Tips Jualan Online lewat Live Shopping di Tokopedia PLAY, UMKM Wajib Simak!

Minggu, 6 Agustus 2023 | 20:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Tips Jualan Online Lewat Live Shopping Di Tokopedia  Play, Umkm Wajib Simak!

Ilustrasi belanja online. (Special)

Ladiestory.id - Di tengah era social commerce, masyarakat cenderung mencari inspirasi melalui media sosial sambil berbelanja atau sebaliknya. Era social commerce pun menjadi peluang bagi pegiat usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal, untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif dan relevan bagi masyarakat, salah satunya melalui live shopping.

“Tokopedia membuat berbagai inovasi yang sesuai dengan kebutuhan di era social commerce, salah satunya kanal live streaming Tokopedia PLAY, yang telah hadir sejak tahun 2018,” ujar Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia, Nirmala Hapsari. 

Rata-rata jumlah transaksi penjual yang pakai Tokopedia PLAY naik >7 kali; transaksi sejumlah penjual bahkan naik >60 kali

“Tokopedia PLAY memberikan nilai tambah bagi strategi pemasaran digital para penjual, mulai dari memberikan peluang promosi dan membangun awareness hingga meningkatkan engagement toko. Penjual juga dapat berkolaborasi dengan kreator konten untuk menarik lebih banyak calon pembeli” jelas Nirmala.

“Kategori produk makanan dan minuman, fesyen, kecantikan dan perawatan tubuh, kesehatan, serta rumah tangga menjadi beberapa kategori produk terlaris di Tokopedia PLAY selama semester I 2023. Informasi ini kami harap bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi pelaku usaha yang ingin berjualan online lewat  live shopping di Tokopedia PLAY,” ujar Nirmala.

“Pemanfaatan Tokopedia PLAY juga turut berperan pada pertumbuhan bisnis pelaku usaha di Indonesia. Selama semester I 2023, kenaikan rata-rata jumlah transaksi penjual setelah menggunakan Tokopedia PLAY secara keseluruhan naik lebih dari 7 kali lipat dibandingkan semester I 2022. Angka kenaikan jumlah transaksi ini merupakan rata-rata sepanjang semester I 2023, terlepas ada atau tidaknya high season. Artinya, jumlah transaksi penjual yang menggunakan Tokopedia PLAY memang konsisten naik sangat tinggi sepanjang periode,” tambah Nirmala.

Sejumlah penjual bahkan mengalami rata-rata kenaikan transaksi hingga lebih dari 60 kali lipat selama semester I 2023 setelah memanfaatkan Tokopedia PLAY dibandingkan semester I 2022. Tokopedia juga mencatat Medan, Bandung, Semarang, Surabaya dan Sidoarjo menjadi beberapa daerah dengan jumlah tertinggi penonton Tokopedia PLAY selama semester I 2023.

Tips jualan online lewat live di Tokopedia PLAY

Ilustrasi belanja online. (Special)

 

Tokopedia melalui Nirmala pun membagi lima tips agar pelaku usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal, bisa mendongkrak penjualan online lewat live shopping di Tokopedia PLAY.

1. Persiapkan alat yang memadai dan tempat khusus live shopping

Agar live shopping terlihat lebih profesional, pelaku usaha dapat mempersiapkan peralatan streaming seperti handphone, tripod dan clip-on microphone. Gunakan juga latar belakang yang polos dan bersih serta pencahayaan yang terang agar wajah dan produk penjual terlihat jelas. Jika perlu, pelaku usaha bisa menggunakan ring light untuk meningkatkan kualitas gambar.

“Tokopedia menyediakan beragam jenis peralatan yang bisa menunjang kegiatan live shopping lewat kampanye Tokopedia Tekno. Masyarakat juga bisa menikmati diskon hingga 90% agar lebih efisien,” jelas Nirmala.

2. Bangun pengalaman yang lebih interaktif dengan calon pembeli 

Salah satu keunggulan dari live shopping adalah kemampuan untuk menciptakan pengalaman komunikasi yang lebih interaktif dengan calon pembeli. Penjual diimbau untuk aktif berkomunikasi dengan menanggapi setiap pertanyaan atau komentar dari calon pembeli.

Pastikan bahwa konten dan topik bahasan sesuai dengan kategori produk yang dijual. Misal, untuk produk fesyen, penonton cenderung ingin mengetahui kualitas serta tampilan dari produk tersebut. Penjual dapat membuat konten berupa cara pemakaian (try on) atau padu padan (mix and match) pakaian untuk meningkatkan interaksi dengan calon pembeli. Ada banyak tips dan trik lainnya terkait pembuatan konten yang menarik dan interaktif di Pusat Edukasi Seller,” ujar Nirmala.

3. Buat penawaran spesial yang hanya berlaku selama live shopping berlangsung

Agar calon pembeli tertarik untuk mengikuti live shopping hingga membeli produk, pelaku usaha disarankan untuk menghadirkan penawaran berupa diskon atau giveaway yang hanya bisa didapatkan selama live shopping berlangsung. 

“Beberapa siaran live streaming yang paling banyak ditonton oleh masyarakat melalui Tokopedia PLAY sepanjang semester I 2023, antara lain: giveaway gawai (atau gadget), live call dengan influencer hingga siaran dengan diskon untuk berbagai jenis produk. Pelaku usaha bisa mempertimbangkan konten seperti ini untuk membuat live shopping menjadi sukses,” kata Nirmala.

4. Jadwalkan live shopping secara rutin dan promosikan di media sosial

Untuk membangun loyalitas audiens dan meningkatkan brand awareness, penjual perlu menjadwalkan live shopping secara rutin. “Umumnya live shopping dapat dilakukan 1-2 kali dalam seminggu agar produk atau toko makin diingat oleh pembeli,” jelas Nirmala.

Setelah mengatur jadwal, penjual dapat mempromosikan tayangan tersebut melalui berbagai kanal media sosial hingga Tokopedia Feed. Buat judul konten dan cover banner yang menarik agar calon pembeli tertarik untuk menonton tayangan dan membeli produk.

5. Evaluasi performa live shopping 

Setelah sesi live shopping berakhir, jangan lupa untuk melakukan evaluasi agar performa live shopping selanjutnya bisa makin optimal. “Melalui fitur Wawasan Video yang bisa diakses lewat aplikasi Tokopedia Seller, penjual dapat mengakses data performa video live shopping, antara lain jumlah penonton, produk yang dilihat, produk yang ditambah ke keranjang, produk terjual dan estimasi pendapatan,” jelas Nirmala.