbagai hidangan yang khas. Anda bisa mencicipi Cakalang Fufu, tinutuan, Sambal Roa, dan berbagai menu lainnya. Anda bisa menikmati seafood segar dengan dipadukan beraneka ragam makanan khas Manado.

Di tempat ini Anda juga bisa berburu oleh-oleh yang tersebar di tempat pusat oleh-oleh Manado. Di kawasan Taman Nasional Anda bisa berburu oleh-oleh untuk dibagikan kepada keluarga Anda di rumah.

  1. Menonton Festival

Setiap tahun, pemerintah kota setempat mengadakan Festival Bunaken yang mana festival ini selalu diminati oleh para wisatawan. Festival ini juga merupakan salah satu upaya dukungan untuk pengembangan pariwisata Taman Nasional Bunaken ini.

Keindahan dari Taman Laut Bunaken menjadi salah satu incaran dari wisatawan lokal maupun luar negeri. Kunjungi dari para wisatawan selalu ramai setiap tahunnya, terlebih lagi ketika festival. Kemeriahan festival ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Baca juga: Mendadak Shawn Mendes, Prambors Bagi-Bagi Tiket Gratis

  1. Daya Tarik Lain

Selain beberapa daya tarik di atas tadi, sebenarnya masih banyak aktivitas dan daya tarik lain di Taman Nasional Bunaken yang tidak bisa kami jelaskan satu per satu karena akan sangat panjang. Berikut ini adalah daya tarik lain Taman Nasional Bunaken beserta penjelasan singkatnya saja:

  • Eksplorasi Keindahan Perairan di Taman Nasional Bunaken
  • Berenang di Laut Taman Nasional Bunaken
  • Memancing lebih dari 90 spesies ikan yang ada di Taman Nasional Bunaken
  • Melihat berbagai satwa dan biota di Mangrove Trail Taman Nasional Bunaken
  • Dan masih banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di tempat ini.

Fasilitas Taman Nasional Bunaken

Ada banyak fasilitas yang bisa Anda gunakan di Taman Nasional Bunaken, termasuk penginapan yang pilihannya juga cukup banyak. Anda bisa memilih penginapan yang strategis. 

Selain itu akomodasi juga sudah tersedia lengkap, jadi Anda tidak perlu khawatir akomodasi ketika akan berlibur ke tempat ini. Mulai dari tempat menginap, sewa alat, tempat makan, dan transportasi bisa Anda dapat dengan mudah.

Anda juga bisa menyewa alat selam beserta instrukturnya di tempat ini. Para instruktur di tempat ini sudah menguasai bahasa Inggris, Belanda, Perancis, dan Jerman. Jadi bagi wisatawan mancanegara akan sangat terbantu.

Lokasi Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken berada di perairan laut Bunaken, Wori, Sulawesi Selatan. Untuk bisa sampai di tempat ini Anda harus menggunakan perahu motor dari Teluk Manado. Jadi selama perjalanan Anda juga bisa melihat pemandangan sekitar.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang Taman Nasional Bunaken. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda sebelum berkunjung langsung ke teman nasional ini.

Bunaken Lokasi Tiket

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Travel