1. Travel
  2. Tingkatkan Pariwisata, Indonesia Tawarkan Visa Masuk Ganda 5 Tahun
Travel

Tingkatkan Pariwisata, Indonesia Tawarkan Visa Masuk Ganda 5 Tahun

Tingkatkan Pariwisata, Indonesia Tawarkan Visa Masuk Ganda  5 Tahun

Taman Budaya GWK. (indonesia.travel.id)

Ladiestory.id - Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah, dan keindahan alam yang tiada tanding. Semua itu pun menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia.

Guna meningkatkan pariwisata, pemerintah Indonesia pun melakukan perubahan signifikan dalam kebijakan visa masuk. Langkah strategis ini melibatkan penerapan kebijakan visa lima tahun, yang memungkinkan para turis untuk tinggal di Indonesia hingga maksimal 60 hari.

Berlaku mulai 20 Desember 2023, kebijakan baru ini menandakan perubahan dari visa turis sekali masuk yang biasanya berlaku selama 30 hari. Durasi yang diperpanjang dan banyaknya entri merupakan bagian integral dari upaya komprehensif pemerintah untuk merangsang pertumbuhan ekonomi.

Terasering Tegalalang. (indonesia.travel.id)

Aspek inovatif dari kebijakan baru ini adalah fasilitasi pendaftaran online, dengan tambahan kemudahan pembayaran melalui kartu kredit, sehingga menyederhanakan proses masuk bagi warga negara asing.

Keputusan Indonesia untuk memperpanjang durasi visa sejalan dengan ambisinya untuk bersaing secara lebih efektif dengan negara tetangga. Visa turis konvensional yang berdurasi 30 hari, yang dapat diperpanjang selama 30 hari tambahan, seringkali memiliki batasan bagi mereka yang ingin tinggal lebih lama atau berkali-kali masuk.

Danau Sidihoni. (indonesia.travel.id)

Oleh karena itu, kebijakan baru ini tidak hanya mengakomodasi preferensi mereka, namun juga memfasilitasi perjalanan mereka, sehingga berpotensi menjadikan Indonesia pilihan yang lebih menarik bagi wisatawan internasional.

Berdasarkan laporan, pada 8 Desember 2023 Indonesia telah menerima hampir 10 juta wisatawan asing, sehingga melampaui target awal, yakni sebesar 8,5 juta pada tahun ini. Meskipun memiliki pencapaian ini, Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara-negara di Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam dalam hal kunjungan wisatawan secara keseluruhan.

Maka, kebijakan visa Indonesia baru-baru ini menandakan langkah berani dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pariwisata. Dengan memperpanjang jangka waktu visa dan memfasilitasi permohonan visa secara online, negara ini bertujuan untuk memposisikan dirinya sebagai destinasi yang lebih mudah diakses dan menarik di peta pariwisata global.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel