Bulu Mata Tetap Kece, Ini 7 Tips Agar Tidak Perlu Retouch Eyelash

Kamis, 2 September 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Bulu Mata Tetap Kece, Ini 7 Tips Agar Tidak Perlu Retouch Eyelash

Foto: Ladiestory.id

Eyelash merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan semua perawatan modis bulumata, seperti penggunaan bulu mata palsu atau pewarnaan bulu mata. Banyak metode perawatan bulu mata yang termasuk dalam eyelash.

Sedangkan eyelash extension adalah salah satu jenis eyelash yang dilakukan dengan cara menempelkan serat buatan ke pangkal bulu mata alami. Berbeda dengan bulu mata palsu, eyelash extension sulit rontok karena serat dipasangkan pada bulu mata dengan menggunakan perekat khusus.

Warna, panjang, dan ketebalan dari bulu mata buatan dapat diatur dengan bebas, sehingga anda dapat dengan mudah mencocokkan hasil bulu mata sesuai style kamu.

Tips Agar Tidak Perlu Retouch Eyelash                           

Memang pada umumnya, eyelesh extension bertahan satu bulan. Namun, kebanyakan kaum hawa sudah melakukan retouch eyelash setelah satu minggu pemasangan. Retouch eyelash artinya pemasangan kembali bulu mata sambungan hanya pada bagian yang rontok saja. Nah, berikut ini tips agar kamu tidak perlu retouch eyelash.

1. Hindari terkena air sebelum 24 jam setelah pemasangan

Retouch Eyelash
Foto: Ladiestory.id

Usahakan eyelash extension jangan terkena air saat awal pemasangan. Setidaknya dalam kurun waktu 24 jam setelah pemasangan. Hal ini disebabkan lem yang digunakan untuk menyambung bulu mata belum kering sempurna. Jika kamu akan mencuci muka, pastikan mata tidak terkena air atau malah sabun cuci muka tersebut.

2. Jangan menarik bulu mata

Jika ingin eyelash extension jangan sampai menarik bulu mata. Biasanya hal ini dilakukan karna gemas bulu mata tersebut sudah miring ataupun copot. Sehingga tangan akan gatal untuk mencopot semua eyelash extension.

Namun sebaiknya, tahan tangan agar tidak mencabuti eyelash extension. Sebab cara ini akan melukai bulu mata palsu dan bulu mata alami mu.

3. Rutin menyisir bulu mata

Retouch Eyelash
Foto: Pinterest

Agar tidak perlu repot retouch eyelash, kamu wajib rutin menyisir bulu mata. Hal ini dilakukan untuk merapikan bulu mata yang miring atau kusut, kamu bisa rutin menyisir bulu mata menggunakan spoolie brush.

Sisirlah bulu mata setelah bangun tidur, setelah mandi, dan seusai cuci muka. Tentunya sisir  eyelash extension dengan sangat lembut.

4. Hindari produk waterproof

Namanya saja produk waterproof, pasti akan sulit dihapus. Bahkan make up waterproof memiliki penanganan yang ekstra. Jika kamu menggunakan produk mata waterproof seperti maskara, maka membutuhkan effort lebih untuk menghapusnya.

Nah, tindakan inilah yang membuat lem bulu mata menjadi tidak menempel. Jika memang ingin menggunakan maskara, hindari produk yang waterproof ya.

5. Posisi tidur yang benar

Retouch Eyelash
Foto: Ladiestory.id

Rupanya posisi tidur pun akan mempengaruhi apakah eyelash extension bertahan lama atau tidak. Sebab jika posisi tidurmu tengkurep, maka kamu harus sering melakukan retouch eyelash.

Sebaliknya, agar eyelash awet kamu perlu memperhatikan posisi tidur agar tidak rusak. Posisi tidur yang benar untuk kamu yang ingi eyelash awet adalah dengan telentang.

6. Jangan menjepit bulu mata

Kebanyakan kaum hawa menjepit bulu mata agar terlihat lebih lentik dan indah. Namun, hal ini jangan dilakukan bagi kamu yang ingin memiliki eyelash awet. Pasalnya jika kamu menjepit bulu mata itu mungkin menghilangkan lentik dari eyelash extention.

Sebaliknya, bukankan eyelash extension sudah memberikan efek yang mempercantik mata kamu?

7. Pilih cleanser berbahan air

Retouch Eyelash
Foto: Ladiestory.id

Cleanser mengandung minyak dapat merusak lem yang digunakan untuk menyambung bulu mata. Jadi disarankan untuk menggunakan cleanser berbasis air, seperti micellar water. Selain itu, jangan lupa rutin membersihkan bulu mata setelah beraktivitas agar bebas dari bakteri dan kotoran.

Inilah 7 cara yang bisa kamu lakukan agar tidak perlu retouch eyelash extension. Namun, pada umumnya eyelash extension hanya bertahan selama satu bulan. Setelah itu kamu bisa melakukan retouch eyelash atau pemasangan kembali bulu mata sambungan hanya di bagian yang rontok saja.