5 Tips Sukses Menjadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga

Minggu, 17 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Tips Sukses Menjadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga

Foto: deweezz

Ladiestory.id - Menjadi wanita karier sekaligus sebagai ibu rumah tangga itu tidak mudah, lho. Karena menjalankan salah satunya saja sudah cukup berat. Namun meskipun berat, nyatanya kedua peran berat ini bisa dijalani bebarengan dan seimbang. Buktinya, banyak juga para wanita karier yang sukses sekaligus sebagai ibu rumah tangga.

Lantas bagaimana caranya? Simak tipsnya di bawah ini, Ladies.

Tips Sukses Menjadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga

Meskipun wanita karier dibebani pekerjaan kantor yang tak jarang memusingkan sekaligus direpotkan dengan urusan rumah tangga. Tapi, mereka bisa juga sukses menjalani peranan keduanya.

1. Manajemen Waktu yang Baik

Foto: intipesan

Hal yang perlu diperhatikan sebagai wanita karir dan ibu rumah tangga adalah masalah pembagian waktu yang baik. Hal ini tentu saja sangat penting untuk bisa menyeimbangkan antara kehidupan profesional pekerjaan dan keluarga.

Saat mengatur waktu, ketahui lebih dulu prioritas keluarga Anda, beri tanda pada  kalender yang mengingatkan daftar acara sekolah anak dan acara keluarga, kegiatan ekstrakurikuler anak, ulang tahun anggota keluarga dan masih banyak lagi.

Selain meluangkan waktu untuk seluruh anggota keluarga, Anda juga perlu luangkan juga waktu untuk merawat diri, seperti pergi ke salon atau ke spa dan berolahraga.

2. Fokus Menjalani Pekerjaan

Tips selanjutnya agar sukses dalam bekerja di kantor maupun dalam mengurus rumah tangga ialah melakukan pekerjaan dengan fokus dan kerja keras.

Tak jarang ada tekanan dari atasan yang membuat banyak orang tidak percaya pada loyalitas karyawan wanita. Hal tersebut lantaran seorang ibu yang bekerja biasanya tidak dapat melakukan lembur ataupun kegiatan lain yang terkait pekerjaan mengingat  harus mengurus rumah tangga juga. 

Karena itu, cara terbaik bagi wanita pekerja untuk dapat memenuhi semua target adalah dengan fokus dan bekerja keras.

Multitasking juga akan membantu Anda mencapai tujuan. Sebaiknya hindari membuang waktu seperti browsing internet, bergosip, dan makan siang yang yang terlalu lama.

3. Pasangan Harus Suportif

Foto: Ladiestory.id

Salah satu kunci keberhasilan dari dua peran yang dijalani ini adalah dengan mempunyai pasangan yang suportif. Bila pasangan Anda suportif, maka ia akan membantu Anda untuk berbagi peran dalam urusan rumah tangga.

Selain itu, pasangan yang suportif juga pasti akan membantu Anda untuk  meraih karier yang diimpikan. Meskipun begitu, tetap penting bagi para wanita pekerja untuk tetap memprioritaskan urusan rumah tangga dan mendahulukan kebutuhan keluarga.

4. Mengikuti Kursus Online

Untuk menunjang karier Anda, penting juga untuk mengikuti kursus online. Karena pada dasarnya, untuk memiliki karir yang sukses tentu saja tak lepas dari pendidikan, baik lewat gelar atau sertifikasi.

Oleh sebab itulah, sebaiknya Anda mengikuti kursus profesional online atau kursus Master/PHD online ya, Ladies. Dengan mengikuti kursus online juga akan memberikan banyak waktu dalam mengurus keluarga sekaligus membantu pengembangan diri.

5. Luangkan Waktu Bersama Keluarga

Foto: Ladiestory.id

Meluangkan waktu buat anggota keluarga terutama anak-anak sangatlah penting, baik selama dalam seminggu maupun hanya di akhir pekan saja. Hal ini penting agar terpelihara dinamika keluarga serta memungkinkan semua anggota keluarga bisa terikat

Salah satu cara sederhana untuk menciptakan waktu bersama keluarga, adalah dengan sarapan bersama keluarga dan menghabiskan akhir pekan dengan keluarga.

Saat bersama keluarga pastikan tidak ada pembicaraan yang membahas masalah pekerjaan.  Menjadi ibu yang bekerja penuh waktu bisa menimbulkan rasa bersalah dan stres karena perhatian dan waktu harus terbagi antara pekerjaan dan keluarga.

Kunci sukses menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga adalah dengan fokus pada rencana, terorganisir, serta harus dapat menemukan keseimbangan yang tepat antara profesi dan menjadi orang tua. Semoga bermanfaat.