Terbalut Misteri, Mengulik Sejarah 6 Gedung Tua Angker di Indonesia

Jumat, 15 Oktober 2021 | 00:01:00

Terbalut Misteri, Mengulik Sejarah 6 Gedung Tua Angker di Indonesia

Foto: travel.kompas

Ladiestory.id - Pengaruh masa penjajahan Belanda masih sangat terasa di Indonesia. Kehadiran gedung tua bersejarah yang angker menjadi bukti keberadaannya. Tidak hanya bersejarah, gedung tua yang juga menjadi saksi sejarah kemerdekaan Indonesia ini memiliki banyak cerita mistis.

Gedung Tua Angker di Indonesia

Sebagian besar berasal dari testimoni dari orang-orang yang melekat pada gedung tua tersebut. Selain sejarahnya, banyak orang mengunjungi gedung-gedung tua ini untuk mencari sensasi mistis. Berikut daftar gedung tua angker di Indonesia.

1. Lawang Sewu - Semarang

Foto: Shutterstock

Terletak di dekat kantor gubernur, Lawang Sewu adalah bekas kantor NIS. Ini memiliki banyak pintu dan bangunan berusia berabad-abad masih kokoh. Namun siapa sangka ternyata banyak cerita mistis di balik kekokohannya gedung tua ini.

Bahkan ada desas-desus bahwa jika Anda masuk, tidak mungkin untuk keluar lagi. Di beberapa daerah seperti sumur purba, gapura utama, selasar, tempat penjara ada informasi bahwa makhluk halus sering muncul dari genderuwo hingga kuntilanak.

2. Batavia Café 

Foto: thecinnamonjourney

Batavia Cafe resmi dibuka pada tahun 1993. Namun secara fisik, bangunan ini sudah ada sejak tahun 1805, sebagai kantor administrasi  VOC Belanda. Bangunan klasik Eropa ini memiliki sejarah mistis yang sering muncul di malam hari. Jika Anda beruntung Anda akan bertemu dengan  Noni Belanda yang sangat cantik.

3. Benteng Rotterdam - Makassar

Foto: Flickr

Perjalanan ke Makassar belum lengkap jika tidak mampir ke Fort Rotterdam. Benteng Rotterdam yang dibangun warga sekitar jatuh ke tangan Belanda saat kerajaan Gowa Tallo sedang berperang. Pada waktu itu, pembantaian sering dilakukan oleh tentara Belanda.

Sejak itu, menurut kesaksian penduduk setempat, banyak cerita mistis yang muncul. Salah satunya adalah penampilan seorang wanita berbaju putih panjang yang berdiri kaku di depan pintu masuk Fort Rotterdam.

Temboknya tetap kokoh meski struktur bangunannya asli, terutama arsitektur Eropa. Ada "pondok setan" yang dianggap angker. Disebut demikian karena banyak orang sering mendengar erangan kesakitan atau jeritan minta tolong. Tempat tersebut dianggap sebagai tempat penyiksaan para pejuang pada masa penjajahan Belanda.

4. Istana Maimun

gedung tua angker
Foto: portoalegre.travel

Istana Maimun yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Sukaraja selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tentu saja, di sinilah Kesultanan Deli yang dipimpin oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah menggeser roda kegiatannya di akhir tahun 1800-an.

Namun, kisah Mambang Khayali yang menarik banyak wisatawan. Ada pecahan meriam yang merupakan perwujudan dari Mambang Khayali. Dia berubah menjadi meriam saat dia mencoba mempertahankan istana dari serangan musuh. Nah,  bagian dari meriam tersebut tertata rapi di Istana Maimun. 

5. Hotel Majapahit - Surabaya

gedung tua angker
Foto: surabaya.ayoindonesia

Di sinilah peristiwa robeknya bendera Belanda terjadi pada tanggal 19 September 1945. Hotel Majapahit juga menjadi saksi sejarah pertumpahan darah Arek-Arek Suroboyo melawan agresi Belanda.

Nah, beberapa cerita mistis  sering hadir di hotel ini. Salah satunya adalah di ruang Jawa di mana seorang wanita berbaju putih muncul, duduk dan terisak. Dia dikatakan sebagai hantu wanita pribumi yang dibunuh di hotel  pada masa pendudukan kolonial Belanda.

6. Benteng Vastenburg - Solo

Foto: Flickr

Jika di Yogyakarta ada Vredeburg, Solo ada Vastenburg. Benteng peninggalan Belanda ini untuk menahan serangan penguasa Surakarta pada tahun 1745, benteng Vastenburg berdiri indah dengan peralatan militer seperti parit pertahanan dengan meriam. Benteng Vastenburg, tidak bisa lepas dari sejarah mistik penduduk setempat.

Masih dalam sengketa, Benteng Vastenburg memiliki penjara bawah tanah, tempat para pejuang Indonesia ditahan saat itu. Bukan hanya dipenjara, tapi juga disiksa.

Tetapi menurut kesaksian, penampakan benar-benar muncul di depan Benteng Vastenburg. Beberapa  becak  sering melihat penampakan seorang wanita Belanda dengan kaki kuda yang berjalan pelan.

Nah itulah beberapa gedung tua yang angker di Indonesia. Sejarah dan rumor yang beredar membuat gedung-gedung tua itu dipercaya memiliki kisah mistis tersendiri dan membawa aura misteri yang melekat.