Termasuk Buah Beracun? 5 Fakta Menarik Mangga

Rabu, 29 Juni 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Termasuk Buah Beracun? 5 Fakta Menarik Mangga

Ilustrasi mangga. (Special)

Ladiestory.id - Mangga merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Warnanya yang cantik dan rasanya yang manis kerap mengundang orang untuk menyantapnya. Terlebih, mangga menjadi salah satu buah yang ditunggu saat musim panas. Hal ini membuat buah mangga mendapat julukan sebagai 'raja buah'.

Selain rasanya yang sedap, mangga juga kaya akan kandungan. Mulai dari vitamin, mineral, antioksidan, karbohidrat, hingga gula alami. Bagi pecinta buah satu ini, Kamu wajib mengetahui fakta menarik dari buah mangga.

Mangga Buah Asal India

Ilustrasi Mangga. (Special)

Banyak masyarakat yang mengira buah mangga berasal dari Indonesia. Nyatanya, mangga berasal dari India yang menyebar ke berbagai negara. Buah mangga pun cocok tumbuh di daerah dataran rendah tropis, salah satunya Indonesia. Mangga mampu bertumbuh dengan baik di negara yang memiliki suhu udara cukup tinggi.

Bahkan, buah mangga pun terbilang menyebar merata hampir di seluruh Indonesia. Hal ini membuat mangga memiliki sebutan tersendiri di setiap dareahnnya.

Seperti sebutan pao (Madura dan Sulawesi Selatan), pelem (Jawa Tengah dan Jawa timur), mamplam (Aceh), maga (Nias), ampelm (Bali), kawiley (Minahasa), ampelam (Banjarmasin), manilya, pager dan piberekari (Papua). Inilah yang membuat banyak orang mengira mangga buah asli Indonesia.

Sebenarnya, pada 327 SM, Alexander Agung merupakan orang pertama yang menemukan tanaman mangga. Alexander Agung menemukan tanaman mangga ini di lembah Indus, India.

Lantas, buah mangga ini dibawa oleh para pedagang India saat penyebaran agama Budha dan Hindu. Sekitar pada abad 4 SM, penyebaran ini dilakukan ke Semenanjung Malaysia, Indonesia, dan sekitarnya.

Ada Mangga Berkulit Ungu

Ilustrasi Mangga. (Special)

Buah mangga identik dengan kulit yang berwarja hijau, orange, atau pun kuning. Namun fakta menariknya, ada mangga yang memiliki kulit berwarna ungu dan merah. Mangga yang memiliki kedua warna ini merupakan varian mangga Osteen. Sayangnya, varian mangga ini tidak ada di Indoneisa melainkan di Florida.

Varian mangga Osteen ini telah dikembangbiakan di Pulau Merritt Florida. Bahkan, mangga jenis ini telah dikembangbiakan sejak 1935.

Buah Beracun

Mangga (Special)

Fakta menarik sekaligus mengagetkan selanjutnya adalah mangga merupakan salah satu buah beracun. Namun, beracun di sini bukan berarti akan menimbulkan efek keracunan saat dikonsumsi. Namun, mangga menjadi beracun saat daun, batang, ranting dari tanaman mangga dibakar. Tindakan inilah yang membuat mangga menjadi beracun.

Pasalnya, bagian dari daun, batang, dan ranting biasanya terdapat jamun beracun. Jika bagian tersebut dibakar, nantinya akan menimbulkan asap yang dapat mengakibatkan mata dan kulit iritasi.

Mengandung Vitamin C Lebih Banyak dari Jeruk

Ilustrasi Mangga. (Special)

Jeruk dikenal menjadi buah dengan predikat raja vitamin C. Namun faktanya, jeruk masih kalah dengan buah mangga yang memiliki kandungan vitamin C lebih banyak. Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C antara 59-83 mg. Sementara buah mangga memiliki kandungan vitamin C lebih banyak yakni mencapai 122 mg.

Tak hanya mengandung vitamin C, buah mangga juga memiliki kandungan lainnya yang berguna untuk kesehatan tubuh. Buah mangga juga memiliki kandungan kalium, tembaga, dan vitamin A.

Hal ini pun telah dituliskan dalam buku "Health Secret of Mango" yang diterbitkan oleh Pangkalan Ide Terbitan Alex Media Komputindo pada 2013. Buku tersebut menuliskan mangga memiliki berbagai kandungan nutrisi. Berbagai kandungan nutrisi tersebut dapat mencegah anemia, membuat kulit menjadi lebih cerah, menurunkan berat badan, hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Mangga Terbesar Ada di Filipina

Ilustrasi Mangga. (Special)

Bagi penggemar buah mangga, Kamu pasti ingin menyantap mangga terbesar di dunia. Lantaran pada umumnya, buah mangga hanya berukuran sebesar telapak tangan.

Namun, Kamu akan terkejut jika melihat buah mangga dengan berat 3.435 kg. Buah manga terbesar ini dimiliki oleh pasangan Sergi dan Mario Socorro Bodiongan. Pasangan ini tinggal di Filipina dan mangga tersebar di dunia ini telah dicatat dalam The Guinness Book of Records.

s