Tertarik Full Vegan, Raline Shah Fokus pada Kesadaran Diri dan Lingkungan

Kamis, 8 September 2022 | 11:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Tertarik Full Vegan, Raline Shah Fokus Pada Kesadaran Diri Dan Lingkungan

Raline Shah. (Instagram.com/ralineshah)

Ladiestory.id - Raline Shah membagi pengalaman tentang menjadi vegan atau orang yang tidak mengonsumsi produk hewani beserta turunannya. Menjadi vegan sempat dijalani oleh Raline Shah selama dua tahun saat pandemi Covid-19 sedang marak, hingga akhrinya ia memilih mengonsumsi plant based food.

"Saya sendiri sebenarnya selama pandemi, selama dua tahun itu vegan, tapi sejak dari situ sekarang lumayan lebih banyak plant based. Jadi mungkin makan daging cuman dua kali seminggu, tapi saya benar-benar tertarik untuk full vegan sebenarnya, tapi menurut saya sendiri, saya belum siap aja, dan saya rasa manusiawi aja, ya itu kan pilihan kita kan, proses," ungkapnya saat ditemui pada penayangan perdana film "Eating Our Way To Extinction" atau yang dalam bahasa Indonesia "Kisah Manusia Merangkai Punah" di Flix Cinema, Ashta District 8, SCBD, Jakarta Pusat, pada Selasa (8/9/2022).

Raline Shah saat ditemui pada penayangan perdana "Kisah Manusia Merangkai Punah" di Flix Cinema, Ashta Disctrict 8, SCBD, Jakarta Pusat, Selasa (8/9/2022). (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

"Dan kalau misalkan kita makan daging pun, kita harus tau daging itu dari mana, produksinya itu dari mana. Biasanya saya kalau makan (daging), kayak misalnya kemarin Hari Raya Haji saya masih makan, karena itu lokal daging dan disembelih khusus, dan dimasak, jadi kita jangan agresif atau secara sosial jadi aneh karena kita mau vegan sendiri. Jadi saya coba sosialisasikan veganisme ini dengan sehat dengan wajar," sambungnya.

Meski begitu, perempuan 37 tahun yang memiliki concern khusus terhadap lingkungan tersebut mengungkapkan, hal yang paling penting dari mengonsumsi produk nabati adalah kesadaran diri.

"Sejujurnya yang saya rasa paling penting itu bukan menjadi vegan, menjaga lingkungan, a, b, c, d, (tapi) yang pertama paling penting itu sebenarnya kita punya kesadaran yang baik bahwa kita bisa peduli sama diri kita sendiri, sayang sama diri kita sendiri, pelan-pelan bisa sayang sama orang-orang di sekitar kita, lama-lama ke lingkungan dan sebagainya," paparnya.

Lebih lanjut Raline mengungkapkan, seiring menjadi lebih dewasa, ia memiliki kesadaran diri untuk lebih berkontribusi terhadap bumi. Untuk itu, ia mengajak agar generasi muda turut mengambil peran dalam merawat bumi.

"Kita memang harus sadar akan keadaan yang ada, yang terjadi di bumi ini dan bumi ini sudah baik sekali kepada kita, sudah memberikan semua kenikmatan, dan kita mendapatkan banyak dari bumi ini, dan kita punya kewajiban juga menjaga bumi ini supaya keberlangsungan dengan baik dan bisa diwariskan kepada generasi seterusnya dengan baik juga," tutupnya.