5 Tips Tenangkan Anak saat Takut Suara Petir

Selasa, 8 November 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

5 Tips Tenangkan Anak Saat Takut Suara Petir

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Ladiestory.id - Suara petir memang sangat mengejutkan dan menakutkan bagi sebagian besar anak kecil. Biasanya, suara petir akan sering terdengar saat musim hujan. Sebenarnya, hal yang wajar bagi anak-anak jika merasa takut dengan suara petir. Bahkan, orang dewasa saja kerap terkejut ketika mendengar suara petir. 

Lalu, bagaimana cara menenangkan anak yang takut dengan suara petir? Berikut beberapa tips efektif yang bisa orang tua coba untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Tanyakan pada Anak Tentang Apa yang Ia Takuti

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Terlepas dari usia, biasanya anak-anak sering mengalami kesulitan dalam mengekspresikan emosi yang ada pada diri mereka. Sebagai orang tua, kamu bisa mencoba untuk mendiskusikannya dengan anak-anak, agar emosi mereka bisa tersalurkan dengan benar.

Tanyakan pada anak apa yang membuat mereka takut dengan suara petir, apakah mereka pernah mengalami kejadian atau hal yang menakutkan bagi mereka? Dengan mengetahui penyebab anak takut terhadap suara petir, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk memberikan solusi yang tepat bagi anak.

Penting untuk diketahui, jangan pernah menyudutkan anak tentang rasa takut yang mereka rasakan. Kamu dapat memberikan solusi berupa penjelasan kepada anak-anak bahwa suara petir tidak berbahaya, tentu dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak.

Buat Simulasi Berupa Mainan Tentang Suara Petir

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Tips kedua yang bisa kamu coba lakukan untuk menenangkan anak yang takut dengan suara petir adalah dengan membuat simulasi yang berupa mainan tentang suara petir. Hal ini sangat efektif untuk dilakukan terutama terhadap anak yang belum bisa menjelaskan rasa takutnya atau masih terlalu kecil.

Kamu bisa membuat mainan, dan mensimulasikannya seolah-olah itu adalah petir yang mengeluarkan suara menggelegar. Sambil bermain, kamu bisa menyelipkan beberapa edukasi tentang suara petir. Sehingga, anak akan lebih mudah mengerti dan meminimalisir rasa takutnya terhadap suara petir tersebut.

Baca Buku atau Tonton Video Tentang Petir

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Selain membuat mainan, kamu juga bisa mengajak anak untuk membaca buku atau menonton video tentang petir. Hal ini akan menambah wawasan dan pengetahuan anak tentang bagaimana petir itu terjadi, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja elemen yang berhubungan dengan petir.

Kamu bisa jelaskan secara bertahap dan tidak harus selesai dalam satu waktu. Berikan anak waktu serta tahap untuk belajar dan menerima informasi tersebut. Maka, secara bertahap juga anak akan mampu mengurangi rasa takutnya terhadap suara petir.

Tetap Tenang saat Bersama Anak

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Suara petir memang sering membuat orang terkejut saat mendengarnya, tak terkecuali orang dewasa. Namun, saat bersama anak, sebaiknya kamu bisa menyembunyikan kecemasan, agar bersikap jauh lebih tenang ketika mendengar suara petir. Sebab, sikap orang tua yang panik atau cemas akan membuat rasa takut anak semakin meningkat.

Alihkan Perhatian Anak

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Tips terakhir yang bisa kamu coba untuk menenangkan anak yang takut suara petir adalah mengalihkan perhatiannya. Saat terdengar suara petir yang sangat keras, biasanya anak akan fokus dengan suara tersebut sehingga merasa ketakutan.

Kamu bisa tenangkan anak dengan cara mengajaknya bermain atau melakukan aktivitas lain yang menyenangkan, misalnya bermain gitar, membaca cerita, atau melakukan permainan lainnya yang tidak berhubungan dengan listrik.

Itulah lima tips yang bisa kamu coba untuk menenangkan anak yang takut dengan suara petir. Sebenarnya, rasa takut yang ada di dalam diri anak itu adalah hal yang wajar selama tidak berlebihan. Kamu tidak bisa menghilangkan rasa takut tersebut secara langsung, namun untuk meminimalisir rasa takutnya tidak salahnya mencoba beberapa tips di atas.

s