5 Tanda Luka Batin yang Kamu Alami Perlahan Mulai Pulih

Rabu, 14 September 2022 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Tanda Luka Batin Yang Kamu Alami Perlahan Mulai Pulih

Ilustrasi perempuan sedih atau galau. (Special)

Ladiestory.id - Memang menyembuhkan luka batin itu cukup sulit dilakukan, butuh perjuangan lebih keras, dan waktu yang cukup lama. Namun, bukan berarti bahwa luka batin tidak dapat pulih. Selama kamu tetap berusaha, yakinlah luka batin itu akan sembuh.

Jika kamu mengalami kesulitan untuk menyembuhkan luka batin, Ladiestory.id telah merangkum apa saja usaha yang dapat kamu lakukan seperti di bawah ini. Simak yuk!

Mampu Menerima

Ilustrasi orang merasa bersalah. (Special)

Jika dulu kamu sering berpura-pura untuk baik-baik saja dan menyangkal perasaan itu, maka sekarang waktunya untuk berubah. Kamu harus memulai untuk mampu menerima dan mengizinkan bahwa luka batin itu ada di dalam hatimu.

Kamu tidak perlu lagi berusaha keras untuk membuangnya. Lambat laun, kamu akan tersadar, bahwa luka batin itu memang harus diterima dengan lapang dada. Jika kamu mengalami tanda tersebut, itu artinya luka batinmu akan segera pulih. 

Mulai Konsisten dan Lakukan Kebiasaan Positif

Ilustrasi tubuh berenergi. (Special)

Untuk menyembuhkan luka batin, kamu bisa alihkan perhatianmu ke dalam hal-hal yang positif, seperti berolahraga, meditasi, menulis buku harian, atau membaca. Dengan melakukan beberapa kebiasaan positif tersebut, kamu pasti dapat mengatasi luka batinmu.

Lakukanlah kegiatan-kegiatan positif yang bisa membantumu dalam mengelola emosi-emosi yang muncul akibat luka batin. Dengan begitu, kamu tidak akan terlalu tenggelam di dalamnya. 

Selalu Bersyukur Atas Apa yang Dialami

Foto: ruang terang pikiran rakyat

Bersyukur bukan hanya ditunjukkan untuk suatu kebahagiaan saja, namun juga ditunjukkan untuk segala nikmat yang telah Tuhan berikan dalam hidup ini. Kamu juga dapat bersyukur atas usaha yang telah dilakukan sampai di titik ini.

Meskipun kamu teringat betapa sakitnya luka itu, namun mulailah coba untuk bersyukur atas usaha yang kamu lakukan dan berjuang untuk pulih. Itu artinya, kamu sudah mulai sembuh dari luka batin yang kamu alami. Untuk melupakan rasa sakit memanglah sulit, tetapi kamu sudah hebat karena mampu melangkah sejauh ini untuk sembuh.

Keinginan untuk Balas Dendam Mulai Hilang

Ilustrasi Perempuan Bahagia. (Special)

Rasa marah dan keinginan untuk membalas dendam terhadap rasa sakit yang diberikan seseorang kepadamu memang normal terjadi. Akan tetapi, sebaiknya kamu berusaha untuk menghilangkan perasaan dan keinginan itu.

Ingatlah, bahwa hidup tidak akan tenang apabila kamu masih terkurung dengan semua itu. Nah, jika kamu sudah tidak merasakan kebenciaan dan amarah kepada orang yang berbuat jahat kepadamu, bahkan pikiran untuk balas dendam pun juga akan hilang. Maka, kamu maju selangkah dari pemulihan luka batin.

Mulai Berdamai dengan luka Batin Tersebut

Foto: Ladiestory.id

Berdamai dengan luka batin itu sendiri menjadi tahap akhir dalam perjuanganmu menyembuhkannya. Kamu mulai mampu memaafkan perbuatan orang yang menggoreskan luka tersebut, bahkan rasa sakitnya pun mulai memudar.

Dengan berdamai dan memaafkan masa lalu, akan membuka jalan baru untuk kehidupanmu. Sekalipun luka itu masih meninggalkan bekas, kamu mampu mengatasinya dan itu sudah tidak begitu menyakitkan.

s