6 Tempat Wisata yang Harus Dikunjungi Ketika di Kota India

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:07:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

6 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Ketika Di Kota India

Foto: The Indian Express

Ladiestory.id - India atau Bhaarat dalam bahasa Hindi adalah sebuah negara di bagian Asia Selatan. Mengutip dari Wikipedia, India adalah negara dengan populasi penduduk terbanyak kedua di dunia dan merupakan negara terbesar ketujuh di dunia berdasarkan ukuran wilayah geografis.

Sebelum merdeka pada 14 Agustus 1947, India merupakan bagian dari Britania Raya.

Negara ini terkenal dengan peradaban kunonya yang sering kita temui di mata pelajaran IPS atau Sejarah Dunia yakni Peradaban Lembah Sungai Indus. India juga tempat lahirnya empat agama yakni Hindu, Buddha, Jainisme, dan Sikhisme.

Tempat Wisata yang Harus Dikunjungi di India

Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Kota India, inilah rekomendasi 6 tempat wisata di Kota India.

1. Taj Mahal, Agra

Taj Mahal
Foto: MakeMyTrip

Bangunan di India yang paling dikenali adalah Taj Mahal dan merupakan kesaksian paling terkenal di dunia. Dinamai Mumtaz Mahal, istri kesayangan dari Kaisar Shah Jahan, paling indah dari Makam dimulai setelah kematiannya pada tahun 1631 dan mengambil 20.000 pekerja selama 22 tahun untuk menyelesaikan.

Menggabungkan banyak elemen desain Islam termasuk lengkungan, menara, kubah berbentuk bawang merah dan hitam kaligrafi hias di sekitar pintu masuk.

Taj Mahal dibangun dari marmer putih yang didekorasi dengan halus bertatahkan pola bunga dan batu-batu semi mulia seperti batu giok, lapis lazuli, berlian dan mutiara.

Waktu terbaik untuk mengunjungi adalah fajar atau senja ketika atmosfer cemerlang yang berubah.

2. Agra Fort

Agra Fort
Foto: Agra

Setelah selesai melakukan kunjungan wisata ke Taj Mahal, janganlah terburu-buru keluar dari kota Agra, India. Karena di Agra terdapat tempat wisata lainya yang sangat bersejarah, jaraknya hanya 2,5 kilometer dari Taj Mahal. Nama tempat wisata ini adalah Agra Fort.

Agra Fort, atau disebut juga dengan Benteng Agra memiliki daya tarik sebagai tempat wisata di Kota India yang menyajikan view arsitektur bangunan istana khas kerajaan Mughal. Selain itu, di dalam Benteng Agra terdapat area taman yang tertata secara baik.

Benteng Agra juga memiliki status sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Agra Fort sekaligus sebagai destinasi wisata sejarah di India yang recommended untuk dikunjungi.

3. Leh-Ladakh

Leh Ladakh
Foto: The Indian Express

Terletak di wilayah timur negara bagian Jammu dan Kashmir, Leh-Ladakh adalah pesona alam yang berada di ketinggian sekitar 2,300 hingga 5,000 mdpl. Keindahan daerah ini tak terbantahkan lagi, dengan gunung-gunung batu dan kuil Buddha yang juga memukau.

Buat kamu yang hobi mendaki gunung, destinasi wisata terindah di India satu ini wajib kamu jajal. Apalagi, medannya tergolong menantang, plus iklim yang lumayan mencekam.

Namun begitu, Stupa Shanti, Danau Pangong, gurun-dingin tertinggi Nubra Valley, Khardung-La Mountain Pass, dan Magnetic Hill yang menakjubkan hanyalah sedikit dari sekian tempat di kawasan bak negeri dongeng ini.

Dengan aliran air yang deras, puncak gunung yang diselimuti salju, jalur trekking yang bervariasi, dapat dipastikan kamu akan jatuh cinta dengan Leh-Ladakh.

4. Golden City

Golden City
Foto: Holidify

Kota ini mengambil nama untuk sebuah pasir kuning yang digunakan di sebagian besar bangunan yaitu tepatnya di Golden Jaisalmer. Di kota ini ada sebuah oase indah dengan arsitektur tua dari bukit pasir gurun Thar.

Jika kamu berkunjung sekarang ini ada banyak sekali perubahan pada kota ini, seperti ada banyak sekali rumah-rumah tua yang masih sangat indah. Rumah tersebut ada sebuah pintu gerbang yang masih sangat megah dan seolah merupakan sebuah benteng. Benteng ini biasa juga dikenal dengan nama Fort Golden.

Bangunan-bangunan pada kota ini mengambil struktur abad ke 12 yang masih sangat menakjubkan yang naik tinggi di atas kota. Di kota ini juga ada candi dan rumah-rumah tua yang masih terlihat bagus, dekorasi yang digunakan menggunakan marmer halus dan batu pasir gambar.

5. Gua Ellora

Goa Ellora
Foto: Kumparan

Ellora merupakan salah satu kompleks gua-kuil terbesar di dunia yang sepenuhnya terbuat dari batu. Ellora memiliki 100 gua, meskipun hanya 34 yang terbuka untuk umum.

Gua yang dibangun antara abad ketujuh dan kesembilan, ini dikhususkan untuk dewa Hindu, Budha, dan Jainisme. Gua Ellora merupakan sebuah lokasi bagi Anda yang menyukai tempat wisata bersejarah.

6. Tunganath Temple

Tungnath
Foto: traveltriangle

Kali ini beralih ke negara bagian Uttarakhand di India, terdapat destinasi unik yaitu Tungnath. Tungnath merupakan candi Hindu tertinggi di dunia yang terletak di ketinggian sekitar 3600 M.

Tunganath secara harfiah memiliki arti Lord of the peak, yang berarti rajanya puncak tertinggi. Candi ini terletak di pegunungan dan lembah sungai Mandakini dan Alaknanda.

Tungnath merupakan kuil yang diperuntukkan pada Dewa Siwa. Kuil ini pun terkait dengan legenda Pandawa, pahlawan dari Mahabharata. Sangat menarik ya menyelami keindahan pemandangan gunung es yang sarat akan budaya Hindu ini.  

Inilah 6 tempat wisata yang wajib di kunjungi ketika pergi ke Kota India. Kira-kira, mana yang akan kamu kunjungi pertama kali?