Tampak Flawless, Terapkan 7 Tips Makeup untuk Kulit Berjerawat

Senin, 10 Januari 2022 | 09:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Tampak Flawless, Terapkan 7 Tips Makeup Untuk Kulit Berjerawat

Ilustrasi makeup untuk kulit berjerawat. (Special)

Ladiestory.id - Buat Kamu pemilik kulit berjerawat, tidak bisa sembarangan dalam memakai makeup. Produk yang dipilih dan cara penggunaannya pun haruslah benar, jangan sampai membuat jerawat malah makin parah. 

Untuk membantu Kamu merawat kulit berjerawat agar tidak makin parah dan wajah juga tampak flawless, berikut Ladiestory.id merangkum tujuh tips makeup untuk kulit berjerawat.

1. Selalu Bersihkan Wajah Sebelum Menggunakan Makeup

Ilustrasi perempuan sedang membersihkan wajah. (Special)

Tips yang satu ini penting buat Kamu terapkan, selalu bersihkan wajah sebelum Kamu mengaplikasikan makeup. Pastikan juga Kamu pilih pembersih dengan bahan yang lembut dan khusus untuk kulit berjerawat. 

Penggunaan masker atau scrub juga tidak diperlukan bila Kamu sedang berjerawat. Karena, jerawat bukan sebuah kotoran yang harus dibersihkan dengan scrub melainkan hanya suatu kondisi yang biasanya disebabkan karena  wajah tersumbat dengan minyak berlebih.  

2. Gunakan Makeup dengan Bahan yang Ringan dan Ramah di Kulit

Ilustrasi produk makeup. (Special)

Memilih makeup dengan bahan yang ringan dan ramah di kulit sebetulnya berlaku untuk semua jenis kulit. Nah, buat Kamu yang berjerawat, sebaiknya pilih makeup dengan bahan non-comedogenic, hypoallergenic dan oil free.  

Selain itu, pilih juga makeup dengan kandungan asam salisilat. Karena kandungan ini adalah bahan aktif yang mampu membasmi jerawat pada wajah.

3. Gunakan Foundation yang Sesuai dengan Kondisi Kulit

Ilustrasi perempuan sedang menggunakan foundation. (Special)

Tips selanjutnya adalah gunakan foundation berbentuk cair. Sebab, foundation cair tidak akan menyumbat pori-pori. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya jangan gunakan foundation secara berlebihan, karena akan membuat wajah jadi cakey, dan jerawat pun jadi tampak lebih menonjol. Jadi, cukup aplikasikan pada beberapa titik di wajah dan ratakan. 

4. Gunakan Makeup yang Bebas Minyak

Selama wajah Kamu berjerawat, pastikan juga gunakan makeup tanpa minyak. Petrolatum, parafin, ftalat, dan isopropil miristat, adalah bahan-bahan yang mengandung minyak yang bisa membuat pori-pori wajah tersumbat. Karena itu, hindari makeup dengan kandungan tersebut. 

5. Gunakan Bedak Tabur

Ilustrasi perempuan sedang pakai bedak tabur. (Special)

Menggunakan bedak tabur adalah pilihan terbaik buat Kamu yang berjerawat. Bedak tabur dapat menyerap minyak berlebih di wajah. Selain itu, teksturnya juga ringan ketimbang bedak two way cake.

Namun, pemilihan bedak tabur juga harus diperhatikan. Pastikan Kamu gunakan bedak tabur yang khusus untuk kulit berjerawat, bebas minyak dan no-fragrance agar wajah terhindar dari iritasi.

6. Pastikan Alat Makeup Selalu Bersih

Kebersihan alat makeup juga perlu diperhatikan bagi kulit berjerawat. Bersihkan brush dan sponge minimalnya seminggu sekali. Saat mencuci, gunakan sabun pembersih yang lembut dan bilas dengan air sampai benar-benar  bersih. Dengan rutin membersihkan alat makeup akan mencegah penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

7. Bersihkan Makeup hingga Tuntas

Ilustrasi perempuan sedang cuci muka. (Special)

Tips lainnya yang juga sangat penting buat kulit berjerawat ialah selalu bersihkan sisa makeup hingga tuntas. Dengan wajah bebas dari riasan, maka jerawat pun dapat dicegah. Selain itu rajin membersihkan makeup dengan cara cuci muka juga akan menjaga kulit tetap bersih dan sehat.