5 Tips Memilih Sepatu Bayi yang Pas dan Nyaman Dipakai

Jumat, 29 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Tips Memilih Sepatu Bayi Yang Pas Dan Nyaman Dipakai

Foto: My-best

Ladiestory.id - Sepatu bukan hanya digunakan untuk alas kaki bayi, tapi juga berfungsi untuk pertumbuhan struktur kaki bayi. Seperti untuk melindungi kaki bayi dari benda tajam atau permukaan jalanan yang kasar, dan juga menunjang dalam proses belajar berjalan bayi.

Karena itulah dalam memilih sepatu bayi haruslah yang nyaman digunakan bayi. Nah, bagi Anda yang sedang mencari sepatu untuk bayi, simak tips memilih sepatu bayi di bawah ini. 

Tips Memilih Sepatu Bayi

Inilah tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih sepatu untuk si kecil.

1. Pilih Sepatu dengan Ukuran yang Pas

Foto: my-best

Tips pertama adalah piilihlah sepatu dengan ukuran yang pas di kaki sikecil, jangan terlalu longgar dan jangan juga terlalu ketat. Karena sepatu yang ketat akan membuat kaki bayi tidak nyaman saat berjalan.

Begitu pula sepatu yang longgar tentu kurang nyaman digunakan. Itulah mengapa Anda harus memastikan sepatu yang dicoba sebelum membelinya, pas dikenakan bayi Anda.

Untuk mengetahui apakah sepatu pas atau tidak pada bayi Anda, tekanlah ujungnya apakah ada ruang lebih atau tidak saat bayi Anda mencobanya.

Lalu Anda periksa juga bagian samping dan belakang sepatu, dengan cara memasukan jari Anda ke dalam lubang sepatu yang sedang dicoba bayi Anda. Pastikan ada sedikit ruang supaya sepatu pas dan nyaman dipakai.

2. Pilih Sepatu yang Terbuat dari Bahan Yang Nyaman.

Tips memilih sepatu bayi berikutnya adalah dengan memilih sepatu dari bahan yang nyaman yaitu dari kain yang lembut. Hal ini agar bayi Anda tidak mengalami iritasi pada kakinya. Jangan memilih sepatu yang terbuat dari bahan plastik atau karet, karena bisa membuat kaki bayi lecet atau iritasi.

3. Pilihlah Sepatu yang Ringan dan Fleksibel

Foto: parenting

Tips berikutnya adalah jangan pilih sepatu yang berat, Anda harus pastikan sepatu yang dipakai bayi Anda enteng atau ringan agar bayi Anda bisa bergerak bebas.

Selain itu sepatu yang dipilih juga harus fleksibel, tidak kaku dan keras. Sepatu yang kaku akan mengubah bentuk kaki bayi sehingga bisa menyebabkan kelainan pada kakinya. 

4. Pilihlah Sepatu yang Menggunakan Sol Anti Slip

Tips yang satu ini juga tak kalah pentingnya dalam  memilih  sepatu bayi, yaitu pilih sepatu dengan sol anti slip yang ada tambahan pada bagian bawahnya, hal ini agar tidak licin saat dipakai si kecil.

Karena jika si kecil memakai sepatu tanpa anti slip akan terasa licin saat berjalan, ini dikhawatirkan akan membuat si kecil terjatuh. 

5. Pilihlah Sepatu Tanpa Tali

memilih sepatu bayi
Foto: suneducationgroup

Banyak sepatu bayi dengan model tali yang terlihat lucu dan bagus.  Tapi untuk bayi yang baru bisa berjalan hal ini akan membahayakannya.

Kenapa? Karena bila talinya terlepas dan terinjak sendiri oleh si kecil, maka bisa membuatnya  terjatuh karena si kecil tentu tidak mengerti bahwa tali sepatunya terlepas. Jadi, pilihlah sepatu tanpa tali untuk  keamanan bayi Anda.

Nah, itulah 5 tips memilih sepatu bayi yang pas dan nyaman dipakai. Pastikan Anda untuk mengutamakan kenyamanan dan keamanan bayi Anda saat memilih sepatunya. Semoga informasi ini bermanfaat.