Tips Perawatan untuk Kurangi Kerutan Pada Wajah Menurut Para Ahli

Rabu, 7 Februari 2024 | 21:44:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Tips Perawatan Untuk Kurangi Kerutan Pada Wajah Menurut Para Ahli

Ilustrasi Perawatan Kurangi Kerutan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Kerutan adalah bagian alami dan universal dari proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, kolagen pada kulit mulai berkurang sehingga menimbulkan kerutan pada kulit. Hal itu juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan gaya hidup, paparan sinar matahari, polusi, merokok, dapat memperburuk keadaan kulit.

Genetika juga berperan dalam menentukan bagaimana dan kapan garis-garis halus dan kerutan muncul. Meski demikian banyak hal yang dapat membantu mencegah dan meredakannya.

Dilansir dari Byrdie Online, ada lima pilihan perawatan terbaik untuk melawan kerutan, mulai dari bahan-bahan yang terbukti benar hingga suntikan.

Kenakan Tabir Surya

Ilustrasi Perawatan Kurangi Kerutan. (Freepik.com)

Paparan sinar matahari, terutama sinar UVA, adalah penyebab utama percepatan kerusakan kolagen dan elastin. Sinar UVA dapat menembus awan dan bahkan kaca, oleh karena itu penting untuk memakai tabir surya berspektrum luas dengan SPF baik hujan maupun cerah.

Tentu saja, ini tidak akan membantu menghilangkan kerutan yang sudah kamu miliki, tetapi pasti akan membantu mencegah terbentuknya kerutan baru.

Gunakan Produk Vitamin C

Ilustrasi Perawatan Kurangi Kerutan. (Freepik.com)

Pertimbangkan untuk melapisi serum vitamin C di bawah tabir suryamu untuk tambahan melawan kerutan. Antioksidan yang kuat di dalamnya bisa membantu untuk produksi kolagen dan mengurangi photoaging serta kerusakan akibat sinar UV matahari.

Ada banyak versi vitamin C berbeda yang tersedia dalam produk perawatan kulit yang dijual bebas, tetapi asam l-askorbat adalah yang paling murni dan paling manjur, namun direkomendasikan untuk mencari dalam produk topikal.

Tambahkan Retinoid

Ilustrasi Perawatan Kurangi Kerutan. (Freepik.com)

Tidak ada bahan yang lebih baik dalam memerangi kerutan selain retinoid. Retinoid adalah turunan vitamin A, yang dapat merangsang produksi kolagen dan mencegah aktivasi enzim penghancur kolagen. Ada beragam pilihan, mulai dari serum retinol yang dijual bebas hingga tretinoin dengan resep dokter.

Namun, apa pun produk yang digunakan, kulitmu memerlukan waktu untuk terbiasa dengan bahan ampuh tersebut. Kendati demikian, menambahkan retinoid akan menghasilkan perbaikan jangka panjang pada kulitmu, termasuk menghaluskan garis-garis halus dan kerutan.

Suntikan Neurotoksin

Ilustrasi Perawatan Kurangi Kerutan. (Freepik.com)

Suntikan neurotoksin adalah pilihan pengobatan untuk kerutan dinamis (yang disebabkan oleh gerakan otot berulang). Beberapa nama merek berbeda tersedia di pasaran, seperti Botox , Dysport , dan Xeomin. Tetapi semuanya mengandung toksin botulinum.

Racun tersebut menghalangi pelepasan neurotransmitter yang diperlukan untuk pergerakan otot, sehingga melemahkan atau melumpuhkan otot untuk sementara.

Suntikan neurotoksin juga dapat membantu menghaluskan kerutan statis yang menjadi permanen dan tergores akibat gerakan otot yang berulang.