Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | PARENTING | TANPA OBAT, 5 CARA MEREDAKAN BATUK PADA ANAK SECARA ALAMI DAN AMAN

Tanpa Obat, 5 Cara Meredakan Batuk pada Anak Secara Alami dan Aman

LS Parenting
Rabu, 27 Januari 2021 | 02:53:50
Durasi baca: 2 menit, 29 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tanpa Obat, 5 Cara Meredakan Batuk pada Anak Secara Alami dan Aman 

Batuk merupakan reaksi alami tubuh untuk melakukan pertahanan terhadap virus, bakteri, dan kotoran yang menyerang tubuh. Batuk pada anak umumnya disebabkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi. 

Batuk pada anak sering kali membuat mereka rewel, tidur terganggu, nafsu makan menurun, hingga muntah. Meski begitu, mama tak perlu khawatir. Batuk pada anak bukan kondisi yang berbahaya dan sebagian besar dapat sembuh dengan sendirinya. 

Namun, jika batuk tak kunjung reda atau sembuh, mama harus segera ditangani. Untuk mengatasinya, tak selalu menggunakan obat. Batuk bisa diatasi dengan bahan-bahan alami yang tentunya aman bagi si kecil. Nah, berikut ini cara meredakan batuk anak menggunakan bahan-bahan alami 

Baca juga: Pilihan Produk Serum Garnier Yang Cocok Untuk Mengembalikan Kulit Yang Kusam dan Berjerawat

Air Putih Hangat 

Air putih memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, air putih juga dapat meredakan batuk anak. Berikan air putih hangat pada anak ketika batuk. Air putih hangat membantu mengencerkan dahak dan meredakan rasa gatal di tenggorokan. 

Ditambah, air putih dapat mengurangi rasa sakit di dada serta mengencerkan ingus dab lendir. Pastikan mama kebutuhan air putih si kecil terpenuhi agar batuk dapat reda dengan cepat. 

Madu 

Madu memiliki kandungan antibakteri yang dapat melawan infeksi dan cara meredakan batuk anak. Bahkan madu lebih efektif mengatasi baruk daripada obat yang mengandung dextromethrophan, kandungan utama dalam obat batuk. 

Berikan satu sendok teh madu yang dicampur segelas air putih hangat pada anak. Berikan sebanyak tiga kali dalam sehari. Namun, perlu diingat madu tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia satu tahun karena dapat menyebabkan botulisme atau keracunan. 

Air Lemon 

Air lemon telah dikenal lama dapat mengatasi batuk, baik batuk kering maupun berdahak. Kandungan dalam lemon mampu mengatasi rasa gatal di tenggorokan serta meredakan pilek dan infeksi di saluran pernapasan. 

Baca juga: Alasan Animal Testing Harus Dihentikan Pada Sebuah Produk Kecantikan


Berikan si kecil tiga sendok teh perasan air lemon sebanyak tiga kali selama sehari sebelum makan karena rasa asam lemon dapat melukai lambung. Untuk mengurai rasa asam, mama dapat menambahkan madu. Ingat perasaan air lemon dan madu ini hanya boleh diberikan pada anak usia setahun ke atas. 

Air Jahe 

Cara meredakan batuk anak selanjutnya adalah air jahe. Rasanya yang pedas dapat mengatasi batuk serta sakit di tenggorokan. Selain itu, jahe juga mencegah rasa mual akibat batuk dan menghangatkan tenggorokan serta tubuh. 

Mama dapat membuat seduhan air jahe dengan merebus beberapa iris jahe dan air, lalu tambahkan sedikit madu atau gula. Berikan 100 mililiter air jahe pada si kecil sebanyak tiga kali dalam sehari sehabis makan. Pastikan si kecil sudah berusia satu tahun ke atas ya. 

Bawang Merah 

Tak hanya dikenal sebagai bumbu masak, bawang merah telah lama digunakan untuk pengobatan, termasuk mengobati batuk. Untuk memanfaatkannya, iris beberapa siung bawang merah, lalu tempelkan irisan bawang dalam piring dan letakkan di samping tempat tidur si kecil atau di beberapa sudut ruangan. 

Dengan demikian, anak akan menghirup uap yang keluar dari irisan bawang. Uap ini diyakini bisa membantu meredakan batuk serta pilek pada anak. Nah, itu dia lima cara meredakan batuk anak. Mama bisa mencobanya di rumah ketika si kecil sakit. 

Baca juga: 5 Cara Alami Mencegah Insomnia



Obat batuk anak Cara meredakan batuk anak Cara menghilangkan batuk anak Mencegah batuk pada anak Cara mengobati batuk anak

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting