5 Tips Kembangkan Kepribadian Positif pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Rabu, 23 Februari 2022 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

5 Tips Kembangkan Kepribadian Positif Pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Ilustrasi kebersamaan ibu dan anak. (Special)

Ladiestory.id - Kepribadian seseorang dibentuk oleh lingkungan sekitar. Lingkungan terdekat, terutama orang tua, saudara, hingga kakek-nenek, serta lembaga pendidikan memainkan peran penting dalam pembentukan kepribadian anak.

Untuk itu, anak perlu diberi perhatian dan sikap positif, agar kelak menjadi individu berkepribadian positif. 

Ladiestory.id telah merangkum beberapa tips yang dapat orang tua lakukan untuk mendorong kepribadian positif anak.

1. Jadi Pendengar yang Baik

Ilustrasi orang tua mendengarkan cerita anak. (Special)

Anak ingin berbagi segalanya dengan orang tua. Namun, cara berpikir mereka tentu berbeda dari orang dewasa. Saat anak bercerita banyak hal, bahkan yang terdengar tidak penting sekalipun, baiknya orang tua tetap mendengarkan dengan saksama.

Pasalnya, anak yang merasa didengar dan dipahami pada masa pembentukannya, akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan merasa aman berada di sekitar orang tuanya. Selain itu, anak juga akan menjadi pendengar yang baik kelak.

2. Tidak Membandingkan dengan Anak Lain

Ilustrasi ibu yang tidak membandingkan anak. (Special)

Orang tua harus paham, bahwa setiap anak memiliki keunikan dan kualitas yang berbeda. Dengan demikian orang tua harus dapat menoleransi kemampuan anak yang tidak selalu baik dalam segala hal.

Jika anak menghadapi kegagalan, sebaiknya orang tua tidak membandingkannya dengan anak lain. Pasalnya, ini dapat merusak harga diri dan kepercayaan diri anak.

Alih-alih membandingkan, lebih baik orang tua mendorong hal yang menjadi potensinya.

3. Batasi Waktu Layar

Ilustrasi ibu dampingi anak bermain gawai. (Special)

Anak yang banyak menghabiskan waktu di depan layar rentan mengalami keterlambatan perkembangan sosial dan intelektual. Pasalnya, ini dapat mengakibatkan kecanduan dan minim sosialisasi dengan orang sekitar. 

Selain itu, terlalu banyak waktu layar juga menyebabkan anak membandingkan dengan orang lain. Hal ini dapat membuatnya merasa harga dirinya rendah.

Pastikan anak memiliki batasan bermain gadget sehingga memiliki waktu berbincang dengan teman sebaya maupun orang tua.

4. Dorong Kemandirian Anak

Ilustrasi anak mandiri. (Special)

Setiap anak tentu memiliki perkembangan pembelajaran yang panjang, seperti merangkak atau membaca, sejak kecil hingga dewasa kelak. Orang tua pun memiliki tugas untuk membimbing dan membantu anak.

Namun, membantu anak secara berlebihan dalam segala hal justru dapat membuatnya menjadi pribadi yang sering bergantung pada orang lain.

Untuk itu, orang tua perlu membiarkan anak untuk melakukan sesuatu dengan caranya sendiri. Ini dapat mendorong anak untuk menjadi pribadi yang mandiri.

5. Berikan Waktu Bermain

Ilustrasi keluarga bermain. (Special)

Perkembangan teknologi yang pesat membuat banyak anak mengalami ketergantungan pada gadget. Untuk itu, orang tua sebaiknya memberikan waktu permainan bebas pada anak.

Melalui permainan bebas, anak-anak dapat belajar tentang semangat tim, berbagai, peduli, hingga berinteraksi dengan orang lain. Jika tidak memungkinkan untuk bermain di luar, orang tua bisa menyiapkan berbagai permainan yang bisa dilakukan di rumah. 

Permainan tradisional dan permainan papan bisa mengembangkan fisik dan mental anak. Bahkan juga dapat mendorong perkembangan kepribadian anak secara keseluruhan.