Sumber Taman Malang, Tempat Wisata yang Terkenal Memiliki Air Sangat Jernih

Jumat, 17 September 2021 | 07:28:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Sumber Taman Malang, Tempat Wisata Yang Terkenal Memiliki Air Sangat Jernih

Foto: Merdeka

Kota Malang merupakan salah satu kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Banyuwangi. Wilayahnya terbentang luas dari Lawang di sebelah utara hingga deretan pantai di sebelah selatan.

Sebagian besar wilayah Malang didominasi oleh gunung berapi di bagian utara, pegunungan karst di bagian selatan, dan intermountain plain (daratan antar-pegunungan) di bagian tengah yang membentang luas.

Sumber Taman, Malang

Keberadaan intermountain plain yang luas inilah yang membuat kota Malang memiliki banyak sumber air (spring) yang melimpah. Sumber air tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai penyedia air bersih hingga menjadi objek wisata seperti Sumber Maron, Sumber Sirah, dan salah satu yang yang terkenal ialah Sumber Taman.

Lalu apa sih wisata Sumber Taman itu? Yuk cari tahu selengkapnya mengenai objek wisata Sumber Taman Malang!

Letak Sumber Malang

Foto: lingkarmalang

Sumber Taman berada di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya bisa dijangkau dengan berkendara selama sekitar kurang lebih satu jam dari pusat Kota Malang.

Jika kamu memilih menggunakan angkutan umum dari Kota Malang, kamu bisa menaiki  angkot yang berkode AG, LG, GL, atau GA menuju Terminal Hamid Rusdi (Gadang). Setelah itu, perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan angkot menuju Karangsuko dan naik ojek selama sekitar 15 menit ke Sumber Taman.

Sementara itu jika kamu menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Malang, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Kecamatan Gondanglegi, dilanjutkan dengan perjalanan sekitar 10 menit menuju Desa Karangsuko sampai menemukan Masjid Darussalam.

Dari masjid tersebut, kamu lanjutkan perjalanan sekitar 0,5 km sampai bertemu pertigaan, kemudian belok kanan. Selanjutnya, ikuti saja papan penunjuk arah hingga sampai di Sumber Taman.

Wisata dengan Keindahan Alam

Foto: Merdeka

Wisata Sumber Taman memang masih tergolong sepi, walaupun masalah keindahannya tidak kalah dibandingkan sumber air lainnya. Di tempat ini, wisatawan bisa melakukan berbagai macam kegiatan, mulai piknik, kuliner, foto selfie, dan pastinya berenang.

Airnya yang berwarna biru tua jernih membuat siapapun akan tergoda untuk segera menyelaminya. Untuk kedalamnya itu tidak terlalu dalam, hanya sekitar 1 hingga 1,5 meter. Dengan kedalaman seperti itu dapat membuat siapapun merasa sangat aman untuk dipakai berenang.

Akan tetapi, untuk anak kecil, masih harus didampingi dengan penjagaan ekstra. Ketika berenang, kamu tidak usah khawatir terkena terik sinar matahari, karena pohon di sekitarnya sangat rindang.

Kepercayaan di Sumber Taman Malang

Foto: Merdeka

Konon katanya sumber air ini juga memiliki sebuah legenda dan misteri, semua tempat di Indonesia pasti memiliki legenda bahkan misteri, tak terkecuali tempat wisata ini.

Menurut kepercayaan warga sekitar, diketahui bahwa pohon-pohon besar yang berada di sekitar Sumber Taman ternyata memiliki legenda yang diketahui turun-temurun oleh warga sekitar.

Diceritakan dahulu kala ada seorang kakek tua yang melewati taman tersebut. Saat melewati taman, kakek tersebut bertemu sepasang kekasih yang sedang berduaan di taman. Karena kakek itu kelaparan, sang kakek meminta sedikit makanan yang dibawa.

Sayangnya, sepasang kekasih tersebut tak bersedia dan justru membentak sang kakek.

Tak diduga, sang kakek murka dan berubah menjadi sesosok ular raksasa. Kemudian kakek yang murka mengutuk sepasang kekasih tersebut menjadi dua pohon besar.

Anehnya, kedua pohon tersebut mengeluarkan air yang begitu deras. Kedua pohon besar tersebut kemudian dijadikan ular raksasa sebagai lokasi berdiamnya.

Aliran air deras dari pohon ini lambat laun membentuk genangan besar yang kini dikenal dengan mata air Sumber Taman. Nah kemudian kalo bicara mengenai tempat wisata pasti penasaran dengan tarif dan fasilitas nya bukan? Selanjutnya kita akan bahas sedikit mengenai tarif masuk wisata sumber taman Malang dan fasilitasnya.

Biaya Masuk Sumber Taman Lawang

Foto: surabaya.tribunnews

Sumber Taman merupakan tempat wisata yang memiliki tarif sangat murah. Dengan membayar tiket sebesar Rp3000, kamu sudah bisa menikmati segala fasilitasnya. Jika kamu membawa mobil, biaya parkirnya sebesar Rp5000 dan untuk sepeda motor Rp2000.

Jika kamu ingin menggunakan fasilitas lain, seperti toilet, wisatawan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2000 untuk biaya perawatan kebersihan. Sementara, sewa ban untuk berenang dikenakan biaya sebesar Rp5000 untuk pemakaian sepuasnya.

Sayangnya, pada objek wisata yang satu ini, kamu tidak akan menemukan penginapan. Jika kamu ingin menginap, kamu bisa cari penginapan terdekat yang biasa berada di Kecamatan Gondanglegi, atau bisa juga menginap di Kepanjen.

Semoga tulisan ini membantumu yang tertarik untuk berlibur ke Sumber Taman atau ke Kota Malang. Have fun!