Tips Aman Liburan Nyaman di Masa Pandemi

Selasa, 22 Desember 2020 | 00:28:32

LS Travel

Penulis : LS Travel

Tips Aman Liburan Nyaman Di Masa Pandemi

Desember selalu menjadi bulan yang dinanti-nanti. Selain detik-detik menyambut tahun baru, Desember juga banyak agenda cuti bersama. Meskipun cuti bersama di Desember ini hanya 2 hari, antusiasme masyarakat tetap tinggi. Mungkin karena sudah punya plan liburan sejak lama kali, ya. Apa pun rencanamu di liburan akhir tahun ini, tetap hati-hati dan patuhi protokol kesehatan, ya! Karena kita belum benar-benar aman dari pandemi Covid-19. Nah, untukmu yang punya rencana melakukan perjalanan akhir tahun, berikut tips yang bisa dilakukan agar perjalanan lebih nyaman.

Pastikan Kamu Bepergian dengan Kondisi Tubuh Yang Sehat

Tubuh yang sehat adalah persyaratan wajib sebelum bepergian. Sebaiknya kamu membatalkan rencana bepergian jika mengalami gejala-gejala kurang enak badan. Pun jika tubuhmu sedang dalam kondisi sehat-sehat saja, jangan lupa untuk makan sehat dan minum vitamin sejak jauh-jauh hari sebelum berangkat, ya. Dengan daya tahan tubuh yang bagus, tentu kamu akan lebih tangguh menghadapi virus atau kuman-kuman di luar. 

Siapkan Berbagai Keperluan Pribadi 

Berbagi memang bagus, tetapi, untuk sementara ini, ada baiknya kamu membawa perlengkapan pribadi sendiri-sendiri. Salah satunya adalah alat ibadah untuk umat muslim. Jika sebelumnya kamu bisa menggunakan fasilitas mukena atau sajadah umum yang tersedia di masjid, sekarang sebaiknya kamu membawa peralatan ibadah sendiri. Dengan begitu, ibadah pun lebih tenang dan nyaman, ‘kan?

Sering-sering Cuci Tangan dan Gunakan Masker Dengan Benar

Siapa nih yang kalau pakai masker, hidungnya terlihat? Atau sudah pake masker tapi saat bicara dengan orang lain maskernya dilepas? Nah, mulai saat ini, jangan lagi dilakukan, ya. Gunakan masker dengan benar, yaitu menutupi hidung dan mulut. Selain itu, sebaiknya kamu tidak menyentuh-nyentuh masker yang sudah dipakai.  Hal yang sama juga berlaku untuk cuci tangan, lho. Secara nggak sadar, kita pasti sering menyentuh area wajah dengan tangan. Untuk itu, kita harus sering-sering cuci tangan dengan benar. Jika tak ada air dan sabun, hand sanitizer bisa menjadi penggantinya.

Membawa Alat Kebersihan Sendiri

Dalam perjalanan nanti, kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Mungkin tali maskermu putus karena terlalu sering dicopot-pakai. Atau hand sanitizer-mu tertinggal di suatu tempat setelah digunakan. Oleh karena itu, agar perjalananmu tetap nyaman, upayakan untuk selalu membawa cadangan untuk masing-masing perlengkapan kebersihan ini. Sehingga ketika terjadi masalah, kamu nggak kelabakan untuk membeli baru di toko yang belum tentu ada.

Beli Tiket Secara Online

Idealnya bepergian di masa pandemi lebih aman bila menggunakan kendaraan pribadi. Namun, harus diakui bahwa nggak semua orang bisa menggunakan kendaraan pribadi. Nah, untukmu yang berencana bepergian dengan kendaraan umum seperti pesawat atau kereta, usahakan beli tiket secara online di marketplace.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat melakukan perjalanan liburan akhir tahun nanti. Yang terpenting, tetap jaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain, hindari kerumunan, gunakan masker, dan rajin-rajin cuci tangan. Jangan lupa untuk memanfaatkan asuransi perjalanan dari Tokopedia supaya perjalananmu lebih tenang. Stay safe, Guys!

Sumber Foto Utama: Freepik.com