7 Tips Nikmati Liburan Meski Musim Hujan, Tetap Asyik Kok!

Jumat, 28 Oktober 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

7 Tips Nikmati Liburan Meski Musim Hujan, Tetap Asyik Kok!

Ilustrasi liburan saat musim hujan. (Special)

Ladiestory.id - Sebagian orang akan menunda waktu liburan mereka saat musim hujan tiba. Namun, seharusnya musim hujan tidak menjadi penghalang untuk kamu yang ingin menikmati liburan bersama dengan keluarga. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar liburan saat musim hujan tetap nyaman, seru, dan asyik.

Pilih Lokasi Indoor 

Ilustrasi bermain seluncur es. (Special)

Sebelum berlibur saat musim hujan, sebaiknya kamu telah menentukan tujuan yang akan dikunjungi. Hindari untuk berlibur di destinasi wisata alam, seperti pantai, air terjun, atau danau. Pasalnya, mengunjungi wisata alam saat musim hujan memiliki beberapa risiko terjadinya bencana.

Untuk itu, kamu bisa menikmati liburan di area indoor, seperti museum, bioskop, hingga pusat perbelanjaan. Meski di area indoor, kamu tetap bisa mencari alternatif kegiatan seru, salah satunya bermain seluncur es.

Jaga Kesehatan

Ilustrasi mengonsumsi obat. (Pixabay)

Musim hujan membuat banyak orang mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membawa multivitamin saat kamu akan berlibur saat musim hujan.

Kamu juga bisa membawa minyak kayu putih untuk membuat tubuh tetap terasa hangat. Jangan lupa untuk mengonsumsi minuman hangat saat musim hujan tiba.

Bawa Pakaian Tambahan

Ilustrasi packing pakaian. (special)

Banyak risiko yang mesti kamu hadapi saat berlibur pada musim hujan. Salah satu risiko yang bisa kamu alami adalah terkena air hujan saat di perjalanan.

Hal ini akan membuatmu basah dan harus mengganti pakaian. Membawa pakaian tambahan atau cadangan merupakan solusi yang tepat bagi kamu yang akan liburan saat musim hujan.

Sedia Payung atau Jas Hujan

Ilustrasi mengenakan jas hujan. (special)

Payung dan jas hujan merupakan dua benda yang wajib kamu bawa saat liburan pada musim hujan. Pilih payung yang berbentuk lipat agar mudah dibawa. Kamu juga bisa memilih jenis jas hujan yang tipis, agar mudah dilipat untuk dimasukkan ke dalam tas.

Pastikan kedua benda tersebut berada di dalam tas atau tempat yang mudah dijangkau. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tas dengan bahan anti air, agar semua isinya bisa tetap aman dan kering saat digunakan meski sedang hujan.

Siapkan Dana Ekstra

Ilustrasi persiapan dana. (Special)

Siapkan dana tambahan saat kamu memutuskan liburan pada musim hujan. Sebab, hal ini sangat penting jika kamu memerlukan pengeluaran tidak terduga, seperti menyewa mobil karena hujan tiba-tiba turun atau membeli payung dan jas hujan secara mendadak. Dengan adanya ekstra dana, kamu akan lebih aman dan nyaman menikmati liburan saat musim hujan.

Pilih Penerbangan Tanpa Transit

Ilustrasi menunggu penerbangan. (Special)

Jika tujuan liburanmu harus menggunakan transportasi udara, usahakan untuk memilih penerbangan tanpa transit. Hal ini bertujuan agar kamu lebih efisien waktu dan bisa segera sampai di tempat tujuan.

Tentukan tujuan liburan jauh-jauh hari, agar kamu bisa melakukan pemesanan tiket dan mengantisipasi jika ada perubahan jam keberangkatan.

Manfaatkan Promo Musim Hujan

Ilustrasi mencari promo hotel. (Special)

Umumnya, saat musim hujan tiba banyak orang yang enggan dan malas untuk bepergian, apalagi untuk liburan. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh berbagai promo menarik saat musim hujan.

Harga kamar hotel dan tiket beberapa tempat wisata sering mengadakan promo saat musim hujan. Hal tersebut lantaran berkurangnya pengunjung hotel atau tempat wisata. Sehingga, kamu bisa memanfaatkan promo musim hujan secara efektif untuk menikmati liburan bersama keluarga.