5 Tips Menjadi Seorang Ibu ala Fitri Tropica yang Menginspirasi

Jumat, 8 Oktober 2021 | 08:41:00

5 Tips Menjadi Seorang Ibu ala Fitri Tropica yang Menginspirasi

Foto: Instagram/fitrop

Ladiestory.id - Fitri Tropica memang sudah jarang terlihat datang dan pergi di acara TV, namun aktivitasnya tetap bisa diikuti di media sosial Instagram.

Pembawa acara yang dikenal kocak ini merupakan salah satu artis yang aktif mempublikasikan kegiatan dengan anak-anaknya. Selain itu, Fitri Tropica juga sering berbagi pengalamannya mengimplementasikan parenting bagi putrinya yaitu Sada. 

Mengenal Siapa Fitri Tropica dan Perjalanan Kariernya

Foto: Instagram/fitrop

Nama aslinya Fitri Rakhmawati, tapi lebih dikenal dengan Fitri 'Lebay' Tropica. Memang Fitri memerankan De Rahma di acara New Age yang tayang di Trans TV. Aktris kelahiran 26 September 1987 di Bandung ini yang terkenal dengan gaya lebay ini pun menjadi ciri khas Fitri di atas panggung. 

Sejak usia dini, Fitri Tropica suka mengobrol, bahkan ketika gurunya menulis di rapornya: “Speak less.” Oleh karena itu, ia mencoba kariernya sebagai penyiar radio di Bandung dan dinobatkan sebagai Penyiar Wanita Terbanyak Ardan FM pada tahun 2007.

Setelah berbicara di radio dan merambah dunia akting, Fitri mulai merambah dunia presenter  televisi. Fitri yang selalu dengan gayanya yang ceria, laris manis dengan menyelenggarakan acara. Seperti Lirik Hilang, Ceriwis dan sinetron yang  ia perankan yaitu Extravaganza ABG, Sketsa ABG dan lain-lain.

Di tengah kesibukannya sebagai artis dan presenter, pendidikan selalu menjadi yang utama. Buktinya, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini memiliki IPK tinggi 3,5. Soal asmara, Fitrop sempat menjalin hubungan dengan Riza Shahab, meski akhirnya putus.

Menjadi model dalam video musik Vidi Aldiano untuk lagu Status Palsu membawa berkah tersendiri. Untuk pertama kalinya, Fitrop, sapaan akrab Fitri, berhasil menyabet penghargaan "Model Terbaik dalam Video Musik" di MTV Indonesia Awards School of Music yang diselenggarakan pada 25 November 2009.

Tips Parenting ala Fitri Tropica yang Menginspirasi dan Menyenangkan

Setelah menikah dengan Irvan Hanafi, Fitri Tropica tampak menikmati perannya sebagai seorang istri sekaligus ibu. Inilah beberapa tips parenting hasil dari pengalaman Fitri Tropica yang menginspirasi.

1. Membiasakan Komunikasi dengan Bayi 

Foto: Instagram/fitrop

Mengajak buah hati berkomunikasi merupakan salah satu hal penting yang harus Anda lakukan sebagai orang tua. Bahkan, kegiatan ini dianjurkan saat bayi masih  dalam kandungan. Hal ini karena komunikasi adalah kunci utama untuk meningkatkan ikatan emosional antara Anda dan si kecil.

Meski bayi belum bisa langsung berbicara sejak lahir, namun jika Anda  memberikan stimulasi secara teratur, seperti berkomunikasi langsung dengannya secara bertahap dapat meningkatkan kemampuan bicaranya di kemudian hari. Secara umum, bayi dapat mengucapkan kata-kata pertamanya pada usia 9-12 bulan.

2. Kiat Memberikan MPASI

Ketika Fitri Tropica berhasil memberikan makanan tambahan pertama untuk bayinya, wajar jika Fitrop akan sangat senang. Tentu saja itu adalah pengalaman yang sangat seru dan menyenangkan sekaligus. 

Di balik kesuksesan pemberian makanan tambahan pertama untuk putrinya, Ia banyak membaca di beberapa sumber yang jelas dan terpercaya, misalnya dalam buku panduan MPASI yang ditulis langsung oleh dokter anak.

Selain itu, artis kelahiran Bandung ini juga berkonsultasi langsung dengan dokter, atau bertanya kepada banyak teman yang sudah berpengalaman.

3. Tips Menyapih Anak

Fitri Tropica memutuskan untuk menyapih Sada karena usianya sudah 2 tahun. Dia pernah mendengar cerita bahwa anak yang disapih ini penuh drama, tetapi dia tidak ingin terbawa oleh perasaan itu dan harus  melawannya. 

Awalnya Fitri mencari referensi tentang menyapih anak. Dia kemudian mulai memberikan sugesti kepada anaknya sebagai awal dari dimulainya proses penyapihan. Sayangnya cara ini tidak berhasil. 

Fitri kemudian memiliki ide unik untuk menyapih anaknya. Anak ini umumnya tidak menyukai hal-hal yang kotor, misalnya bermain cat karena takut kuman. Sang ibu  kemudian memanfaatkan hal-hal yang tidak disukai anaknya.

4. Mengajarkan Anak untuk Mempertahankan Hak

Foto: Instagram/fitrop

Fitrop mengajari putrinya yaitu Sada untuk mempertahankan mainannya jika "diambil paksa". Menurutnya, pendidikan itu bukan tentang mengajarkan untuk bertengkar, tetapi tentang membela hak. 

Fitri Tropica mengutip Elly Risman, psikolog anak, yang mengatakan: "Jika seorang anak menangis karena mainannya dicuri dari temannya, jangan mengalihkan perhatiannya dengan memberi mereka mainan lain karena itu mengajarkan mereka untuk menghindari masalah."

Selain itu, Fitrop menambahkan bahwa dirinya pernah melarang Sada mengambil mainan temannya. Tujuan dari larangan tersebut adalah agar anaknya dapat menghormati milik orang lain.

5. Mengajarkan Messy Play atau Bermain Kotor-kotoran

Mungkin sebagian orang tua masih melarang anaknya bermain kotor. Alasan utamanya adalah ketakutan anak Anda terkena kuman atau penyakit. Padahal sebenarnya ada banyak manfaat yang Anda ketahui ketika kita membiarkan anak bermain kotor. 

Inilah yang sedang dilakukan salah satu selebriti Tanah Air, Fitri Tropica. Baru-baru ini, sang ibu membagikan video aktivitas Sada Amina Hanara saat sedang membuat kamar berantakan. 

Memang benar kata Fitrop bahwa bermain tidak teratur memang dapat mendorong tumbuh kembang anak. Messy play sendiri diartikan sebagai aktivitas bermain  aktif dengan mengeksplorasi berbagai bahan dan alat.

Nah itulah beberapa tips parenting ala Fitri Tropica yang bisa Anda jadikan inspirasi dan semangat dalam menjadi seorang ibu. Semoga bermanfaat.