6 Tips Jalin Kedekatan dengan Anak Sambung

Jumat, 2 Desember 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

6 Tips Jalin Kedekatan Dengan Anak Sambung

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Ladiestory.id - Menjadi orang tua tiri bukan suatu hal yang mudah, apalagi bagi kamu yang belum pernah memiliki seorang anak. Bagaimanapun juga, menjalin kedekatan dengan anak sambung membutuhkan waktu yang relatif panjang. Bahkan, tidak sedikit orang mengalami kegagalan untuk menjalin kedekatan dengan anak sambungnya.

Bagi sebagian anak, hadirnya orang tua tiri dianggap sebagai pemisah antara kedua orang tua kandungnya. Tak hanya itu, terkadang, mereka juga beranggapan dengan hadirnya orang tua tiri, maka secara otomatis akan mengurangi porsi kasih sayang dari orang tuanya.

Hal tersebut sebenarnya adalah salah satu faktor yang membuat anak sambung sulit menerima kehadiranmu sebagai orang tua tiri. Untuk mengatasinya, kamu membutuhkan beberapa tips untuk menjalin kedekatan dengan anak sambung, berikut di antaranya.

Jangan Terlalu Berharap

Ibu dan anak remaja (Special)

Tips pertama yang bisa kamu lakukan sebelum menjalin kedekatan dengan anak sambung yaitu menguatkan hati agar jangan terlalu berharap untuk langsung diterima. Sebab, seperti yang telah disinggung sebelumnya. Seorang anak pasti membutuhkan waktu untuk menerima kehadiran orang tua tirinya.

Pelajari Cara Mengasuh Anak Sambung

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Sama seperti menjadi orang tua baru, menjadi orang tua sambung juga membutuhkan waktu untuk mempelajari pola asuh dari orang tua kandungnya yaitu pasanganmu. Kamu bisa bertanya kepada pasangan, apa saja hobi calon anak sambungmu, makanan kesukaan, dan aktivitas yang menyenangkan lainnya.

Dengan begitu, sedikit banyak kamu telah mengenal karakter anak sambung tersebut. Sehingga, kamu bisa lebih mudah untuk menjalin kedekatan dengannya.

Quality Time

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Setelah mengetahui hal apa saja yang disukai oleh anak sambung, maka luangkan waktu untuk menghabiskan waktu berdua dengannya. Kamu bisa menonton bioskop atau melakukan aktivitas olahraga bersama.

Setelah itu, kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk berbicara dengan anak sambung dan memberikan pengertian tentang kehadiranmu. Tanyakan tanggapan dari calon anak sambungmu, namun jangan pernah memaksakan dia untuk menerima kehadiran kamu.

Yakinkan Calon Anak Sambung

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Berikan pengertian kepada calon anak sambung dan yakinkan dia bahwa kamu tidak akan menggantikan posisi orang tua kandungnya. Kamu hanya ingin menjalin hubungan baru dengan anak tersebut dan yakinkan dia bahwa ia masih memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk bertemu dengan orang tua kandungnya.

Pastikan kamu tidak memutus jalinan komunikasi anak dengan salah satu orang tua kandungnya. Dengan begitu, kemungkinan menjalin kedekatan dengan anak sambung akan berpeluang lebih besar.

Jadilah Teman

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Alih-alih mengenalkan diri sebagai calon orang tua tiri, kamu bisa memulai hubungan sebagai teman dari calon anak sambung. Dukung semua aktivitas dan pendapatnya selama itu positif. Berikan nasihat terbaik untuknya saat ia menghadapi suatu masalah.

Menjadi teman bagi seorang anak merupakan cara paling ampuh untuk menjalin kedekatan. Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi anak sambung, bahkan kamu juga bisa menerapkannya pada anak kandung.

Sabar

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Jika kamu telah melakukan semua tips di atas, namun belum memberikan hasil yang maksimal. Maka, tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah bersabar. Seperti yang dijelaskan di awal, bahwa waktu adalah hal yang paling dibutuhkan oleh seorang anak untuk menerima kenyataan orang tua kandungnya sudah tidak lagi bersama.

Menerima kamu sebagai orang baru dalam hidupnya harus bersabar dan memberikan waktu kepada anak tersebut. Jangan lupa untuk selalu memberikan yang terbaik pada anak. Sebab, waktu juga yang akan meluluhkan hati seorang anak.