Taman Nasional di Indonesia Yang Wajib Dijadikan Destinasi Wisata

Selasa, 10 November 2020 | 13:44:58

LS Travel

Penulis : LS Travel

Taman Nasional Di Indonesia Yang Wajib Dijadikan Destinasi Wisata

Indonesia punya hamparan alam luas yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah pun menyimpan flora dan fauna langka yang sangat beraneka ragam. Tumbuhan dan hewan-hewan langka ini dilindungi di kawasan taman nasional yang ada di seluruh Indonesia.

Bukan cuma satu, ada banyak taman nasional di Indonesia yang semuanya menyimpan keunikan dan keindahan tersendiri. Tak heran jika berbagai destinasi teman nasional di Indonesia berikut tak cuma jadi kawasan observasi, konservasi dan penelitian tapi juga wisata alam yang populer.  Penasaran taman nasional apa saja yang bisa kamu kunjungi di Indonesia? Simak berbagai taman nasional yang ada di Indonesia berikut!

Taman Lorentz

Berikutnya, ada taman nasional Lorentz yang berlokasi di daratan Papua. Walaupun berada di ujung peta negara Indonesia, pemkamungan dan keindahan alamnya tidak akan pernah tergantikan, lo. Taman ini memiliki luas 2,4 juta hektare dan merupakan tempat berdiamnya suku asli Papua, seperti suku Dani Barat, suku Asmat, suku Nduga, dan suku Sempan. Taman Lorentz juga pernah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1999.

Taman Ujung Kulon

Di Indonesia, jika kamu ingin melihat badak bercula satu (Rhineceros sondaicus) bisa berkunjung ke taman nasional Ujung Kulon. Tempat wisata yang satu ini mempunyai luas 107.489 hektare dan merupakan Situs Warisan Dunia karena dipenuhi habitat dari berbagai satwa liar dan satwa yang hampir punah. Satwa liarnya, seperti merak, banteng, kera ekor panjang, babi hutan, ayam hutan, dan masih banyak lagi. Keindahan alam yang bisa kamu nikmati di sini antara lain, pasir putih yang berada di paling ujung barat Pulau Jawa.

Taman Nasional Pulau Komodo

Kawasan favorit wisatawan ini memiliki pulau yang masih termasuk ke dalam areanya, yaitu Pulau Rinca dan Pulau Padar. Taman nasional Komodo menjadi habitat hewan Komodo dan rumah bagi satwa langka lainnya.  Di sini pula kamu bisa melihat bentangan alam berupa panorama laut yang sangat indah dan menjadi kawasan diving paling favorit.

Taman Baluran

Taman nasional Baluran di Jawa Timur ditetapkan pada tahun 1980 dan lebih dikenal Africa Van Java. Berkunjung ke taman Baluran di Jawa Timur ini kamu bisa mengunjungi beberapa tempat, yakni Padang Savana Bekol, hutan hijau Evergreen Forest, hingga keindahan bawah laut di Bama. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi tempat bersejarah yang ada di sana, seperti Gua Jepang dan Candi Bang.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Lanjut, kamu termasuk traveler yang menyukai pemkamungan gunung? Pergi berlibur ke taman Gunung Gede Pangrango bisa jadi pilihan yang tepat, lo! Di sini matamu akan dimanjakan dengan panorama gedung yang indah dan memukai. Taman ini pun mempunyai aneka ragam ekosistem dan flora yang khas serta dilindungi. Biasanya panyak pendaki yang berkunjung ke kawasan air terjun, telaga, serta melakukan outbond dan paintball di sana.

Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Taman Nasional didefinisikan sebagai kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Saat ini terdapat 50 Taman Nasional di Indonesia, yang pengelolaannya di bawah Kementerian Kehutanan Republik Indonesia. Bagaimana kamu tertarik untuk liburan di Taman Nasional tidak ladies?