Tampak Mengerikan, 6 Manfaat Akupuntur bagi Kesehatan

Jumat, 17 Juni 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tampak Mengerikan, 6 Manfaat Akupuntur Bagi Kesehatan

Ilustrasi akupuntur. (Special)

Ladiestory.id - Akupuntur merupakan suatu terapi tradisional yang kerap digunakan oleh orang Tiongkok. Terapi tersebut menggunakan jarum tipis yang dimasukkan dalam kulit.

Tak sembarangan, jarum tersebut ditusukkan pada titik-titik tertentu di tubuh sesuai dengan permasalahan kesehatan. Sehingga, pengobatan tradisional dari Tiongkok kuno ini kerap dilakukan oleh orang zaman sekarang.

Pada dasarnya, akupuntur ini memiliki tujuan untuk menyeimbangkan energi tubuh. Meski menggunakan jarum, namun terapi tersebut tidak menyebabkan rasa sakit seperti yang dibayangkan. Terapi akupuntur pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Meredakan Sakit Nyeri Kronis

Ilustrasi sakit punggung. (Special)

Salah satu manfaat akupuntur adalah membantu meredakan sakit nyeri kronis. Terutama pada nyeri pada bagian punggung bawah dan lutut lantaran osteoarthritis.

Penelitian ini diterbitkan Pain pada Mei 2017 yang menuliskan sebuah fakta terkait manfaat akupuntur. Sebanyak 18 ribu pasien nyeri kronis lalu melakukan akupuntur, telah merasakan rasa sakit yang berkurang setidaknya 12 bulan.

Lantas University Medical Center of Berlin juga melakukan sebuah penelitian. Pihaknya mengatakan, pasien yang memiliki permasalahan nyeri kronis memiliki perubahan signifikan seusai akupuntur. Bahkan, penurunan rasa nyeri ini dapat dirasakan selama 8 minggu.

Membantu Mengurangi Migrain dan Sakit Kepala

Ilustrasi sakit kepala. (Special)

Manfaat akupuntur yang satu ini menurut penelitian yang telah dilakukan pada 2019. Penelitian tersebut dilakukan oleh Center for Complementary Medicine di University of Munich. Dalam penelitiannya, mereka melibatkan 2.137 pasien yang melakukan terapi akupuntur. Lantas,, mereka menyimpulkan terapi tersebut menjadi alat non farmakologis.

Mereka menyampaikan bahwa terapi tersebut meringankan sakit kepala ataupun migrain. Pasalnya, penempatan jarum di daerah strategis bisa mengurangi sakit kepala.

Meredakan Radang Sendi

Ilustrasi peradangan. (Special)

Terapi akupuntur juga bisa meredakan penyakit radang sendi atau arthritis. Terutama radang sendi yang terjadi di lutut. Bahkan, jika penyakit tersebut masih dalam golongan ringan atau sedang, terapi akupunktur dapat menyembuhkan penyakit tersebut secara sempurna. Namun, memang jika kondisi penyakit artritis lebih berat, maka akupunktur harus disertai dengan obat antinyeri.

Mengontrol Tekanan Darah

Ilustrasi pereiksa tekanan darah. (Special)

Tekanan darah yang tinggi menjadi salah satu permasalahan yang kerap dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia. Terlebih, penyakit ini sangat sering diderita oleh orang dewasa hingga lanjut usia (lansia). Tekanan darah yang meningkat biasanya disebabkan oleh stres dan obesitas tinggi. Salah satu cara mengontrol tekanan darah dapat dilakukan dengan terapi akupuntur secara teratur.

Agar hasil lebih maksimal, terapi akupuntur bisa disertai dengan perawatan medis yakni sistem kardiovaskular dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Jika kedua cara tersebut dilakukan secara rutin maka tekanan darah dapat lebih terkontrol.

Meningkatkan Kesuburan

Ilustrasi hamil. (Special)

Bagi pasutri yang memiliki permasalahan terkait kesuburan, terapi akupunktur dapat menjadi solusinya. Pasalnya, akupuntur dapat membantu hormon menjadi seimbang.

Akupuntur ini dapat dijadikan sebagai pengobatan adjunktif atau tambahan yang kerap dilakukan pada pasangan yang sedang program hamil. Namun alangkah baiknya, pasangan yang sedang melakukan program hamil, mengonsultasikan terapi akupuntur dengan spesialis kandungan.

Mengatasi Gangguan Tidur

Faktor Pemicu Tubuh Terasa Lelah (Special)

Tak hanya bermanfaat sebagai kesehatan, namun terapi akupuntur dapat membantu orang yang memiliki gangguan insomnia. Terapi akpuntur dapat membuat energi tubuh menjadi lebih seimbang.

Selain itu terapi akupuntur juga dapat merangsang sistem saraf dengan benar. Sehingga akupuntur memberikan manfaat bagi orang-orang yang memiliki permasalahan insomnia.

Kebanyakan penderita insomnia memiliki rasa cemas yang berlebihan lantaran tak bisa beristirahat dengan tenang dan cukup. Nah, terapi akupuntur ini pun dapat membantu menenangkan rasa cemas pada penderita insomnia.

s