Perangi Stunting di Indonesia, Teman Bumil Kerja Sama dengan Bidan

Senin, 12 September 2022 | 22:30:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Perangi Stunting Di Indonesia, Teman Bumil Kerja Sama Dengan Bidan

Teman Bumil dan Bidan Yogyakarta. (Special)

Ladiestory.id - Stunting merupakan kondisi ketika balita memiliki tinggi badan di bawah rata-rata akibat asupan gizi yang didapatkan dalam waktu panjang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Masalah ini tidak bisa dianggap sebelah mata sebab berpotensi memperlambat perkembangan otak anak dan meningkatkan risiko penyakit kronis di kemudian hari, seperti obesitas, diabetes, dan hipertensi. 

Untuk itu, Presiden RI, Joko Widodo, mengharapkan kasus stunting di Indonesia dapat menurun dan menargetkan akan menyentuh angka 14 persen pada 2024. Demi mewujudkan hal tersebut, aplikasi Teman Bumil, Dexa Group, dan Argon Group turut berkontribusi dalam Program Percepatan Penurunan Stunting. 

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Dexa Medica ialah menandatangani MoU kerja sama dengan BKKBN dan meluncurkan program Pendampingan Bidan Pendamping Keluarga pada Seribu Hari Pertama Kehidupan pada Minggu (11/9/2022) di Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta.

Pada hari yang sama, dalam inisiasi Program Edukasi 1.000 Bidan dan Intervensi Stunting Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, digelar pula edukasi dengan menghadirkan sejumlah narasumber, meliputi BKKBN, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia, POGI DIY, IBI, Teman Bumil, serta brand HERBA ASIMOR.

“Secara prinsip, kami dari PT Dexa Medica mendukung pemerintah. Kita membawa teknologi kali ini, yaitu Teman Bumil. Jadi, kami juga mendukung dari sisi teknologi, bukan hanya dari sisi produk. Nah, ke depan kita akan coba lanjutkan program ini karena salah satu MoU yang kita sepakati adalah kita mengawal sampai 1.000 hari,” ungkap V. Hery Sutanto selaku Presiden Direktur Dexa Medica, dikutip dari siaran pers, Senin (12/9/2022).

Sebagai salah satu garda terdepan tenaga kesehatan, bidan memberikan dukungan sejak ibu hamil hingga sang anak mencapai usia lima tahun. Memiliki komitmen yang sama, aplikasi Teman Bumil memfasilitasi para bidan agar mudah memberikan edukasi seputar pencegahan stunting kepada Ibu melalui kolaborasi #1000BIDANCEGAHSTUNTING.

“Teman Bumil siap berkolaborasi dengan BKKBN dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dalam rangka mendukung fokus pemerintah untuk penurunan angka stunting,” jelas Ruth Retno Dewi, Chief Strategy Officer Teman Bumil.

Sementara itu, Teman Bumil merupakan aplikasi yang ditujukan untuk membantu para ibu menjalani perannya dengan lebih mudah dan nyaman.  Teman Bumil memiliki tiga pengaturan pemakaian, yaitu Program Hamil, Kehamilan, dan Tumbuh-Kembang,

Beragam fitur telah tersedia di aplikasi Teman Bumil, antara lain Rekam Medis untuk janin dan anak, Checklist kondisi Mums dan janin, Jadwal Vaksin, Milestone untuk pantau perkembangan anak, Media dan Artikel.

Setiap bulannya, Teman Bumil juga rutin mengadakan berbagai kegiatan edukasi bersama bidan melalui berbagai platform. Salah satunya segmen NGOBID (Ngobrol Bareng Bu Bidan) yang ada dalam aplikasi. Selain itu, kegiatan edukasi juga disebarkan lewat media sosial,seperti IG Live dan YouTube.

s