Terapkan Norma Sopan Santun, Berikut Pengertian dan Contohnya

Jumat, 9 Juli 2021 | 17:47:17

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Terapkan Norma Sopan Santun, Berikut Pengertian Dan Contohnya

Foto: Ladiestory.id

Dilansir dari wikipedia, Norma sopan santun adalah kaidah atau peraturan hidup bagi tingkah laku manusia yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok itu yang berisi perintah, larangan dan sanksi tertentu.

Norma kesopanan bersifat relatif, artinya apa yang dianggap sebagai norma kesopanan berbeda-beda di berbagai tempat, lingkungan, atau waktu.

Sopan santun merupakan perilaku ramah yang diperlihatkan terhadap beberapa orang di hadapannya dengan tujuan untuk menghormati dan menghormati orang itu, sehingga membuat kondisi yang nyaman serta penuh keharmonisan.

Perilaku sopan santun merupakan suatu kewajiban yang wajib dikerjakan oleh tiap-tiap kelompok mulai dari anak-anak sampai orangtua tanpa ada kecuali.

Suatu sikap atau perilaku ramah terhadap orang lain, pada apa yang ia saksikan, ia rasakan, serta dalam kondisi, keadaan apa pun disebut dengan sopan santun.

Pada intinya kita harus sopan dimana pun dan setiap saat serta dalam keadaan apa pun. Sopan santun wajib dilakukan dimana pun, seperti dirumah, di sekolah, di lingkungan orang-orang. Dasarnya sopan santun harus dikerjakan ditempat di mana ada hubungan antar individu.

Jika terdapat pelanggaran pada etika kesopanan, pelanggar juga akan mendapatkan sanksi dari orang-orang, seperti cemoohan, dikucilkan dan sebagainya.

Oleh sebab itu, semua pihak mesti mendorong tingkah laku kehidupan yang santun, saling menghormati, yang muda menghormati yang tua dan yang tua memberi teladan, agar generasi bangsa kita semakin maju.

Sopan santun adalah istilah bahasa Jawa yang bisa diartikan sebagai perilaku seseorang yang menjunjung tinggi nilai-nilai menghormati, menghargai, dan berakhlak mulia.

Sopan santun dapat dianggap sebagai norma tidak tertulis yang mengatur bagaimana seharusnya kita bersikap atau berperilaku.

Menurut etimologis sopan santun berasal dari dua kata, yakni kata sopan dan santun.

Keduanya sudah digabung menjadi sebuah kata majemuk. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sopan santun dapat diartikan sebagai berikut: Sopan artinya hormat dengan tak lazim (akan, kepada) tertib menurut adab yang baik.

Atau dapat dibilang sebagai cerminan kognitif (pengetahuan). Sedangkan santun artinya halus dan baik (budi bahasanya, tingkah lakunya), sopan, sabar, tenang atau dapat dibilang cerminan psikomotorik (penerapan pengetahuan sopan ke dalam suatu tindakan).

Jika dilihat dari asal katanya, sopan santun memiliki arti peraturan hidup yang muncul dari hasil pergaulan sekelompok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari–hari masyarakat tersebut.

Contoh Norma Sopan Santun 

Menghormati Orang yang Lebih Tua

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Berpakaian dengan Sopan dan Santun

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Tidak Meludah di Sembarang Tempat

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Tidak Berkata Kotor, Kasar dan Takabur

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Tidak Menyela Pembicaraan

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Menerima Sesuatu Selalu dengan Tangan Kanan

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Peran dari norma sopan santun sangat penting guna dipraktekkan, terutama dalam bermasyarakat, sebab norma ini sangat erat hubungannya terhadap masyarakat.

Sekali saja ada pelanggaran terhadap norma kesopanan, pelanggar akan memperoleh sanksi dari masyarakat, seperti cemoohan. Kesopanan adalah tuntutan dalam hidup bersama. Terdapat norma yang harus dipenuhi agar diterima secara sosial.

Sedangkan jika kamu berperilaku tidak sopan atau bersikap tidak tahu sopan santun hal itu biasanya disebut dengan kurang ajar.

Sanksi untuk orang yang melanggar norma kesopanan adalah tidak tegas, namun bisa diberikan oleh masyarakat, yang biasanya berupa cemoohan, celaan, hinaan, atau dikucilkan dan diasingkan dari pergaulan serta di permalukan oleh orang orang sekitar.