Minim Bujet? Ini 5 Tips Jitu Agar Tetap Dapat Liburan Hemat

Minggu, 19 Juni 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Minim Bujet? Ini 5 Tips Jitu Agar Tetap Dapat Liburan Hemat

Ilustrasi liburan. (Special)

Ladiestory.id - Bagi sebagian orang, mungkin ada perasaan kurang Kamu tidak mengambil cuti setelah lelah bekerja atau sekolah dan kuliah. Selain untuk sebuah relaksasi seusai kerja atau sekolah dan kuliah, liburan bisa menambah pengalaman baru, bertemu orang, dan mengurangi risiko depresi.

Namun sayangnya, banyak orang yang enggan mengunjungi tempat wisata impiannya karena takut dompetnya jebol. Memang banyak hal yang harus diperhatikan saat akan berlibur, seperti budget, akomodasi, transportasi, hingga biaya tiket pesawat.

Kini, tak perlu khawatir karena Kamu bisa pergi berlibur ke tempat impian tanpa khawatir kehabisan uang. Berikut lima tips jitu untuk hemat saat berlibur!

Buat Anggaran

Ilustrasi menghitung anggaran. (Special)

Sebelum pergi berlibur ke tempat impian, sebaiknya buatlah catatan anggaran dan daftar apa saja yang akan dibutuhkan selama liburan, misalnya menghitung biaya akomodasi, transportasi, bahkan oleh-oleh. Dengan cara ini, Kamu dapat mengontrol pengeluaranmu dengan anggaranmu.

Saat menghitung biaya liburan, ada baiknya melakukan riset, baik harga tiket tempat wisata, transportasi, maupun oleh-oleh, terlebih dahulu. Dengan begitu, Kamu bisa menentukan berapa budget yang harus disiapkan.

Beli Oleh-oleh Secukupnya

Ilustrasi memberi oleh-oleh. (Special)

Terlihat sepele, ternyata oleh-oleh bisa menghabiskan banyak uang lho, Ladies! Jadi, bijaklah saat berbelanja oleh-oleh agar dompet tidak jebol.

Sebelum memutuskan untuk membeli oleh-oleh, Ladies bisa meneliti pusat oleh-oleh termurah di destinasi wisata. Kamu juga bisa menghemat budget oleh-oleh dengan membeli jajanan besar untuk disantap di rumah bersama keluarga atau teman.

Kamu juga bisa menyesuaikan budget untuk belanja oleh-oleh. Perhatikan juga jumlah hadiah dan jumlah orang yang akan menerima barang tersebut nantinya agar bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Pilih Liburan pada Hari Kerja

Ilustrasi liburan. (Special)

Berlibur di akhir pekan atau tanggal merah tidak disarankan bagi Kamu yang menginginkan liburan dengan budget minim. Selain sibuk, liburan pada akhir pekan atau tanggal merah juga sangat merepotkan karena jalanan bisa sangat padat. Semua orang berbondong-bondong pergi berlibur mengunjungi tempat-tempat wisata.

Harga tiket transportasi dan akomodasi yang dipatok pada saat weekend atau hari libur juga pastinya akan lebih mahal ketimbang weekdays.

Namun, jika Kamu pergi berlibur pada saat weekdays, kemungkinan besar Kamu akan mendapatkan suasana yang tenang. Bahkan, banyak orang yang memilih mengambil cuti libur kerja mereka supaya dapat liburan pada saat weekdays.

Manfaatkan Promo di Media Sosial

Ilustrasi cek media sosial. (Special)

Memantau akun yang menyediakan jasa tiket transportasi, akomodasi, dan wisata di media sosial perlu dilakukan untuk Kamu yang ingin liburan low-budget. Mengapa? Karena kamu dapat manfaatkan promo dan diskon supaya memperoleh tiket dan akomodasi dengan harga murah. Budget liburanmu pun juga dapat diselamatkan oleh promo tersebut. Adanya promo akan membuat Kamu semakin berhemat nantinya.

Kamu jadi bisa mengatur budget untuk hal lain seperti oleh-oleh, tempat wisata, dan tempat kuliner jika memiliki harga tiket dan akomodasi yang lebih murah.

Ajak Teman atau Keluarga

Ilustrasi liburan. (Special)

Ajak keluarga dan temanmu supaya bisa menghemat biaya apabila ingin berlibur dengan budget yang minim. Apabila berlibur bersama keluarga atau teman, Kamu dapat memilih kamar untuk kapasitas orang lebih banyak dan dapat menghemat budget-mu.

Kamu dapat menentukan budget per orang dengan teman atau keluarga secara musyawarah. Selain menghemat pengeluaran, liburan bersama teman dan keluarga dapat mempererat hubungan juga, kan? Hal tersebut akan membuat kalian semakin dekat nantinya.

s